Rekomendasi Aplikasi Saham Terbaik Untuk Investor Pemula

Teknatekno.com – Beberapa aplikasi saham terbaik ini membantu para investor pemula hingga profesional untuk berinvestasi secara aman dan nyaman dengan menyajikan rekomendasi instrumen yang tepat hingga informasi perusahaan, agar bisa menekan angka kerugian dan memaksimalkan keuntungan, sehingga investor tidak kapok ketika berinvestasi.

Aplikasi-aplikasi ini juga menyajikan berita-berita terkini seputar emiten, ekonomi makro, Bursa Efek Indonesia (BEI), dan lainnya. Aplikasi investasi ini juga menyuguhkan informasi terkait nilai market cap, Price Earning Ratio (PER), Price Book Value (PBV), sejumlah emiten di aplikasi transaksi saham tersebut.

Daftar Aplikasi Saham Terbaik

Daftar Aplikasi Saham Terbaik

Berikut ini beberapa aplikasi saham terbaik yang cocok bagi investor pemula:

Indo Premier Sekuritas

Indo Premier Sekuritas merupakan salah satu perusahan sekuritas terbaik dan terbesar di Indonesia.  Sekuritas ini menawarkan investasi di pasar modal baik untuk perorangan maupun korporasi dan telah mengantongi izin dari OJK nomor KEP-11/PM/PPE/1996.

Perusahaan yang telah berdiri sejak 1996 ini berhasil menempatkan namanya di posisi teratas dalam persaingan pasar obligasi paruh pertama 2019 dengan volume transaksi menyentuh Rp 10 triliun dan menguasai 20% pangsa pasar.

Adapun produk layanan yang ditawarkan Indo Premier Sekuritas, di antaranya investasi reksadana, perencanaan keuangan, investment banking (untuk institusi atau korporat), equity sales & trading (khusus insitusi dan korporat), serta fixed income sales and trading (institus atau korporat).

Indo Premier Sekuritas kini telah merambah ke dunia digital dengan mengusung aplikasi  Indo Premier Online Technology (IPOT) yang tersedia di Play Store. IPOT menjadi salah satu aplikasi sekuritas populer di Indonesia dengan menawarkan investasi saham, reksdana, dan Exchange Traded Fund (ETF).

Salah satu fitur unggulan aplikasi IPOT, yaitu Robo Trading dan Fund Evaluator. Fitur ini bisa menjalankan seluruh intruksi order jual dan beli pada saham dan harga yang sudah ditentukan sehingga investor tidak akan kehilangan kesempatan untuk bertransaksi pada harga yang diincar.

Perusahaan sekuritas yang berdiri sejak 1994 dengan nama Monas Buana Securities ini kerap menduduki Top 3 Stock Exchanges. Pada 2018, Mirae Asset Sekuritas sukses mencatatkan namanya sebagai sekuritas terbaik di Indonesia.

Sementara, per September 2020 lalu, perusahaan sekuritas ini berhasil mencetak nilai transaksi saham tertinggi, yakni sebesar Rp 227,13 triliun.

Mirae Asset Sekuritas

Ada cukup banyak layanan yang ditawarkan Mirae Asset Sekuritas, di antaranya transaksi saham dan obligasi untuk ritel dan korporasi, transaksi saham dan reksadana online untuk produk konvensional ataupun syariah, transaksi saham secara margin, hingga riset perusahaan dan ekonomi.

Mirae Asset juga hadir di dunia digital dengan melahirkan dua aplikasi, yakni HOST (khusus pengguna PC atau lapotp) dan NEO HOST (untuk mengguna ponsel).

Kendati minimum depositnya cukup besar, yakni Rp 10 juta, namun fee transaksi saham di Mirae cukup rendah, yakni 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli.

BNI Sekurtias

Anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia (BNI) (Persero) Tbk ini bergerak di bidang pasar modal melayani transaksi berupa perdagangan saham, surat utang, investment banking,  hingga assets management.

