Review Investasi Reksadana di Aplikasi Ajaib Bagi Pemula

Teknatekno.com – Ketika pertama kali mulai dapat memperoleh penghasilan sendiri, kami baru ‘tahu’ tentang pentingnya berinvestasi reksadana di aplikasi Ajaib dan perbedaan antara menabung secara teratur dan berinvestasi. Kami mulai mempertimbangkan jenis investasi apa yang lebih tepat dan layak saat ini.

Akhirnya, setelah berpikir matang, kami memilih reksa dana sebagai sarana investasi. Tapi kami juga bingung platform investasi reksa dana mana yang ingin kamu manfaatkan.

Karena saat ini sudah banyak aplikasi investasi reksa dana yang terdaftar secara legal, dan fitur-fiturnya secara umum tampaknya sangat dapat dipercaya, terutama untuk pemula.

Salah satu dari sekian banyak pilihan platform investasi online adalah aplikasi Ajaib, dan kami ingin berbagi review pengalaman kami sendiri sebagai pemula saat berinvestasi reksa dana di platform online yang satu ini.

Tapi, buat kamu yang belum tahu apa itu aplikasi Ajaib, legalitasnya apa, dan lain sebagainya, mungkin kamu bisa memulainya dengan penjelasan di bawah ini.

Apa itu Aplikasi Ajaib?

Alikasi Ajaib adalah aplikasi investasi yang dikembangkan oleh Ajaib Group, yang meliputi PT Ajaib Sekuritas Asia (Sekuritas) dan PT Takjub Teknologi Indonesia (Resadana).

Aplikasi Ajaib ini awalnya hanya mendukung transaksi reksa dana. Namun, dengan membuat dua bisnis ini, yang saat ini disimpan dalam satu aplikasi Ajaib, kami dapat berinvestasi di reksa dana dan saham pada saat yang bersamaan.

Aplikasi Ajaib tentunya sudah memiliki izin perusahaan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan terdaftar di Kominfo dan BEI (Bursa Efek Indonesia). Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang legalitas; sebagai investor, kami dilindungi oleh kerangka hukum yang ada di Indonesia.

Apa itu Aplikasi Ajaib_

Tautan unduh untuk aplikasi Ajaib -> Unduh sekarang Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di aplikasi Ajaib ini tidak hanya menawarkan opsi investasi reksa dana, tetapi juga saham. N

Namun, kali ini kami hanya akan membagikan ulasan tentang aplikasi Ajaib dari perspektif investasi reksa dana. Diharapkan dapat membantu para pemula yang ingin berpartisipasi dalam investasi reksa dana di aplikasi Ajaib.

Pendaftaran Online Sederhana dan Cepat

Registrasi adalah hal yang paling sering kita lakukan ketika ingin bergabung dengan suatu layanan atau menggunakan aplikasi Ajaib untuk berinvestasi di reksa dana.

Pendaftaran online di aplikasi Ajaib, menurut kami, sangat sederhana dan mudah. Ini cukup sederhana untuk dicapai oleh seorang pemula. Persyaratannya sangat sederhana; yang kamu butuhkan hanyalah e-KTP dan rekening bank.

Menurut pengalaman kami, hanya perlu beberapa menit setelah mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran agar akun dapat digunakan secara aktif untuk transaksi reksa dana.

Sebagai seseorang yang tidak menyukai hal-hal rumit, kami suka betapa mudahnya pendaftaran Ajaib. Karena sebelumnya kami pernah mendaftar di situs lain tetapi hanya mendapatkan kertas tabungan saat menggunakan akun digital (tidak ada buku tabungan).

Antarmuka Pengguna Sederhana

Setelah kami mendaftarkan akun, kami akan dapat masuk dan mulai menjelajahi semua fitur di aplikasi Ajaib. Sebelum memilih untuk mentransfer sejumlah uang untuk membeli reksa dana, kami perlu mengetahui apa saja fitur-fiturnya.

Fitur utama yang kami cari adalah bagaimana menemukan daftar reksa dana serta informasi yang relevan tentang masing-masing reksa dana, dan kemudian fitur pembelian dan penjualan kembali reksa dana.

Saat menggunakan Ajaib, kesan pertama adalah aplikasi ini mudah dipelajari dan digunakan. Apalagi sekarang versi yang ditingkatkan tersedia. Tidak butuh waktu lama bagi kami untuk mengetahui apa fitur utama yang kami cari. Namun, ini masih masalah teknis transaksi di aplikasi Ajaib, bukan rencana investasi reksa dana.

Fitur Aplikasi Ajaib

Kita akan masuk ke menu home pada layar pertama setelah sign in. Secara umum, menu pada tampilan di aplikasi Ajaib terlihat seperti ini:

  • Beranda: Halaman ini menampilkan total investasi dan pengembalian kami, serta daftar pantauan saham dan reksa dana populer.
  • Menu pencarian: Menampilkan indeks dan memungkinkan kamu untuk mencari daftar saham dan reksa dana. Kami dapat mengurutkan reksa dana berdasarkan jenisnya atau investasi minimalnya. Kamu tahu bahwa di Ajaib, kami dapat mulai berinvestasi hanya dengan Rp. 10.000?
  • Portofolio: Lihat daftar investasi kami serta hasil masing-masing.
  • Menu Transaksi: Lihat proses dan riwayat investasi kami.
  • Menu Berita: Berisi berita dan tips investasi dan fasilitas komunitas (jika kamu telah mendaftar akun saham di Ajaib)
  • Akun Saya (Ikon di sudut kiri atas beranda): Digunakan untuk mengelola profil, dan juga mencakup glosarium investasi, kalkulator pengembalian, dan alat lainnya.

