Cara Membuat Email Bisnis Profesional Dengan Mudah

Teknatekno.com – Email bisnis profesional berbeda dari email pribadi yang digunakan kebanyakan individu. Anda tidak dapat menggunakan layanan email pribadi untuk alasan bisnis. Mengapa? Karena akan terlihat amatiran di mata konsumen.

Jika Anda masih menggunakan domain email gratis seperti @gmail.com dan @yahoo.com untuk bisnis Anda, artikel ini sangat cocok untuk Anda. Melalui artikel ini, Anda akan belajar cara membuat email untuk bisnis Anda.

Sebelum masuk ke topik tentang cara membuat email untuk bisnis, saya akan menjelaskan tiga alasan mengapa harus mendaftarkan email perusahaan profesional dengan domain Anda sendiri.

Anda tentu dapat menggunakan Google dan Yahoo seperti perusahaananda@gmail.com atau bisnisanda@yahoo.com. Tetapi email tersebut tidak terlihat profesional di mata klien karena siapa pun dapat menulis email menggunakan domain Gmail atau Yahoo.

Jadi, Anda harus menggunakan email domain Gmail atau Yahoo untuk alasan pribadi secara eksklusif, bukan untuk bisnis profesional.

Mengapa menggunakan email dengan domain nama @perusahaan? Tentu saja untuk mewakili perusahaan. Email adalah saluran yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra perusahaan Anda.

Dengan memanfaatkan email dengan domain nama perusahaan, Anda dapat memberikan kesan pertama yang baik kepada klien dan mitra perusahaan.

Tujuan ketiga adalah untuk membangun kepercayaan konsumen. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Verisign, 65 persen konsumen lebih mempercayai email dengan domain perusahaan daripada email dengan domain Gmail atau Yahoo.

Kepercayaan pelanggan adalah aset penting untuk bisnis apa pun, terutama dalam bisnis internet. Setelah Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan, Anda hanya akan menawarkan barang yang berbeda kepada mereka.

Memiliki email bisnis dapat membantu mengurangi kemungkinan kasus penipuan konsumen. Karena konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi mana yang merupakan email bisnis Anda yang sah dan mana yang merupakan email palsu.

Siap Membuat Email Untuk Bisnis Anda? Berikut Metode untuk Membuat Email Profesional

Setidaknya ada empat metode untuk membuat email bisnis profesional yang dapat Anda pilih. Pilih salah satu yang menurut Anda paling sederhana untuk diterapkan!

Siap Membuat Email Untuk Bisnis Anda_ Berikut Metode untuk Membuat Email Profesional

Layanan email profesional pertama yang mungkin Anda gunakan adalah Zoho. Zoho menawarkan opsi paket gratis bagi Anda yang ingin membuat email bisnis menggunakan nama domain Anda sendiri. Berikut cara mendaftarkan email di Zoho:

  1. Buka situs web Zoho
  2. Pilih Paket Gratis, lalu klik Mulai
  3. Masukkan domain situs web bisnis Anda
  4. Lengkapi detail bisnis Anda, lalu klik Lanjutkan

Email bisnis gratis dari Zoho hanya dapat digunakan untuk lima pengguna dalam satu domain dengan rincian 5 GB per pengguna dan lampiran maksimum 25 MB. Untuk detail tambahan, Anda dapat membaca artikel Membuat Domain Email Anda Sendiri dengan Zoho Mail

Jika Anda sudah memiliki hosting dan domain, Anda cukup membuat email bisnis dengan domain Anda sendiri! Anda tidak perlu membayar ekstra untuk membuat email dengan domain Anda sendiri melalui cPanel. Biaya email di cPanel sudah termasuk biaya hosting yang Anda gunakan.

Bagaimana Caranya? Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Buka cPanel lalu klik menu Email Accounts
  2. Klik Buat
  3. Isi data-data yang dibutuhkan, mulai dari pilihan domain, username email, password, pilihan penyimpanan email, hingga penentuan folder email.
  4. Klik Buat dan Anda telah berhasil membuat email untuk bisnis!

Jika Anda telah membuat email dengan domain Anda sendiri melalui cPanel Niagahoster, ada batasan pengiriman email setiap hari, yaitu 2.400 email per hari.

Namun, Anda juga dapat mengupgrade layanan email ke versi premium untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan email hingga 100GB! Ada tiga pilihan hosting email yang disediakan oleh Niagahoster, dari Mail Pro (25GB), Mail Business (50GB), hingga Mail Business Extra (100GB) (100GB).

G Suite adalah layanan email profesional dari Google yang memungkinkan Anda membuat email dengan domain Anda sendiri, namun tetap menggunakan infrastruktur Gmail untuk berfungsi.

Meskipun berbayar, Anda dapat melakukan uji coba gratis terlebih dahulu dengan G Suite. Berikut cara mendaftar email gratis di G Suite. Langkah-langkah di bawah adalah untuk uji coba gratis di G Suite. Setelah masa uji coba 14 hari selesai, Anda perlu melakukan pembayaran, dimulai dengan paket terendah 3 Dolar AS per pengguna setiap bulan.

  1. Buka Situs Web G Suite
  2. Pilih Mulai Uji Coba Gratis
  3. Pilih berapa banyak karyawan yang bekerja di perusahaan Anda
  4. Pilih apakah Anda sudah memiliki nama domain atau belum. Jika Anda sudah memiliki nama domain, pilih Ya
  5. Isi nama domain website bisnis Anda
  6. Konfirmasi nama domain Anda
  7. Pilih apakah Anda ingin menerima buletin email dari Google atau tidak
  8. Buat akun email untuk masuk dengan mengisi detail di bawah ini

Membuat email perusahaan menggunakan penyedia email gratis atau premium adalah sebuah pilihan. Anda sebagai pemilik bisnis harus dapat mengevaluasi dan menilai kemampuan dan persyaratan perusahaan terhadap email bisnis.

Saat memulai bisnis, Anda mungkin dapat menggunakan akun email gratis dengan pertimbangan penghematan biaya dan konsumen yang tidak meledak. Namun, jika bisnis Anda berkembang dan jumlah email dari konsumen meningkat, Anda dapat mulai mencari paket email premium mana yang paling cocok untuk Anda dalam hal harga dan fitur.

Kesimpulan:

Email bisnis berbeda dari email pribadi yang digunakan kebanyakan individu. Anda tidak dapat menggunakan layanan email pribadi untuk alasan bisnis. Jika Anda masih menggunakan domain email gratis seperti @gmail.com dan @yahoo.com untuk bisnis Anda, artikel ini sangat cocok untuk Anda. Setidaknya ada empat metode untuk membuat email bisnis profesional.

Email bisnis gratis dari Zoho hanya dapat digunakan untuk lima pengguna dalam satu domain dengan rincian 5 GB per pengguna dan lampiran maksimum 25 MB. Anda tidak perlu membayar ekstra untuk membuat email dengan domain Anda sendiri melalui cPanel.

Ada tiga pilihan hosting email yang disediakan oleh Niagahoster, dari Mail Pro (25GB), Mail Business (50GB) hingga Mail Business Extra (100GB). G Suite adalah layanan email profesional dari Google yang memungkinkan Anda membuat email dengan domain Anda sendiri, namun tetap menggunakan infrastruktur Gmail.

Meskipun berbayar, Anda dapat melakukan uji coba gratis terlebih dahulu dengan G Suite. Setelah masa uji coba 14 hari selesai, Anda perlu melakukan pembayaran, dimulai dengan paket terendah 3 Dolar AS per pengguna setiap bulan.

Related Articles

Back to top button