Berapa Nomor Pusat Pesan Indosat Yang Valid?

Teknatekno.com – Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan saat mengirim SMS. Alasannya sangat beragam, seperti tidak terdaftar di jaringan, kredit yang tidak memadai, dan banyak lagi. Namun penyebab yang sering terjadi adalah nomor pusat pesan indosat, untuk itu Anda perlu mengganti nomor pusat pesan Indosat di ponsel Anda.

Pusat Pesan SMS adalah bagian dari jaringan nirkabel yang menangani aktivitas SMS, seperti perutean dan penyimpanan pesan teks yang masuk dalam perjalanan ke tujuan yang diinginkan.

Walaupun saat ini SMS sudah jarang digunakan, namun masih ada sebagian masyarakat yang menggunakan SMS sebagai metode komunikasi. Di daerah tertentu jaringan internet masih sangat lemot, untuk mengatasi SMS ini dipilih karena tidak perlu menggunakan koneksi internet.

Bagi Anda yang saat ini tidak dapat mengirim SMS menggunakan kartu Indosat IM3, Mentari atau Matrix. Maka Anda sangat beruntung karena kami akan membahas tentang apa itu nomor pusat pesan Indosat dan bagaimana cara mengganti nomor pusat pesan IM3 Indosat, Mentari dan Matrix.

Berapa Nomor Pusat Pesan Indosat?

Nomor pusat pesan IM3 Indosat adalah +6285000000 atau +62216124 sedangkan untuk Mentari dan Matrix adalah +62216124. Bagi Anda yang mengalami kegagalan saat mengirim SMS di kartu Indosat IM3, Mentari dan Matrix, pertimbangkan untuk memverifikasi nomor pusat Indosat di ponsel Anda apakah sudah akurat atau masih salah. Untuk melihatnya, Anda pergi ke pusat pesan atau pengaturan SMSC.

Berapa Nomor Pusat Pesan Indosat_

Jika nomor pusat Indosat Anda masih salah, maka Anda perlu mengubahnya. Untuk tutorial cara menggantinya bisa cek tutorial di bawah ini.

Namun sebelum itu anda harus memahami terlebih dahulu apa itu nomor pusat pesan? Nomor pusat pesan adalah nomor yang digunakan sebagai pusat saat Anda mengirim pesan dalam bentuk SMS. Jadi SMS yang Anda kirim akan melalui nomor pusat pesan terlebih dahulu sebelum dikirimkan ke nomor yang dituju.

Oleh karena itu, jika nomor pusat pesan Anda salah, SMS akan gagal terkirim. Untuk mengatasi ini, Anda perlu mengubah nomor pusat pesan di ponsel Anda.

Cara Ganti Nomor Indosat Message Center

Ketika SMS gagal terkirim dan ternyata penyebabnya adalah nomor pusat pesan, maka Anda perlu mengetahui cara mengatur nomor pusat Indosat agar SMS Anda dapat terkirim. Berikut langkah-langkah cara mengganti nomor pusat Indosat:

  • Masuk ke Settings
  • Lalu pilih System Apps
  • Lalu pilih Message
  • Buka More Settings
  • Pilih Nomor Pusat Pesan SMS
  • Jika Anda menggunakan SIM ganda, cari tahu di SIM mana kartu Indosat Anda ditempatkan.
  • Kemudian pilih Indosat Anda dan ubah menjadi +6285000000 (untuk Indosat IM3) atau +62216124 (untuk Mentari dan Matrix).
  • Setelah Anda mengubah nomor pusat pesan, pilih OK dan mulai ulang ponsel Anda

Setelah ponsel cerdas Anda hidup kembali, coba kirim SMS lagi. Jika Anda masih gagal mengirim SMS, mungkin Anda salah mengetik nomor pusat Indosat atau ada masalah lain.

Bagaimana? Cara setting nomor pusat pesan IM3 Indosat, Mentari dan Matrix sangat mudah bukan? Caranya sangat mudah dan tidak memakan waktu lama. Juga tidak membutuhkan program lain.

Cara Ganti Nomor Indosat Message Center Melalui Kode Dial

Selain cara di atas, masih ada pilihan kedua yaitu memanfaatkan kode dial. Cara ini bisa dibilang lebih pendek dari cara sebelumnya. Untuk informasi lebih lanjut, perhatikan langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi telepon di ponsel Anda dan masukkan *#*#4636#*#* (produsen berbeda, kode panggilan berbeda) (merek berbeda, kode panggilan berbeda)
  • Setelah itu anda akan di arahkan ke pengaturan jaringan, lalu masuk ke menu pengaturan SIM Indosat anda.
  • Masukkan pusat pesan atau nomor SMSC di menu yaitu +6285500000 (untuk Indosat IM3) atau +62216124 (untuk Mentari dan Matrix) \s- Kemudian Update atau Update

Setelah melakukan hal berikut, kami sarankan untuk me-reboot ponsel Anda agar SMSC dapat diperbarui dan kembali normal.

Apa yang harus dilakukan jika Anda masih tidak dapat mengirim SMS?

Jika Anda telah melakukan modifikasi pada nomor pusat Indosat dan SMS masih gagal terkirim. Anda perlu menyelesaikan beberapa hal di bawah ini.

Cek Masa Aktif Kartu dan Kredit

Jika pulsa Anda habis dan masa aktif kartu dalam masa tenggang, maka Anda tidak akan diizinkan untuk mengirim SMS. Oleh karena itu, Anda perlu memverifikasi pulsa dan durasi aktif kartu Indosat melalui *123# atau *363# atau *889#.

Hubungi Call Center Indosat

Jika semua prosedur telah dilakukan, solusi terakhir yang dapat Anda hubungi adalah Indosat. Anda dapat menghubungi Call Center Indosat melalui:

  • Telepon : 185 atau 186 atau +6221 3000 3000 atau +6221 5438 8888
  • Twitter : @indosatcare
  • Email : cs@indosatooredoo.com

Hubungi layanan pelanggan Indosat dan jelaskan masalah yang Anda hadapi

Kesimpulan:

Pusat Pesan SMS adalah bagian dari jaringan nirkabel yang menangani aktivitas SMS. Nomor pusat pesan IM3 Indosat adalah +6285000000 atau +62216124 untuk kartu Mentari dan Matrix. Untuk tutorial cara menggantinya bisa cek tutorial di bawah ini. Cara setting nomor pusat pesan IM3 Indosat, Mentari dan Matrix sangat mudah bukan? Caranya sangat mudah dan tidak memakan waktu lama.

Masih ada opsi kedua, yakni memanfaatkan kode dial. Cara ini bisa dibilang lebih pendek dari cara sebelumnya. Jika Anda telah melakukan modifikasi pada nomor pusat Indosat dan SMS masih gagal terkirim, Anda perlu menyelesaikan beberapa hal di bawah ini.

Jika pulsa Anda habis dan masa aktif kartu dalam masa tenggang, maka Anda tidak akan diizinkan untuk mengirim SMS.

Related Articles

Back to top button