Facebook Ganti Nama Jadi Meta? Berikut Alasannya

Teknatekno.com – Mark Zuckerberg, CEO Facebook Inc, menjelaskan mengapa perusahaannya Facebook ganti nama menjadi Meta Platform Inc setelah diumumkan secara resmi pada Kamis (28/10) waktu AS.

Setelah serangkaian kemunduran di dunia media sosial, nama Meta dipilih untuk melambangkan harapan untuk masa depan. Rebranding ini dimaksudkan untuk meningkatkan posisi raksasa media sosial di Metaverse yang baru muncul, yang dilihat Zuckerberg sebagai masa depan internet.

“Akibatnya, kami menganggap bisnis kami sebagai dua area yang berbeda. Satu untuk aplikasi sosial, sementara yang lain untuk platform masa depan. Metaverse kami, menurut pemikiran, bukan tentang segmen tersebut. Metaverse akan menjadi pengalaman sosial dan platform masa depan.” Menurut The Verge, Zuckerberg menyatakan.

Meta Zuckerberg juga diklaim telah menghabiskan miliaran dolar tahun ini saja, setidaknya 10 miliar dolar, di Metaverse, ekstensi mendalam yang dinamai halaman dalam novel fiksi ilmiah, serta Snow Crash dan Ready Player One.

“Saya pikir kami untuk pertama kalinya beralih dari Facebook sebagai perusahaan ke Metaverse,” katanya.

Sistem yang Seragam Akan Segera Diterapkan Untuk Menjangkau Semua Perusahaan Aplikasi Media Sosial

Kenyataannya, sejak membeli Instagram dan WhatsApp pada 2012 dan 2014, Zuckerberg telah mempertimbangkan rebranding perusahaan. Namun, dia baru saja menjadi yakin akan perlunya perubahan awal tahun ini, dan dia mengungkapkannya pada Konferensi Tahunan Connect.

“Saya pikir ada banyak ambiguitas dan kesulitan dalam hal branding perusahaan sebagai aplikasi media sosial. Perubahan ini membantu orang dalam mengembangkan hubungan dengan perusahaan yang berbeda dari hubungan mereka dengan produk tertentu” Dia menjelaskan .

Sementara dia mengakui bahwa kata “metaverse” berasal dari kata “kontra”. Zuckerberg berusaha merehabilitasi Metaverse sebagai konsep utopis yang akan mengantarkan ekonomi virtual.

Ini bukan pertama kalinya terjadi perubahan fundamental yang besar di perusahaan teknologi kelas dunia. Pada tahun 2015, Google melakukannya, menjadikan Alphabet Inc sebagai perusahaan induk.

Sistem yang Seragam Akan Segera Diterapkan Untuk Menjangkau Semua Perusahaan Aplikasi Media Sosial

Contoh lain adalah ketika Snapchat mengubah namanya menjadi Snap Inc, sebuah perusahaan kamera, pada tahun 2016 dan kemudian meluncurkan kacamata kamera Spectacles.

Perubahan merek baru Facebook juga dikatakan sejalan dengan visi masa depan perusahaan saat ini. Ada tujuan branding tingkat yang lebih tinggi, serta tujuan yang lebih teknis dan fungsional.

“Facebook adalah platform media sosial yang terkenal. Orang-orang mulai menganggap kami sebagai perusahaan media sosial. Namun, kami menganggap diri kami sebagai perusahaan teknologi yang mengembangkan teknologi untuk memungkinkan orang terhubung satu sama lain.”

“Kami pikir itu yang membedakan kami dari perusahaan lain karena semua orang mencoba mencari tahu bagaimana orang terhubung dengan teknologi, sedangkan kami membangun teknologi agar orang dapat berinteraksi satu sama lain,” jelas Zuckerberg.

Kesimpulan:

Mark Zuckerberg, CEO Facebook Inc, secara resmi mengumumkan rebranding perusahaan menjadi Meta Platform Inc pada hari Kamis. Nama Meta dipilih untuk melambangkan harapan masa depan setelah serangkaian kemunduran di media sosial.

Zuckerberg juga diklaim telah menghabiskan miliaran dolar tahun ini saja, setidaknya $10 miliar, di Metaverse, ekstensi mendalam yang dinamai berdasarkan halaman dalam novel fiksi ilmiah. Sementara dia mengakui bahwa kata metaverse berasal dari kata ‘cons, dia mencoba merehabilitasi Metaverse sebagai konsep utopis untuk masa depan.

Related Articles

Back to top button