10 Orang Terkaya di Indonesia Tahun Ini

Teknatekno.com – 10 Orang Terkaya di Indonesia? Siapa saja ya? Berikut penjelasan lebih detailnya. Forbes telah merilis daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun ini. Forbes adalah majalah bisnis dan keuangan Amerika yang dibuat pada tahun 1917 oleh B.C. Forbes.

Siapa Saja 10 Orang Terkaya di Indonesia

Siapa Saja 10 Orang Terkaya di Indonesia?

Dilansir dari situs Forbes, berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia tahun 2021:

1. R. Budi Hartono & Michael Hartono

Rp 555,8 triliun (USD 38,8 miliar) adalah perkiraan kekayaan bersih saudara-saudara Hartono. Mereka memperoleh sebagian besar kekayaan mereka melalui investasi di Bank Central Asia (BCA) (BCA).

Namun, fondasi kekayaan keluarga Hartono berawal dari bisnis rokok Djarum yang dirintis oleh ayah mereka dan saat ini ditangani oleh putra sulung Budi, Victor Hartono. Polytron, sebuah perusahaan elektronik terkenal, juga dimiliki oleh keluarga ini, sebagai bagian penting dari real estate Jakarta.

2. Widjaja’s Family

Menurut Forbes, keluarga Wijaya memiliki kekayaan bersih $ 11,9 miliar, yaitu sekitar Rp 170,6 triliun (setara dengan kekayaan lokal). Keluarga ini mewarisi kerajaan bisnis Eka Tjipta Widjaja yang meninggal pada 2019 dalam usia 98 tahun. Eka, begitu ia disapa, adalah seorang imigran Tionghoa di Indonesia, ia memulai bisnisnya dengan berjualan kue sejak kecil.

Eka juga dikenal sebagai pendiri grup Sinar Mas yang bergerak di bidang kertas, real estate, jasa keuangan, pertanian, dan telekomunikasi. Setelah dia meninggal, keempat putranya yang tertua mewarisi kerajaan bisnis yang telah dia dirikan, sementara anak-anaknya yang lain memulai bisnis mereka sendiri.

3. Prajogo Pangestu

Pria berusia 77 tahun ini masuk kedalam daftar 10 orang terkaya di Indonesia yang kekayaannya diperkirakan bernilai USD 6 miliar atau Rp 86 triliun. Dia adalah putra seorang pedagang karet dan memulai bisnis kayu pada akhir 1970-an.

Perusahaannya, Barito Pacific Timber, resmi diluncurkan pada 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific pada 2007. Pada tahun yang sama, Barito Pacific membeli 70 persen kepemilikan di perusahaan petrokimia Chandra Asri. Produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia, Chandra Asri, terdaftar pada tahun 2011.

4. Anthony Salim

Anthoni Salim tercatat memiliki kekayaan USD 5,9 miliar atau Rp. 84,6 triliun. Dia adalah kepala grup Salim yang berinvestasi di berbagai bidang, termasuk perbankan, makanan, dan telekomunikasi.

Gelar lain yang dimiliki individu ini adalah “CEO Indofood”, yang memiliki perkiraan perusahaan senilai Rp77,3 triliun ($5,4 miliar). Di ranah mi instan, Indofood dianggap sebagai pemain utama.

5. Sri Prakash Lohia

Pria berusia 69 tahun ini mengumpulkan kekayaan USD 5,6 miliar atau setara dengan sekitar Rp 80,3 triliun. PET dan petrokimia lainnya membuatnya mendapatkan banyak uang.

Ketika dia dan ayahnya meninggalkan India ke Indonesia pada 1970-an untuk memulai Indorama Corporation, mereka melakukannya dengan bantuan mitra perusahaan mereka.

Orang terkaya kelima dari 10 orang terkaya di Indonesia ini telah mengembangkan Indorama Corporation menjadi perusahaan produksi listrik petrokimia, produsen barang-barang industri termasuk pupuk poliolefin, bahan baku tekstil, dan sarung tangan medis.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

1 2Next page
Back to top button