4 Cara Atasi Lupa Kata Sandi Instagram Tanpa Email dan Nomor Telepon

Teknatekno.com – Pelajari cara mengatasi lupa kata sandi Instagram tanpa email dan nomor telepon dengan mudah. Simak solusi praktis yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan akun Instagram yang terkunci.

Apakah kamu sering lupa kata sandi Instagram kamu? Jika ya, maka kamu mungkin sudah mencoba berbagai cara untuk mengembalikan akun Instagram kamu. Namun, masalah muncul ketika kamu tidak memiliki akses ke email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Instagram kamu.

Sebenarnya, masih ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi lupa kata sandi Instagram tanpa email dan nomor telepon. Dalam artikel ini, Teknatekno akan memberikan beberapa solusi untuk mengembalikan akun Instagram kamu dengan menggunakan akun Facebook, username, atau cara lainnya.

Jika semua upaya gagal, maka kamu juga bisa menghubungi tim dukungan Instagram untuk mendapatkan bantuan. Yuk simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

Cara Mengganti Password Instagram

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Instagram

Berikut ini beberapa tips dalam mengatasi lupa kata sandi Instagram yang bisa kamu gunakan:

1. Menggunakan Akun Facebook

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk mengatasi lupa kata sandi Instagram tanpa email dan nomor telepon adalah menggunakan akun Facebook.

Jika sebelumnya kamu sudah menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook, maka kamu bisa memulihkan kata sandi Instagram dengan menggunakan akun Facebook kamu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram di smartphone kamu.
  2. Ketuk opsi “Lupa Kata Sandi” pada halaman login Instagram.
  3. Pilih opsi “Masuk dengan Facebook”.
  4. Instagram akan meminta kamu untuk masuk ke akun Facebook kamu untuk memverifikasi identitas kamu.
  5. Setelah kamu berhasil masuk, Instagram akan meminta kamu untuk membuat kata sandi baru untuk akun Instagram kamu.
  6. Masukkan kata sandi baru dan simpan perubahan.
  7. Sekarang kamu bisa login kembali ke akun Instagram kamu dengan menggunakan kata sandi baru yang telah dibuat.

Dengan menggunakan akun Facebook, kamu bisa memulihkan akun Instagram dengan mudah tanpa harus memiliki akses ke email atau nomor telepon yang terkait dengan akun tersebut.

Namun dalam beberapa kasus, cara ini mungkin tidak berhasil karena akun Facebook yang terhubung dengan akun Instagram sudah tidak aktif atau sudah dihapus. Jika ini terjadi, maka kamu bisa mencoba cara lain yang akan dijelaskan di bawah ini.

2. Menggunakan Username

Jika kamu tidak terhubung ke akun Facebook dan juga tidak memiliki akses ke nomor telepon atau email yang terkait dengan akun Instagram kamu, kamu masih bisa mencoba cara lain untuk memulihkan kata sandi kamu.

Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan username. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Instagram pada perangkat kamu.
  2. Ketuk tombol “Lupa Kata Sandi”.
  3. Pada halaman “Temukan Akun Anda”, masukkan username Instagram kamu atau alamat email yang terkait dengan akun kamu.
  4. Setelah itu, Instagram akan meminta kamu untuk memasukkan kode keamanan. Kode ini bisa diterima melalui SMS atau email.
  5. Jika kamu sudah memasukkan kode keamanan dengan benar, kamu akan diarahkan ke halaman reset kata sandi Instagram.
  6. Masukkan kata sandi baru yang ingin kamu gunakan dan konfirmasi kata sandi tersebut.
  7. Terakhir, ketuk tombol “Ubah Kata Sandi” dan kata sandi Instagram kamu akan diubah.

Penting untuk diingat, jika kamu menggunakan opsi ini, pastikan kamu masih ingat username Instagram kamu. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu telah memasukkan email atau nomor telepon yang benar saat membuat akun Instagram, karena email atau nomor telepon tersebut masih diperlukan untuk menerima kode keamanan dari Instagram.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan cadangan keamanan, seperti memasang fitur verifikasi dua langkah, untuk menghindari masalah yang sama di kemudian hari.

