4 Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Android dan iOS dengan Mudah dan Cepat

Teknatekno.com – Pelajari cara menghitung persen di kalkulator HP dengan mudah dan cepat. Ikuti panduan lengkap ini untuk memahami cara menghitung persentase menggunakan kalkulator HP Android maupun iOS.

Apakah kamu sering merasa kesulitan menghitung persen, khususnya saat harus mendapatkan diskon? Ketika berbelanja, kita sering melihat diskon yang ditawarkan sebagai persentase dari harga asli.

Jika kamu tidak terbiasa menghitung persen secara manual, menghitung diskon bisa jadi sulit. Oleh karena itu, menggunakan kalkulator bisa menjadi solusi yang tepat. Mari kita pelajari cara menghitung persentase di kalkulator HP.

Apa Itu Kalkulator dan Persen

Apa Itu Kalkulator

Sebelum membahas cara menghitung persen dengan kalkulator, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu kalkulator. Kalkulator adalah alat yang sangat berguna untuk melakukan perhitungan matematis dengan lebih mudah dan cepat.

Selain operasi aritmatika dasar seperti penambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, kalkulator juga bisa digunakan untuk menghitung persen.

Ada banyak jenis kalkulator, dari yang sederhana hingga yang lebih canggih dengan fungsi kalkulus dan grafik. Selain itu, ada juga kalkulator tradisional yang menggunakan sempoa dan kalkulator elektronik yang menggunakan baterai.

Apa Itu Persen atau Persentase

Persen atau persentase adalah suatu satuan untuk mengukur besaran relatif atau proporsi dari suatu nilai terhadap nilai keseluruhan. Persentase biasanya ditulis dalam bentuk persen (%) yang artinya per seratus atau per seribu, di mana satuan yang digunakan adalah 1/100 atau 0,01 atau 1%.

Persentase juga bisa dinyatakan dalam bentuk fraksi atau desimal. Sebagai contoh, 25% bisa ditulis sebagai 1/4 atau 0,25. Begitu juga sebaliknya, 0,5 bisa dinyatakan dalam persentase sebagai 50%.

Persentase sering digunakan untuk menyatakan persentase keuntungan atau kerugian, kenaikan atau penurunan harga, kenaikan atau penurunan suatu besaran, dan sebagainya. Dalam matematika, persentase biasa digunakan untuk menghitung diskon, pajak, atau keuntungan pada suatu transaksi.

Sebagai contoh, jika seseorang membeli suatu barang seharga Rp 100.000 dan mendapatkan diskon 10%, maka harga yang harus dibayar adalah Rp 90.000. Angka 10% di sini merupakan nilai persentase yang menunjukkan bahwa diskon sebesar 10% dari harga asli.

Persentase juga bisa digunakan untuk membandingkan dua atau lebih nilai. Sebagai contoh, jika kita ingin membandingkan jumlah siswa laki-laki dan perempuan di suatu sekolah, maka kita bisa menghitung persentase laki-laki dan persentase perempuan dari total jumlah siswa.

Rumus Persentase

Dalam matematika, persentase dihitung dengan menggunakan rumus:

Persentase = (Nilai yang ingin dihitung / Total nilai) x 100%

Contohnya, jika terdapat 20 siswa laki-laki dan 30 siswa perempuan di suatu sekolah, maka persentase laki-laki adalah:

(20 / 50) x 100% = 40%

Sedangkan persentase perempuan adalah:

(30 / 50) x 100% = 60%

Persentase juga sering digunakan dalam matematika, statistik, ilmu sosial, ekonomi, dan berbagai bidang lainnya untuk menggambarkan proporsi, peluang, dan perubahan. Oleh karena itu, pemahaman yang baik tentang persentase sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan bisnis.

Menghitung Persen di Kalkulator HP

Menghitung Persen di Kalkulator HP

Menghitung persen di kalkulator sebenarnya sangat mudah. Setiap kalkulator atau kalkulator di smartphone biasanya dilengkapi dengan tombol persen (%). Tombol ini memudahkan kita untuk menghitung persen dari suatu angka. Mari kita lihat contoh berikut.

Contoh: Kamu berbelanja pakaian dan menemukan yang mendapat diskon 25% dari harga yang setara dengan Rp. 270.000, lalu berapa yang harus kamu bayarkan setelah mendapatkan diskon?

Cara Menghitung:

  1. Masukkan angka 25, lalu klik tombol persen. Kamu akan mendapatkan hasil 0,25.
  2. Kalikan 0,25 dengan harga asli barang tersebut, yaitu Rp. 270.000. Jadi 0,25 x 270.000 = 67.500.
  3. Kurangi hasil perkalian dari harga aslinya. 270.000 – 67.500 = 202.500.
  4. Rp 202.500 adalah harga yang akan kamu bayar setelah menerima diskon 25%.

Itu saja! Sangat mudah, bukan? Sekarang kamu bisa menghitung persen dengan kalkulator dan mendapatkan diskon dengan lebih cepat dan akurat.

Selain itu ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghitung persen di kalkulator di HP Android dan iOS, diantaranya:

1. Menggunakan Tombol % di Kalkulator

Cara termudah untuk menghitung persentase di kalkulator HP Android dan iOS adalah dengan menggunakan tombol persentase (%). Tombol persentase pada kalkulator memungkinkan kamu untuk menghitung persentase dari suatu nilai dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kalkulator di HP Android atau iOS kamu.
  2. Masukkan nilai atau angka yang ingin kamu hitung persentasenya.
  3. Tekan tombol persentase (%).
  4. Masukkan nilai persentase yang ingin kamu hitung. Misalnya, jika kamu ingin menghitung 10% dari nilai yang kamu masukkan, ketikkan angka 10 setelah tombol persentase (%).
  5. Tekan tombol sama dengan (=) untuk mendapatkan hasilnya.