Fitur Keamanan Investasi

Dari segi keamanan, kami awalnya menggunakan kata sandi. Kemudian, setelah dimutakhirkan, ternyata fiturnya kini lebih kompleks, yakni fungsi sidik jari (fingerprint security).

Jadi, setiap kali kamu ingin membuka aplikasi untuk memeriksa kemajuan investasi kamu di portofolio atau hal lain, cukup gunakan jari kamu, tetapi masih ada opsi untuk membuka aplikasi dengan kata sandi.

Untuk mengubah kata sandi kamu, cukup buka menu “Akun Saya” > “Lihat profil > Kata Sandi” (klik ubah). Kemudian, masukkan alamat email yang terdaftar dengan akun Ajaib kamu dan klik “Reset Password.”

Email perubahan kata sandi kemudian akan dimasukkan secara otomatis; cukup masukkan kata sandi baru. Untuk mencegah hal-hal yang tidak menyenangkan jika kamu memiliki banyak email, saran kami adalah memilih email yang kamu kendalikan sepenuhnya.

Tidak Ada Biaya Admin Saat Membeli Reksa Dana

Salah satu hal yang kami hargai tentang Ajaib adalah memungkinkan kami untuk membeli reksa dana secara gratis. Selain diperbolehkan untuk mulai berinvestasi hanya dengan Rp 10.000, kita juga bebas membeli produk reksa dana tertentu.

Tersedia juga pilihan transfer saldo reksa dana, dengan berbagai cara dan bank yang dapat dipilih. Bisa melalui micro market, transfer ATM, transfer mobile banking, atau OVO. Begitu mudah!

Tapi, tentu saja, ada biaya untuk menarik dana dari reksa dana. Besarnya biaya penarikan reksa dana bervariasi tergantung produk reksa dana, namun biasanya antara 1% dan 2% dari pengembalian yang kita dapatkan. Kami tidak keberatan karena tidak ada biaya tersembunyi tambahan untuk saat ini.

Saran untuk Berinvestasi di Reksa Dana di Aplikasi Ajaib

Berdasarkan pengalaman kami sebagai pemula, ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan sebelum berinvestasi reksa dana melalui aplikasi Ajaib:

  • Jangan memilih produk reksa dana hanya berdasarkan imbal hasil setinggi mungkin. Karena grafik return bukanlah gambaran return yang pasti akan terjadi sama persis di masa yang akan datang – Perhatikan deskripsi produk reksa dana; Jika kamu memilih reksa dana pendapatan dengan profil risiko rendah-sedang, perhatikan seberapa besar dana yang dikelola. Semakin besar, semakin banyak orang yang umumnya memilih, menandakan bahwa produk reksa dana tersebut sudah teruji kehandalannya.
  • Temukan lebih banyak tentang manajer investasi, seperti profil bisnis dan berita kinerja.

Review Pemula Investasi Reksadana di Aplikasi Ajaib

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi Ajaib.

Aplikasi Ajaib Untuk Apa?

Ajaib adalah aplikasi investasi yang memungkinkan kamu untuk berinvestasi di reksa dana dan saham secara online. Ajaib menawarkan reksa dana terbesar dan platform perdagangan saham real-time. Ajaib juga menawarkan berbagai kelas terkait investasi untuk pemula hingga investor berpengalaman.

Berapa Minimal Investasi di Ajaib?

Ajaib tidak hanya memberikan kemudahan dalam berinvestasi, tetapi juga memberikan kemudahan dalam menyetorkan dana awal ketika kamu ingin memulai investasi. Mulai dari Rp 10.000, sekarang kamu sudah dapat berinvestasi kapan pun dan di mana pun kamu mau tanpa harus keluar rumah.

Berapa Biaya Transaksi di Ajaib?

Biaya transaksi pembelian dan penjualan saham di Ajaib sangat sederhana, yaitu 0,10% untuk transaksi harian di bawah Rp150 juta dan semakin rendah untuk transaksi harian yang lebih besar.

Apakah Ajaib Ada Biaya Bulanan?

Pelanggan tidak akan dikenakan biaya akun, biaya pembelian, atau biaya penjualan oleh aplikasi Ajaib.

Ajaib Kerjasama dengan Bank Apa?

Ajaib mengakuisisi saham Bank Bumi Arta dari PT Surya Husada Investment, PT Dana Graha Agung, dan PT Budiman Kencana Lestari.

Kesimpulan

Aplikasi Ajaib sudah memiliki izin perusahaan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan terdaftar di Kominfo dan BEI (Bursa Efek Indonesia) Jadi tidak perlu khawatir dengan legalitas. Sebagai investor, kita dilindungi oleh kerangka hukum yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button