Cara Daftar BPJS Online Terlengkap 2021

Teknatekno.com – Fungsi BPJS Kesehatan siap mengganti biaya pengobatan peserta yang terdaftar dan membayar pembayaran BPJS. Tidak semua orang tahu tentang BPJS, termasuk saran dan cara daftar BPJS online yang sangat mudah. Untuk itu pada postingan kali ini akan lebih banyak membahas tentang syarat mendaftar BPJS secara online. Mendengarkan!

BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial adalah badan hukum publik yang dibentuk oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program-program sosial. BPJS terdiri dari BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Kesehatan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan skema jaminan kesehatan. Sedangkan BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan skema jaminan kerja.

Tujuan dibentuknya BPJS Kesehatan adalah untuk memberikan jaminan pelayanan kesehatan bagi individu dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Sedangkan tujuan dibuatnya BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk menawarkan jaminan kerja bagi pekerja.

Untuk dapat menerima layanan dari BPJS, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Cara mendaftar BPJS secara online bisa dilakukan secara sederhana, baik untuk BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan. Anda tidak perlu hadir secara fisik untuk mendaftar ke BPJS.

Di zaman yang sangat maju seperti sekarang ini, sangat layak untuk menggunakan teknik pendaftaran BPJS secara online. Bahkan di tahun ini, teknik pendaftaran BPJS secara non-online atau offline sudah tidak bisa dilakukan lagi. Hal ini dikarenakan prosedurnya yang memakan waktu lama, ditambah dengan persyaratan untuk mengantri.

Cara Daftar BPJS Online Dapat Dilakukan Dengan Langkah-langkah Sebagai Berikut:

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara mendaftar BPJS secara online adalah dengan mengunjungi website atau website resmi BPJS Kesehatan. Alamat web yang dimaksud adalah https://List.bpjs-kesehatan.go.id. Selain itu, sekarang Anda dapat mendaftar BPJS Kesehatan secara online melalui ponsel melalui aplikasi pendaftaran BPJS Kesehatan online.

Sebelum Anda mulai mendaftar, BPJS akan memberi tahu Anda tentang berbagai proses pengarahan dan permintaan izin dari calon peserta BPJS. Anda akan diminta untuk mencentang setiap kotak di bagian bawah. Setelah prosedur ini selesai, Anda hanya dapat melanjutkan pendaftaran.

Cara daftar BPJS online selanjutnya adalah dengan memasukkan data diri lengkap seperti KTP dan KK, nomor NPWP, alamat rumah tanpa surat keterangan domisili, dan nomor handphone. Kemudian centang kotak yang menunjukkan bahwa alamat yang diberikan benar-benar alamat KTP.

Setelah mengisi data diri dengan lengkap, pilih kelas fasilitas kesehatan yang disediakan, pilihan rumah sakit rujukan, dan lampiran terakhir bagi WNA yang ingin menerima manfaat BPJS Kesehatan.

Anda dapat memilih kelas sesuai dengan kebutuhan Anda, dari kelas I hingga kelas III. Setiap kelas memiliki biaya yang berbeda setiap bulannya.

Jika semua data diri dan pemilihan kelas sudah lengkap, maka cara daftar BPJS secara online selanjutnya adalah dengan menyimpan dan menunggu balasan pendaftaran dari BPJS Kesehatan.

Umumnya BPJS Kesehatan akan mengeluarkan nomor virtual account melalui email. Oleh karena itu Anda perlu sering-sering mengecek email dan mencetak lampiran yang disediakan oleh BPJS.

Jika langkah prosedur pendaftaran BPJS online ini sudah selesai, maka Anda tinggal melakukan pembayaran ke bank. Tombol e-ID juga dapat diunduh setelah pembayaran selesai.

Langkah pendaftaran BPJS selanjutnya adalah membayar iuran. Anda harus membayar iuran terlebih dahulu. Baik melalui bank atau kantor pos. Gunakan nomor virtual account yang telah diberikan melalui email.

Cara Daftar BPJS Online Dapat Dilakukan Dengan Langkah-langkah Sebagai Berikut_

Cetak dan simpan bukti pembayaran. Anda kini resmi terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan.

Langkah terakhir atau cara daftar BPJS secara online adalah dengan mengambil kartu BPJS di kantor cabang terdekat dari tempat tinggal Anda. Pengambilan kartu dilakukan dengan melampirkan formulir pendaftaran, nomor virtual account, dan bukti transfer pembayaran kepada petugas.

Itulah cara daftar BPJS online yang mudah dan gratis. Anda dapat mendaftar BPJS secara online untuk perorangan atau untuk semua anggota keluarga pada kartu keluarga.

Lantas apa saja persyaratan dan kelengkapan berkas yang perlu disediakan untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara online? Ada berbagai persyaratan pendaftaran yang dikategorikan menurut kriteria berikut:

Jenis kepesertaan BPJS ini diperuntukan bagi masyarakat miskin. Biasanya proses pendaftaran PBI ditangani langsung oleh pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial. Untuk kriteria khusus siapa saja yang boleh masuk dalam kelompok ini, bisa langsung menghubungi pemerintah desa setempat.

Jenis BPJS Kesehatan ini menyasar kepada Pejabat Negara, PNS Pusat/Daerah, PNS Pusat/Daerah second, Prajurit, POLRI, PNS Swasta, dan PNS Polri. Umumnya pendaftaran online dilakukan secara bersama-sama oleh masing-masing satker.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button