Perusahaan sekuritas yang berdiri sejak 1995 ini meraih gelar terbaik untuk The Most Active securities Company dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 2018.

BNI Sekurtias telah mengantong izin sebagai perantara pedagang efek OJK dengan Nomor: KEP-19/PM/1995 dan Nomor: KEP-21/PM.2/2017. Selain itu, sekuritas ini juga memiliki izin usaha di bidang penjamin emisi efek dengan Nomor: KEP-20/PM/1995 dan KEP-20/PM.2 2017.

BNI Sekuritas menawarkan pelayanan berupan investment banking, equity brokerage (perantara perdagangan efek), fixed income brokerage, mutual fund selling agent (agen penjual reksadana), dan masih banyak lagi.

Selain melalui website, para pemodal juga bisa berinvestasi di BNI Sekuritas melalui aplikasi BIONS Mobile yang bisa diunduh di Play Store. Untuk bisa bertransaksi di aplikasi investasi ini, nasabah perlu menyiapkan setoran awal sebesar Rp 1.000.000.

BIONS menyediakan akun trial yang bisa dimanfaatkan oleh investor pemula untuk menambah wawasan tentang dunia pasar modal. Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyajikan beberapa fitur penting lainnya, seperti automatic order list, watchlist, sector trade, research, fundamental, hingga corporate action.

MNC Sekuritas

Sesuai namanya, MNC Sekuritas adalah anak usaha MNC Group di bawah PT MNC Kapital Indonesia Tbk. Untuk bertransaksi di MNC Sekuritas, para pemodal dikenakan fee beli sebesar 0,18% dan fee jual sebesar 0,28%. Untuk membuka akun, para investor cukup mengeluarkan Rp 100.000 sebagai setoran awal.

Proses pembukaan rekening di MNC Sekuritas terbilang mudah, bahkan bisa dilakukan secara online. Namun calon investor yang hendak mendaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas ini, perlu punya rekening di BCA untuk bisa membuka akun saham di MNC Sekuritas. Kamu bisa mengunduh aplikasi MotionTrade di Play Store.

FAQ Seputar Aplikasi Saham Terbaik

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi saham terbaik.

Apa yang Dimaksud dengan Saham?

Saham adalah lambang yang mewakili penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan penyertaan modal tersebut, pihak tersebut memperoleh klaim (hak) atas pendapatan dan aset perseroan, serta hak untuk menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Bagaimana Cara Main Saham?

  1. Pelajari semua yang perlu diketahui tentang investasi saham.
  2. Pilih antara posisi trader dan investor.
  3. Membeli saham saat harga turun.
  4. Diversifikasi saham
  5. Gunakan uang dingin.
  6. Hindari berutang.
  7. Pilih saham berdasarkan indeks IDX30 dan LQ45.

Berapa Minimal Uang Untuk Beli Saham?

Perlu dicatat bahwa jumlah minimum transaksi saham yang diizinkan adalah satu lot. Di Indonesia, satu lot sama dengan 100 lembar saham. Aturan tersebut mengacu pada peraturan yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia, lembaga yang bertanggung jawab mengatur pasar modal Indonesia.

Apakah Saham Harus Dibayar Tiap Bulan?

Sebenarnya tidak perlu membeli saham setiap bulan. Namun, menurut kampanye BEI, investasi di pasar modal harus dilakukan secara rutin dan normal. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan penghasilan kamu di masa depan.

Kapan Waktu Bagus Beli Saham?

Bulan-bulan terbaik untuk membeli saham adalah Mei, Agustus, November, dan Februari. Sebab perusahaan telah membuat laporan keuangan di bulan-bulan tersebut, sehingga patut jadi pertimbangan saat kamu ingin membeli saham.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa aplikasi saham terbaik yang bisa Teknatekno rekomendasikan bagi kamu yang baru saja menjadi investor pemula. Masih banyak lagi aplikasi jual beli saham diluaran sana, semoga daftar rekomendasi diatas bisa menjadi referensimu.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button