Cara Memainkan Game NFT Gaming Berbayar Crypto

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernahkah kamu memainkan game NFT? Game NFT merupakan gaming berbayar yang menghasilkan crypto berupa token NFT. Token Non-fungible, atau NFT, akhir-akhir ini populer sebagai bentuk untuk menjual aset kepemilikan karya digital seperti gambar, film, dan karya virtual lainnya.

Sekalipun salinannya banyak beredar di dunia maya, aset digital yang dijual dalam bentuk NFT akan memiliki “sertifikat digital” yang menegaskan legitimasi aset tersebut. Tweet pertama yang dikirim oleh CEO Twitter, Jack Dorsey, adalah contohnya.

Tweet tersebut dilelang sebagai NFT dan dijual sekitar Rp 42 miliar. Blockchain akan melacak karya yang dijual dalam bentuk NFT.

Blockchain adalah semacam “buku besar” digital yang bekerja dengan cara yang sama seperti Ethereum, Bitcoin, dan jaringan cryptocurrency lainnya. NFT digunakan untuk lebih dari sekadar menjual aset digital. NFT telah memasuki dunia game, di mana gamer dapat memperoleh penghasilan dengan memainkan game NFT.

Apa Sebenarnya Game NFT Itu

Apa Sebenarnya Game NFT Itu?

Game NFT, sering dikenal sebagai play-to-earn, adalah upaya untuk mendapatkan uang kripto melalui bermain game. Dalam bisnis game, tren “play-to-earn” merupakan fenomena yang relatif baru. Pemain dalam game NFT akan mendapatkan aset atau hadiah dalam game yang nantinya dapat diubah menjadi uang sungguhan.

Aset NFT akan dapat ditukar atau bahkan dalam bentuk mata uang virtual di lingkungan game. Mata uang kripto kemudian dapat ditukar dengan uang sungguhan di situs pertukaran yang didukung permainan. Axie Infinity adalah salah satu dari banyak judul game yang sekarang masuk dalam genre game NFT.

Ini tidak diragukan lagi baru dan berpotensi memengaruhi persepsi orang tentang game, serta gamer yang sering menghabiskan uang untuk hal-hal dalam game. Karena, dalam kebanyakan kasus, ketika pemain membeli barang di dalam game, mereka tidak bisa mendapatkan uang mereka kembali.

Artinya, setelah mereka menghabiskan uang nyata dalam permainan, uang itu akan hilang dan tidak akan dikembalikan. Gamer dapat menggunakan NFT untuk menukar uang yang mereka masukkan ke dalam game dengan uang sungguhan.

Selain itu, individu dapat bermain game sambil mendapatkan penghasilan sebanyak mungkin, mungkin dengan membeli, memperoleh, atau membuat item berharga dalam game yang menggunakan NFT.

Contoh NFT dalam Game

Axie Infinity, game pet mirip Pokemon yang dibuat oleh Sky Mavis, merupakan salah satu game terpopuler yang menggunakan teknik NFT. Di sana, pemain dapat memperoleh item berharga yang dikenal sebagai Small Love Potion (SLP), yang dapat diperoleh dengan melawan dan mengalahkan pemain lain.

Sistem pertarungan akan bergantung pada anjing yang dijuluki “Axies” yang akan dimiliki setiap pemain. SLP selanjutnya akan dapat ditukar dengan aset mata uang kripto sebelum dikonversi kembali ke mata uang asli.

Popularitas game NFT Axie Infinity meroket di Filipina akibat pandemi. Pencipta game, Sky Mavis, mengklaim bahwa Filipina menyumbang 29.000 dari 70.000 unduhan game pada bulan April tahun ini.

Lonjakan itu didorong oleh tingkat pengangguran Filipina yang berfluktuasi selama pandemi. Game NFT Axie Infinity ini adalah cara untuk mendapatkan penghasilan kamu.

Lalu ada Guild of Guardians, sebuah role-playing game (RPG) yang memungkinkan pemain memperoleh aset NFT dengan membunuh musuh dan mengubahnya menjadi berbagai barang unik yang dapat digunakan dalam permainan.

Aset NFT Gaming Berbayar yang dikumpulkan kemudian dapat ditukar di pasar terbuka game atau ditukar dengan mata uang kripto, yang kemudian dapat dikonversi menjadi mata uang nyata.

Makin Popular

Untuk memberi kamu beberapa latar belakang, NFT awalnya digunakan dalam game blockchain yang disebut CryptoKitties pada Oktober 2017. Pengguna dapat mengadopsi atau mengelola kucing virtual dalam game, yang kemudian dapat ditukar.

Seekor kucing digital akan memiliki identifikasi unik (token) untuk membuktikan bahwa ia benar-benar dimiliki oleh pengguna, seperti hewan peliharaan di dunia nyata.

Ketika CryptoKitties pertama kali keluar, gagasan NFT dalam game dianggap prematur karena beberapa game lain telah menggunakannya. Aset NFT, di sisi lain, diperkirakan akan tumbuh pada tahun 2021.

Selain itu, pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak tahun 2019 menyebabkan orang mencari alternatif bentuk kesenangan selama di rumah, seperti bermain video game.

Ini menyiratkan bahwa lebih banyak orang akan bermain game, dan model bisnis NFT game dapat menjadi sumber pendapatan terbaru. Namun, ini terkait dengan pembuat game dan bagaimana mereka memasukkan NFT ke dalam game mereka dan memasarkannya sehingga diakui oleh banyak orang.

Secara bersamaan, sebuah game harus memiliki tampilan dan mekanisme bermain yang membantu konsumen merasa nyaman saat bermain dalam jangka waktu yang lama. Sebab inti dari NFT dalam game adalah play to earn dan play secara intens untuk mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

FAQ Seputar Game NFT

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar game NFT.

Apa itu NFT Pada Game?

Game NFT adalah game berbasis blockchain dengan sistem Non-Fungible Token (NFT) yang memungkinkan kamu untuk memiliki aset dalam game yang dapat diperdagangkan menggunakan cryptocurrency.

Apa Fungsi dari NFT?

Penggunaan NFT secara tidak langsung dapat membantu pemasaran bisnis kamu. Ekosistem perdagangan digital masih dalam tahap awal. Keberadaan NFT secara tidak langsung dapat memfasilitasi perdagangan digital pada sistem blockchain yang memanfaatkan cryptocurrency seperti Binance, Bitcoin, atau Ethereum.

Game NFT Apakah Halal?

NFT halal, namun karena ditukar dengan cryptocurrency, menjadikan transaksinya tidak sah atau haram.

Apakah NFT Legal di Indonesia?

Tidak seperti kripto, NFT belum memiliki kerangka hukum tersendiri di Indonesia. Karena NFT tergolong aset kripto, maka transaksinya saat ini terbatas pada pengawasan Bappebti.

BACA JUGA:

Rekomendasi Game RPG Offline Android Terbaik
10 Rekomendasi Game NFT Terbaik
Rekomendasi Layanan Cloud Gaming Terbaik, Gamer Wajib Coba

Kesimpulan

Token Non-fungible, atau NFT Gaming Berbayar, akhir-akhir ini populer sebagai bentuk untuk menjual aset kepemilikan karya digital seperti gambar, film, dan karya virtual lainnya. NFT telah memasuki dunia game, di mana gamer dapat memperoleh penghasilan dengan memainkan game NFT.

Axie Infinity, game pet mirip Pokemon yang dibuat oleh Sky Mavis, merupakan salah satu game terpopuler yang menggunakan teknik NFT gaming berbayar Filipina menyumbang 29.000 dari 70.000 unduhan game pada bulan April tahun ini.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button