Contoh:
Jika kamu ingin menghitung 10% dari 500, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan angka 500 di kalkulator.
  2. Tekan tombol persentase (%).
  3. Ketikkan angka 10 setelah tombol persentase (%).
  4. Tekan tombol sama dengan (=).
  5. Hasilnya akan muncul di layar kalkulator, yaitu 50.

Dengan menggunakan tombol persentase (%), kamu bisa menghitung persentase dari nilai apa pun dengan cepat dan mudah di kalkulator HP Android atau iOS.

2. Menggunakan Rumus Matematika

Menggunakan Rumus Matematika

Selain menggunakan tombol persen pada kalkulator, kita juga bisa menghitung persen dengan menggunakan rumus matematika. Berikut adalah cara menghitung persen menggunakan rumus matematika:

a. Menghitung Presentase Persen dari Sebuah Angka

Untuk menghitung persentase suatu nilai dari sebuah angka, kita bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

nilai persen = (nilai presentase / 100) x nilai angka

Contoh:
Jika kamu ingin menghitung 20% dari 500, maka:
nilai persen = (20/100) x 500 = 0.2 x 500 = 100

Jadi 20% dari 500 adalah 100.

b. Menghitung Presentase Persen dari Dua Angka

Jika ingin menghitung persentase perubahan antara dua angka, maka rumus yang bisa digunakan adalah:

nilai persen = (nilai selisih / nilai awal) x 100%

Contoh:
Jika kamu ingin menghitung persentase perubahan antara 200 dan 250, maka:
nilai persen = ((250 – 200) / 200) x 100% = (50 / 200) x 100% = 0.25 x 100% = 25%

Jadi, terdapat peningkatan sebesar 25% dari 200 menjadi 250.

Dengan menggunakan rumus ini, kita bisa menghitung persentase dari suatu nilai secara manual tanpa perlu menggunakan tombol persen di kalkulator.

3. Menggunakan Aplikasi Kalkulator

Cara lain untuk menghitung persen di kalkulator di HP Android dan iOS adalah dengan menggunakan aplikasi kalkulator yang tersedia di App Store atau Google Play Store. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka App Store atau Google Play Store pada perangkat kamu.
  2. Cari aplikasi kalkulator yang ingin kamu gunakan. Ada banyak aplikasi kalkulator yang tersedia di toko aplikasi, beberapa di antaranya adalah kalkulator standar, kalkulator ilmiah, dan kalkulator persen.
  3. Instal aplikasi kalkulator pilihan kamu.
  4. Buka aplikasi kalkulator tersebut dan cari tombol persen. Pada umumnya, tombol persen akan ditemukan di bagian atas atau bawah layar kalkulator.
  5. Masukkan angka yang ingin kamu hitung persennya.
  6. Tekan tombol persen, kemudian masukkan persentase yang ingin kamu hitung.
  7. Hasilnya akan muncul di layar kalkulator.

Dengan menggunakan aplikasi kalkulator yang tersedia di App Store atau Google Play Store, kamu bisa menghitung persen dengan lebih mudah dan cepat karena kamu tidak perlu melakukan perhitungan manual atau menggunakan rumus matematika.

4. Menggunakan Fitur Google

Menggunakan Fitur Google

Kamu juga bisa menggunakan fitur pencarian Google untuk menghitung persentase. Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Buka halaman pencarian Google di web browser atau aplikasi Google di ponsel kamu.
  2. Ketik persentase yang ingin kamu hitung di kotak pencarian, misalnya “20% dari 500”.
  3. Tekan tombol “Cari” atau ikon pencarian di keyboard ponsel kamu.
  4. Google akan menampilkan hasil perhitungan persentase di bagian atas halaman hasil pencarian.

Kamu bisa mengganti persentase dan angka dengan nilai yang kamu inginkan untuk melakukan perhitungan persentase yang berbeda. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan operator matematika seperti +, -, *, dan / dalam perhitungan kamu.

Kesimpulan

Dalam kehidupan sehari-hari, perhitungan persen seringkali diperlukan dalam berbagai kegiatan, seperti dalam berbelanja, menghitung diskon, menghitung nilai kenaikan atau penurunan, dan sebagainya. Oleh karena itu, memahami cara menghitung persen di kalkulator HP menjadi sangat penting.

Dalam artikel ini, Teknatekno.com telah membahas beberapa cara mudah untuk menghitung persen dengan kalkulator di smartphone. Dalam setiap metode tersebut, pastikan kita memahami konsep dasar tentang persen dan persentase, sehingga perhitungan yang dilakukan dapat akurat dan tepat.

Kalkulator pada smartphone memudahkan kita untuk melakukan perhitungan matematika yang lebih cepat dan mudah, terutama dalam menghitung persentase.

Namun, sebagai pengguna smartphone, kita juga perlu berhati-hati dalam menggunakan kalkulator, dan selalu melakukan pengecekan ulang untuk memastikan perhitungan yang dilakukan benar dan akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kita dalam menghitung persen di kalkulator HP Android maupun iOS. Terima kasih telah membaca!

 

 

Back to top button