Cek Identitas Pemilik Rekening Lewat Nomor Rekening Bank

Teknatekno.com – Pada zaman yang serba canggih, apapun bisa dilakukan dengan lebih mudah. Mulai dari cara cek identitas lewat no rekening bank hingga pembayaran tagihan, baik itu listrik, pembelian pulsa, internet, sampai belanja pun kini menggunakan media online. Semua bisa dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang kamu miliki.

Namun disayangkan, kecanggihan teknologi menimbulkan banyak kejahatan terutama penipuan dengan modus penjualan barang dengan memberikan harga murah, termasuk juga pinjaman online tanpa jaminan yang ilegal, dan penipuan lainnya yang dilakukan melalui media online.

Lalu bagaimana agar kita agar aman saat bertransaksi secara online? Penipuan biasanya dilakukan oleh orang yang memiliki otak cerdas, jika tidak, mana mungkin dia bisa memikirkan bagaimana caranya bisa menipu.

Oleh sebab itu sebaiknya sobat melakukan tindakan terlebih dahulu dengan cek nama pemilik rekening tersebut agar lebih mengetahui indentitas yang sebenarnya. Apakah terindentifikasi sebagai penipu atau bukan.

Yang harus kita lakukan adalah lebih cerdas lagi dari penipu. Kita gunakan smartphone yang kita miliki sebagai aset yang serbaguna dan dapat diandalkan untuk menjalankan kehidupan era digital saat ini.

Sobat bisa saja menggunakan jasa rekber (rekening bersama) dengan menunjuk seseorang atau memilih jasa rekber yang telah sobat percaya.

Nah, yang kita bahas kali ini adalah bagaimana cara cek identitas lewat nomor rekening bank? Untuk apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk mengecek terlebih dahulu pemilik rekening tersebut apakah dia termasuk penipu atau bukan juga memungkinkan untuk mengetahui alamat pemilik rekening orang tersebut.

Hal ini dilakukan saat kita melakukan transaksi secara online, entah itu pembayaran pinjaman, entah itu berbelanja online, maupun acara lelang yang dilakukan secara online, dan transaksi lainnya yang dilakukan secara online.

Cara Cek Identitas Pemilik Rekening Secara Online

Cara Cek Identitas Pemilik Rekening Secara Online

Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) telah membuat website dengan alamat CekRekening.id untuk mengecek identitas pemilik rekening melalui nomor rekening bank. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk dapat mengecek identitas lewat nomor rekening bank :

Akan muncul tulisan apakah rekening tersebut pernah dilaporkan atau belum, pernah dilaporkan sebagai tindak pidana atau tidak.

Jika pernah dilaporkan sebagai tindak pidana, maka jangan teruskan transaksi online yang hendak kamu lakukan. Namun, jika belum pernah dilaporkan pun kamu harus tetap hati-hati dan sebaiknya hanya lakukan transaksi online dengan media yang terpercaya.

Lantas bagaimana jika sudah terlanjur tertipu? Kamu bisa melaporkannya melalui website CekRekening.id dengan melanjutkan tahap berikutnya setelah tahap 1-3. Ikuti langkah yang ada, yaitu membuat laporan baru tentang kasus penipuan yang sobat alami.

Dalam website tersebut terdapat form isian yang bisa kamu isi dan bisa kamu ceritakan juga kronologisnya seperti apa, serta tidak lupa juga untuk melampirkan bukti transaksi yang terjadi, chat atau panggilan telpon, dan sebagainya yang bisa dilampirkan sebagai bukti (maksimal 5 lampiran).

1 2Next page

Related Articles

Back to top button