Cara Melakukan Marketing Online yang Benar

Teknatekno.com – Bagi anda yang ingin belajar cara marketing online atau internet, kami akan berbagi berdasarkan pengalaman kami selama kurang lebih 5 tahun mengenal dunia internet marketing.

Penggunaan internet sudah sangat berkembang pesat dan akan terus meningkat yang sekarang telah merubah gaya hidup. Orang dulunya membaca di koran sekarang membaca berita di smartphone, dulunya sering nonton tv sekarang sering nonton youtube

Begitu juga dengan aktifitas pemasaran, sekarang sudah lebih maju menggunakan cara online atau internet marketing.

Ada banyak media digital yang bisa dimanfaatkan, jika baru memulai sangat perlu mempelajari bagaimana memilih dan menggunakan media digital internet yang tepat. Karena itulah disini kami akan membantu anda cara memulai pemasaran online dengan strategi internet marketing

7 Langkah Marketing Online Bisa Anda Pelajari Antara Lain:

Memahami Peran dan Fungsi Media Digital

Anda perlu mengetahui setidaknya ada 4 jenis media yang sering digunakan yaitu:

Website: adalah media halaman selain menyampaikan informasi, bisa digunakan untuk jual beli memasarkan produk dan jasa. Website dibuat oleh sang pemilik dengan akses yang bebas untuk mendesain dan mengisi konten apa saja yang diperlukan.

Marketplace: situs yang disedakan sebagai tempat jual beli secara aman, semua penjual bisa membuat toko online di marketplace dan pembeli juga bisa bebas melakukan transaksi dengan sistem yang ditentukan oleh pihak marketplace.

7 Langkah Pemasaran Online

Toko online: adalah website yang fungsinya lebih diutamakan sebagai toko yang memajang produk-produk secara online agar visitor bisa leluasa memilih dan melakukan order secara online.

Sosial Media: Media untuk berkumpul, berinteraksi, bersosialisasi secara online namun juga bisa digunakan sebagai akun bisnis.

Memetakan Segmen Market Bisnis Anda

Siapakah segmen market anda?

Apakah pria atau wanita, di usia berapa, apa kebiasaan media internet yang digunakan, tinggal dimana, apakah remaja yang suka mengunakan sosial media? atau para profesional yang suka membaca website portal berita?

Dengan memetakan segmen market, agar kegitan pemasaran online lebih tepat sasaran dan mudah dalam mengelola media digital yang digunakan.

Memilih Media Digital yang Tepat

Setelah memahami ke empat media digital yang paling sering digunakan, selanjutnya anda bisa menentukan pilihan untuk menggunakan salah satu media digital saja, dua atau semuanya.

Jika anda amati baik-baik dari keempat media diatas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda dan bisa dimanfaatkan untuk saling melengkapi satu sama lain dalam pemasaran online.

Selain itu juga  tergantung dengan jenis barang atau jasa dan juga segmen market. Tidak ada satu media yang lebih unggul, karena pada umumnya masing-masing punya karakter market sendiri-sendiri, dan yang terbaik adalah memilih media yang paling tepat

Menerapkan Internet Marketing Dengan Baik

Apapun yang berhubungan dengan akses internet dan bisa memasarkan produk di internet, secara sederhana anda sudah mulai menerapkan internet marketing.

Sebagai contoh sederhana, menawarkan produk melalui kontak whatsapp atau line. Namun hal ini tentu kurang baik dan terbatas jika menawarkan ke teman yang kebetulan belum membutuhkan produk yang anda tawarkan.

Contoh menggunakan internet marketing secara gratis seperti jualan di facebook, instagram, olx, tokopedia, bukalapak, forum dimana anda bisa memasarkan produk secara online.

Membuat dan Mendistribusikan Content Marketing

Content merupakan suatu informasi yang bisa dinikmati oleh orang lain. Contohnya seperti artikel, video atau poster.

Sedangkan content marketing, selain bisa dinikmati juga bisa menimbulkan rasa ingin membeli atau setidaknya dari content tersebut audiens menjadi tahu apa sih produk yang anda jual.

Content marketing bisa mempunyai nilai informasi, edukasi, dan daya tarik tergantung anda mau menggunakan yang mana untuk mengemas produk di dalam content tersebut. Kemudian bisa dibagikan di Facebook, Instgram, blog atau website, atau iklan

Pages: 1 2

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like