Apa Pentingnya Market Cap Dalam Cryptocurrency?

Teknatekno.com – Pentingnya market cap, atau kapitalisasi pasar seperti yang lebih sering dikenal, terkait erat dengan dunia investasi. Hal ini berlaku tidak hanya dalam investasi aset konvensional, tetapi juga dalam investasi aset digital.

Sebelum berinvestasi di bursa kripto, misalnya, kamu biasanya akan memeriksa nilai kapitalisasi pasar terbaru (kapitalisasi pasar). Kamu dapat memikirkan langkah selanjutnya dengan melihat nilai aset di kapitalisasi pasar.

Sambil menunggu kesempatan terbaik, jual, beli, atau HODL. Alhasil, sebelum menentukan pilihan, para trader dan investor kerap mengecek kapitalisasi pasar.

Apa Itu Kapitalisasi Market Cap Dalam Cryptocurrency_

Apa Itu Market Cap?

Market cap, sering dikenal sebagai kapitalisasi pasar, adalah angka atau ukuran yang menggambarkan nilai pasar dari aset. Nilai aset digital yang berbeda, seperti saham atau mata uang kripto, diukur dan dihitung menggunakan kapitalisasi pasar.

Kapitalisasi pasar suatu saham adalah metrik yang membandingkan nilai sekuritas dengan nilai sekuritas lainnya. Ini biasanya dihitung dengan mengalikan jumlah saham yang beredar dengan harga saham saat ini.

Market cap dalam aset kripto, mirip dengan kapitalisasi pasar saham, digunakan untuk menilai secara tepat nilai aset digital dan membandingkannya dengan aset lain yang sebanding.

Apa Rumus Untuk Menghitung Kapitalisasi Pasar Aset Kripto?

Setelah mempelajari apa itu kapitalisasi pasar, saatnya mempelajari cara menghitung kapitalisasi pasar aset kripto. Kapitalisasi pasar aset kripto atau mata uang kripto dihitung dengan mengalikan harga token atau koin dengan total pasokan yang beredar saat ini.

Misalnya, jika jumlah Bitcoin yang beredar adalah 18.000.000 BTC, harga saat ini adalah $23.000. Jadi, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah 18.000.000 x 23.000 dolar. Sehingga, kapitalisasi pasar Bitcoin adalah $414.000.000.000.

Rumus untuk memperkirakan kapitalisasi pasar mata uang kripto adalah sebagai berikut:

Market Cap Cryptocurrency = Persediaan yang Beredar x Harga Aset Saat Ini.

Namun, kamu dapat menelusuri situs yang menyediakan informasi harga kapitalisasi pasar jika kamu tidak ingin repot. CoinMarketCap adalah salah satunya, dan memberikan statistik real-time 24 jam tentang harga market cap cryptocurrency.

Klasifikasi Mata Uang Digital Berdasarkan Kapitalisasi Pasar

Di bursa kripto, mata uang kripto diklasifikasikan ke dalam empat kelompok kapitalisasi pasar. Klasifikasi ini akan membuat perbandingan nilai total dari satu mata uang kripto dengan mata uang lainnya menjadi lebih mudah, membuat kamu membuat pilihan investasi yang lebih terdidik.

Berikut ini adalah empat klasifikasi market cap:

Large-cap

Cryptocurrency dengan kapitalisasi besar sering dianggap sebagai investasi crypto yang paling aman. Jika nilai kapitalisasi pasar mata uang kripto melebihi $10 miliar dolar AS, itu diklasifikasikan sebagai kapitalisasi besar.

Teknik yang paling populer adalah berinvestasi dalam market cap cryptocurrency utama. Ini karena mata uang dalam kategori ini memiliki rekam jejak yang panjang. Tingkat keamanan sudah disertifikasi, dan ini adalah peserta utama di dunia crypto dalam hal nilai.

Cryptocurrency dengan kapitalisasi besar juga memiliki banyak likuiditas. Ini menunjukkan bahwa aset ini tersedia di hampir setiap pertukaran mata uang kripto dan memiliki volume perdagangan yang signifikan.

