Toyota Tak Gunakan Cruise Control Avanza dan Veloz, Ini Alasannya

Teknatekno.com – Alasan toyota tidak menggunakan fitur cruise control avanza dan veloz baru adalah karena terlalu mahal. Fitur keselamatan toyota safety sense (TSS) tersedia pada dua model terbaru Toyota, yakni All New Avanza dan All New Veloz.

TSS di Avanza-Veloz saat ini tidak memiliki cruise control, tidak seperti TSS di Toyota Raize. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengungkapkan mengapa fitur kendali pelayaran di Avanza-Veloz saat ini tidak digunakan.

Cruise control atau kendali pelayaran tidak termasuk dalam fitur dasar TSS, menurutnya. Karena mobil ini sering digunakan di jalan kota, TSS memasang kendali pelayaran pada Raize.

“Segmen dari konsumen Raize itu banyak di perkotaaan, sedangkan Avanza-Veloz ini cukup variatif. Tidak hanya di perkotaan, tetapi juga di luar perkotaan. Sehingga kami menilai fitur ini belum terlalu dibutuhkan,” katanya dalam konferensi pers peluncuran All New Avanza dan All New Veloz, Rabu, 10 November 2021.

Alasan Toyota Tak Gunakan Fitur Cruise Control di Avanza dan Veloz Terbaru

Cruise Control Toyota Avanza Dan Veloz

Toyota, di sisi lain, tidak menutup diri jika pelanggan membutuhkan fitur kendali pelayaran. TAM akan mempertimbangkan dan menghadirkan fitur ini kepada prinsipal jika konsumen membutuhkannya, menurut Anton.

“Bila dibutuhkan, fitur ini bisa dihadirkan karena memang fitur ini basicly available. Kami akan ajukan ke prinsipal, namun tentunya akan ada perbedaan value dan harga,” jelas Anton.

Fitur yang mengatur putaran mesin agar tetap stabil saat melaju di jalur lurus tanpa perlu menginjak pedal gas. Fitur ini memungkinkan mobil mempertahankan kecepatan yang stabil tanpa perlu menginjak pedal gas.

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar cruise control Toyota.

Apa itu Cruise Control di Mobil?

Fitur kendali pelayaran sangat penting karena dapat membantu mengatur kecepatan kendaraan yang telah diatur sehingga menjadi lebih stabil tanpa perlu menginjak pedal gas lagi. Dengan begitu, mobil kemudian akan beroperasi pada semi-autopilot.

Bagaimana Kerja Cruise Control?

Untuk menggunakan kecepatan terendah, cukup tekan tombol cruise control di bawah roda kemudi dan tekan ke bawah. Intinya, jika tombol sudah ditekan, maka fungsi tersebut akan dijalankan secara otomatis.

BACA JUGA:

Stan Toyota Dimeriahkan oleh Pasukan Gazoo Racing (GR)
Toyota Luncurkan Lineup Lengkap di GIIAS 2021
Mulai 2022 Harga Mobil Toyota All New Avanza Naik

Kesimpulan

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) tersedia pada dua model terbaru Toyota, yakni All New Avanza dan All New Veloz. TSS di Avanza-Veloz saat ini tidak memiliki kendali pelayaran, tidak seperti TSS di Toyota Raize.

Cruise control adalah fitur yang mengatur putaran mesin agar tetap stabil saat melaju di jalur lurus tanpa perlu menginjak pedal gas. Demikian artikel yang dapat saya ulas, semoga bermanfaat bagi pembaca dimanapun berada, Terimakasih.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button