3. Menghubungi Teman yang Mengikuti Akun Instagram

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bisa memulihkan akun Instagram kamu dengan cara menghubungi teman yang mengikuti akun Instagram kamu. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan:

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Instagram

  1. Pilih opsi “Lupa kata sandi” pada halaman login Instagram.
  2. Selanjutnya, masukkan nama pengguna atau alamat email yang terkait dengan akun Instagram yang ingin kamu pulihkan.
  3. Setelah itu, klik “Butuh bantuan?” di bagian bawah layar.
  4. Pilih opsi “Tidak bisa login melalui email atau nomor telepon?”.
  5. Kemudian, pilih opsi “Saya tidak memiliki akses ke email atau nomor telepon”.
  6. Selanjutnya, Instagram akan menanyakan apakah kamu ingin menerima kode keamanan melalui email atau nomor telepon alternatif. Pilih opsi “Perlu bantuan lebih”.
  7. Pada halaman berikutnya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir dan memberikan informasi terkait akun Instagram kamu. Isi formulir tersebut dengan sejujur mungkin dan berikan informasi yang lengkap.
  8. Setelah itu, klik “Kirim” dan tunggu balasan dari Instagram.
  9. Instagram akan mengirimkan pesan melalui email yang terkait dengan akun Instagram kamu, berisi kode unik yang bisa digunakan untuk memulihkan akun tersebut. Namun, jika kamu tidak memiliki akses ke email tersebut, maka pilih opsi “Tidak bisa mengakses email saya” dan Instagram akan memberikan instruksi lebih lanjut.
  10. Setelah kamu berhasil memasukkan kode unik tersebut, kamu akan diarahkan ke halaman reset password. Masukkan password baru yang kamu inginkan dan akun Instagram kamu akan berhasil dipulihkan.

4. Hubungi Tim Dukungan Instagram

Jika semua cara untuk mengatasi lupa kata sandi Instagram diatas tidak berhasil, maka satu-satunya pilihan yang bisa kamu lakukan adalah menghubungi tim dukungan Instagram. Tim dukungan Instagram akan membantu kamu memulihkan akun dengan proses verifikasi dalam waktu beberapa hari kerja.

Untuk menghubungi tim dukungan Instagram, buka aplikasi Instagram dan ketuk “Lupa Kata Sandi”. Selanjutnya, ketuk “Butuh bantuan lebih banyak?” dan pilih opsi “Laporkan Masalah”. Isi formulir dengan informasi yang diminta, seperti nama pengguna dan alamat email yang bisa dihubungi.

Setelah itu, ikuti petunjuk selanjutnya dari tim dukungan Instagram. Ingatlah untuk memberikan informasi yang benar dan akurat agar proses verifikasi bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

Cara Mengganti Password Instagram

Mengganti password Instagram secara berkala sangat penting untuk menjaga keamanan akun Instagram kamu. Jika kamu ingin mengganti password Instagram, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu dan login ke akun Instagram kamu.
  • Setelah itu, klik gambar profil kamu di pojok kanan bawah.
  • Pada halaman profil, klik tiga garis di pojok kanan atas.
  • Selanjutnya, pilih “Pengaturan”.
  • Di halaman Pengaturan, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Kata Sandi”.
  • Klik opsi “Kata Sandi”.
  • Masukkan password lama kamu untuk memverifikasi identitas kamu.
  • Setelah itu, masukkan password baru yang ingin kamu gunakan. Pastikan password baru kamu kuat dan sulit ditebak.
  • Konfirmasi password baru kamu dengan memasukkannya kembali.
  • Setelah kamu memasukkan password baru dan konfirmasi password, klik “Ubah Kata Sandi”.

Selamat, kamu telah berhasil mengganti password Instagram kamu! Pastikan kamu memilih password yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Sebaiknya gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk membuat password yang sulit ditebak.

Selalu jaga keamanan akun Instagram kamu dengan tidak membagikan password dengan orang lain dan menghindari login di perangkat publik atau di jaringan Wi-Fi yang tidak aman.

Kesimpulan

Lupa kata sandi Instagram memang bisa menjadi masalah yang menyebalkan, terutama jika kamu tidak memiliki akses ke email atau nomor telepon yang terkait dengan akun tersebut. Namun, dengan beberapa cara di atas, kamu bisa mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Selain itu, selalu penting untuk mengingat kata sandi dengan baik atau membuat cadangan untuk memudahkan kamu dalam mengakses akun Instagram kembali. Terakhir, jika semua cara di atas tidak berhasil, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan Instagram untuk membantu memulihkan akun kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalami masalah lupa kata sandi Instagram.

Back to top button