Cara Membuat Channel di Aplikasi Telegram

Teknatekno.com – Telegram menjadi salah satu hal yang banyak di pertanyakan oleh pengguna aplikasi Telegram kususnya mereka pengguna baru. Dengan membuat channel di Telegram, kini lonjakan pengguna Telegram yang semakin banyak membuat aplikasi ini semakin terkenal.

Jika sebelumnya ada aplikasi Whatsapp yang menjadi aplikasi pesan online maka Telegram hadir sebagai opsi baru. Dimana Telegram menawarkan privasi yang kabarnya lebih baik dibandingkan dengan aplikasi sejenis.

Pengguna Telegram baru mungkin belum paham betul menggenai beberapa fitur yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus yang juga bisa kamu dapatkan di aplikasi Telegram.

Telegram menawarkan fitur chating online dengan fitur yang canggih dan lengkap. Salah satu fitur yang ada di Telegram adalah fitur channel, yang belakangan juga semakin digemari.

Secara sederhana channel dalam Telegram bisa juga di sebut sebagai Group. Pada umumnya channel di Telegram berisi banyak file menarik yang di tawarkan admin atau anggota lain dalam channel tersebut.

Tutorial Cara Bikin Channel di Telegram

Tutorial Cara Bikin Channel di Telegram

Buat kamu yang hendak membuat group atau juga Channel di aplikasi Telegram maka cukup mudah. Tidak ada syarat-syarat yang perlu harus di penuhi saat akan membuat group di aplikasi Telegram.

Membut channel sendiri di Telegram mungkin menjadi salah satu hal yang cukup menarik untuk kamu yang ingin berbagai hobi atau file menarik. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan kami berikut ini:

  • Pastikan kamu menggunakan Telegram versi terbaru
  • Buka Aplikasi Telegram.
  • Klik Logo Chat pada bagian kanan bawah.
  • Lalu akan muncul beberapa opsi, silahkan lanjutkan dengan pilih menu Channel Baru.
  • Lanjutkan pilih menu Buat Channel.
  • Beri Nama Channel Tersebut berserta Foto Serta Deskripsi.
  • Jika sudah centang logo pada bagian atas kanan.
  • Lengkapi Pengaturan Channel dengan baik, buat juga tautan agar mudah di akses.
  • Tambahkan pengikut pada opsi selanjutnya.
  • Selesai, channel sudah berhasil di buat.

Selesai maka channel kamu berhasil dibuat selanjutnya kamu bisa mengundang orang lain untuk bisa mengikuti channel kamu. Silahkan buat channel kamu semenarik mungkin bisa dengan menambahkan BOT yang menarik untuk menyambut pengguna baru.

Selanjutnya kamu bisa menambahkan admin pada bagian pengaturan Channel atau dengan menyalin tautan yang ada di Channel kamu tersebut. Channel Telegram bisa berisikan banyak sekali anggota bahkan lebih banyak dari whatsapp,

Berbagai menu pengaturan juga bisa kamu edit di dalam aplikasi Telegram tersebut seperti tampilan, bot, dan lainnya. Namun gunakanlah fitur ini dengan bijaksana dengan memberikan konten yang positif bagi pengguna, Telegram tidak segan-segan menghapus channel jika channel tersebut melanggar kebijakan mereka.

Jika kamu sudah membuat channel Telegram sendiri maka langkah selanjutnya adalah memasukan anggota dan memberikan berbagai konten yang menarik. Jangan lupa masukan juga bot agar pengguna bisa berinteraksi lebih mudah di Telegram terutama pengguna baru.

Channel Telegram bisa di gunakan oleh ratusan ribu pengguna maka dari itu akan sangat menguntungkan bagi kamu yang memiliki channel dengan jumlah anggota yang banyak. Semakin besar pengguna maka kamu akan lebih mudah mengenalkan berbagai hal menarik di channel tersebut.

FAQ Seputar Cara Buat Channel Telegram

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar membuat channel di Telegram.

Channel di Telegram Untuk Apa?

Channel adalah fitur Telegram yang memungkinkan kita berbicara dengan banyak orang, namun mereka tidak dapat menanggapi apa yang kita katakan di channel tersebut.

Bagaimana Cara Mencari Channel di Telegram?

Untuk mencari channel di Telegram melalui ponsel, pertama buka aplikasi Telegram kamu. Kemudian, di bagian atas layar, ketuk kotak pencarian. Kemudian masukkan nama grup atau channel yang ingin kamu ikuti. Saat kamu sudah menemukan grup yang kamu cari, ketuk “Join” atau “Gabung” untuk bergabung dengan channel tersebut.

Kenapa Channel di Telegram Tidak Bisa Dibuka?

Salah satu alasan channel tidak bisa dibuka adalah karena cache Telegram yang menumpuk. Alhasil, kamu tidak dapat membukanya. Untuk mengatasinya, coba kosongkan atau bersihkan terlebih dahulu cache aplikasi agar semuanya kembali normal. Atau, kamu dapat menggunakan aplikasi pembersih cache untuk membersihkannya secara otomatis.

Apa Perbedaan Channel dan Grup di Telegram?

Perbedaan antara grup dan channel Telegram berdasarkan arah komunikasinya yaitu, bahwa grup menggunakan komunikasi 2 arah, yang berarti bahwa lawan obrolan kamu yang berada di grup yang sama dapat bereaksi atau merespons pesan yang kamu kirim secara langsung.

Sedangkan channel hanya menggunakan komunikasi satu arah. Sehingga, saat kamu memublikasikan sesuatu, orang yang mengikuti channel kamu tidak akan dapat meresponsnya secara langsung.

Bagaimana Cara Menghapus Channel di Telegram?

  1. Pertama, buka aplikasi Telegram kamu terlebih dahulu.
  2. Lalu pilih opsi channel.
  3. Setelah itu klik ikon profil channel program.
  4. Jika sudah, lalu klik ikon pensil.
  5. Setelah itu kamu bisa pilih opsi hapus channel.
  6. Selesaikan konfirmasi untuk menghapus channel Telegram.

Kesimpulan

Telegram menawarkan fitur chat online dengan fitur canggih dan lengkap. Salah satu fitur yang ada di Telegram adalah fitur channel yang belakangan ini semakin populer. Tidak ada syarat yang harus dipenuhi saat membuat grup di aplikasi Telegram.

Membuat channel sendiri di Telegram mungkin menarik bagi kamu yang menginginkan berbagai hobi atau file menarik. Demikianlah informasi dari Teknatekno. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button