Apakah Bisa Cek NPWP Online dan Tagihannya?

Teknatekno.com – Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bersifat pribadi karena memuat data pribadi. NPWP hanya dapat diketahui oleh diri sendiri dan pihak yang berkepentingan secara langsung.

Mengingat sifatnya yang rahasia, Ditjen Pajak kini memberikan akses pemeriksaan NPWP secara online. Dengan cara ini, Anda tidak perlu datang langsung ke kantor pajak. Anda hanya perlu mengirimkan formulir dan materi tambahan secara online. Anda bahkan dapat mendaftarkan NPWP Anda secara online.

Berikut ini akan dijelaskan cara mencari informasi tentang NPWP secara online. Ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui. Baca penjelasannya.

Cek NPWP Online

Sayangnya, tidak mungkin untuk memeriksa nomor NPWP Anda secara online karena masalah kerahasiaan. Anda harus pergi ke kantor pajak secara langsung. Jika Anda ingin mengetahui NPWP pribadi Anda, bawalah KTP Anda.

Sedangkan untuk memeriksa NPWP perusahaan, bawalah Akta Perusahaan atau Keagenan dan surat kuasa jika Anda bukan pemilik usaha. Dengan begitu petugas dapat memberikan validasi dan informasi NPWP.

Cek NPWP Online

Pengecekan nomor NPWP ini tidak memakan banyak waktu, baik dari segi pribadi maupun keagenan. Jika validasi data telah dilakukan, maka periksa NPWP untuk mengetahui persyaratan pajak tambahan.

Cek NPWP Online Melalui Aplikasi DJP

Jika Anda mendaftarkan NPWP Anda secara online, memeriksa status juga dapat menggunakan metode yang sama. Anda tidak perlu repot pergi ke kantor pajak.

Untuk mengetahui status NPWP dapat dilakukan melalui aplikasi DJP. Anda bisa mendapatkannya di PlayStore atau AppStore. Berikut langkah-langkahnya.

  • Login menggunakan username dan password yang telah didaftarkan.
  • Anda akan melihat dashboard yang memberikan informasi mengenai data pribadi pemegang NPWP.
  • Jika tidak, NPWP Anda tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, pergi ke kantor pajak terdekat.

Cek NPWP Online Via Website

Anda juga bisa mengecek NPWP Anda dengan mengunjungi website ereg.pajak.go.id. Berikut penjelasannya.

  • Masuk menggunakan nama pengguna dan kata sandi yang dibuat saat pendaftaran.
  • Anda akan melihat dashboard yang memberikan informasi mengenai data pribadi pemegang NPWP. Anda dapat memeriksa apakah statusnya aktif.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button