Investor dapat dengan mudah bergabung dan meninggalkan pasar karena likuiditas yang tinggi. Bitcoin dan Ethereum adalah contoh cryptocurrency yang termasuk dalam kategori ini.

Mid-cap

Kapitalisasi pasar cryptocurrency dalam kategori ini berkisar dari satu miliar hingga sepuluh miliar dolar. Jenis mata uang mid-cap sering dianggap memiliki potensi keuntungan yang belum dimanfaatkan dan risiko yang meningkat.

Cryptocurrency mid-cap, secara keseluruhan, memiliki rekam jejak jangka panjang yang baik. Mata uang kategori menengah dapat meningkatkan diversifikasi aset dengan dimasukkan dalam portofolio kamu.

Namun, tidak semua mata uang dalam kategori mid-cap berpotensi menjadi big-cap. Litecoin, Cardano, dan Monero adalah contoh mata uang yang termasuk dalam kategori mid-cap.

Small-cap

Koin dan token berkapitalisasi kecil memiliki kapitalisasi pasar antara $100 juta dan $1 miliar dolar AS. Kategori cryptocurrency ini sangat fluktuatif dan dianggap sebagai investasi berisiko tinggi. Meskipun terkadang memiliki banyak potensi pengembangan jangka pendek. Dogecoin adalah contoh uang digital dalam kategori ini.

Micro-cap

Cryptocurrency berkapitalisasi mikro tidak diragukan lagi lebih berisiko daripada cryptocurrency berkapitalisasi kecil. Mereka yang baru-baru ini didirikan oleh individu atau kelompok yang tidak dikenal dan memiliki nilai kapitalisasi pasar kurang dari $50 juta dolar AS biasanya termasuk dalam kategori ini.

Apa Pentingnya Market Cap Dalam Cryptocurrency

Apakah Market Cap Dalam Cryptocurrency Itu Penting?

Mata uang digital dengan kapitalisasi pasar besar atau kecil mungkin kebal terhadap volatilitas. Hal ini dikarenakan aset dengan kapitalisasi pasar yang kecil akan lebih mudah terguncang ketika berita besar, atau jika ikan paus (pembeli besar) menguasai pasar.

Pemegang token atau cryptocurrency dalam kategori small-cap atau micro-cap sangat rentan terhadap kemarahan pedagang yang lebih besar. Jika banyak ikan paus memutuskan untuk menjual pada saat yang sama, harga aset mungkin anjlok.

Terakhir, market cap adalah metrik yang berguna untuk membandingkan nilai total mata uang kripto. Namun, sebelum melakukan investasi apa pun, kamu harus membuat tren pasar, stabilitas nilai mata uang kripto, dan kondisi keuangan kamu sendiri.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar crypto market cap.

Apa Kapitalisasi Pasar yang Bagus Untuk Kripto?

Cryptocurrency dengan kapitalisasi besar umumnya dianggap sebagai investasi crypto yang aman. Ini adalah perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari $10 miliar. Berinvestasi dalam koin dengan kapitalisasi pasar yang besar biasanya merupakan strategi konservatif.

Kenapa Pasar Crypto Hancur?

Penyebab langsung penurunan crypto tampaknya adalah aksi jual besar-besaran oleh investor sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran inflasi. Investor juga terus menghindari aset berisiko, yang mencerminkan pasar saham.

BACA JUGA:

CoinMarketCap Earn Program Tentang Cryptocurrency
Cara Daftar Rekeningku Marketplace Crypto Indonesia
Apa itu Scalping Crypto? Strategi Trading Aset Crypto

Kesimpulan

Kapitalisasi pasar, atau market cap seperti yang lebih sering dikenal, terkait erat dengan dunia investasi. Kapitalisasi pasar aset kripto atau mata uang kripto dihitung dengan mengalikan harga token atau koin dengan total pasokan yang beredar saat ini.

Ini digunakan untuk menilai nilai aset digital dan membandingkannya dengan aset lain yang sebanding. Ada empat klasifikasi market cap untuk berbagai jenis cryptocurrency. Kapitalisasi besar dan kapitalisasi menengah dianggap sebagai investasi paling aman karena rekam jejak jangka panjangnya.

Related Articles

Back to top button