Pengertian Polis Asuransi Fungsi dan Jenisnya

Teknatekno.com – Dalam artikel kali ini kami akan membahas pengertian polis asuransi beserta fungsi dan jenisnya. Sebagai pilihan investasi, asuransi banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini terlihat dari meningkatnya popularitas asuransi, yang menjadi lebih mudah diakses oleh demografis yang lebih muda.

Tentu saja, fenomena ini harus diimbangi dengan kesadaran masyarakat akan asuransi agar masyarakat dapat memilih jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka dan perusahaan asuransi yang sudah mapan terpercaya.

Polis asuransi adalah salah satu dari beberapa istilah yang sering digunakan dalam industri asuransi yang terkait dengan calon pelanggan yang ingin membeli asuransi.

Pengertian Polis Asuransi

Pengertian Polis Asuransi

Banyak yang masih salah membaca polis asuransi dan tarif asuransi. Padahal kedua item ini memiliki arti yang berbeda meskipun saling berkaitan. Polis asuransi adalah dokumen hukum yang mengikat pemegang polis atau nasabah serta perusahaan asuransi dalam suatu perjanjian tertulis.

Perjanjian ini mencakup semua syarat, hak dan kewajiban masing-masing pihak, serta persyaratan konsep operasi asuransi yang akan dilaksanakan.

Secara tidak langsung, makalah ini berfungsi sebagai bukti perjanjian yang sah antara pelanggan dan perusahaan asuransi. Baik kepentingan nasabah maupun perusahaan asuransi dilindungi oleh polis.

Apa Arti Nomor Polis?

Ketika Anda membeli produk asuransi, Anda akan mendapatkan nomor polis. Jadi, nomor polis ini merupakan pengenal unik yang diberikan kepada pemegang polis sebagai tanda pengenal bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai nasabah asuransi secara sah dan sah.

Transaksi dan identifikasi pelanggan akan dimungkinkan dengan menggunakan nomor polis ini di masa mendatang.

Identitas lengkap pelanggan dapat diketahui oleh perusahaan asuransi hanya dengan menggunakan nomor polis yang disediakan.

Ketersediaan nomor polis ini juga terkait dengan klaim dan prosedur verifikasi data. Anda berhak menolak polis asuransi jika nomor asuransi tidak sesuai dengan nomor yang diberikan di awal kontrak.

Fungsi Polis Asuransi

Setelah mengetahui pengertian polis asuransi, sangat penting bagi nasabah dan perusahaan asuransi untuk memahami isinya secara keseluruhan untuk mencegah kerugian di kemudian hari akibat kesalahpahaman isi dari jenis asuransi yang Anda beli. Akibatnya, fungsi yang dimainkan oleh masing-masing pihak berbeda-beda.

Fungsi Polis Bagi Nasabah

Polis asuransi memiliki fungsi bagi nasabah, yaitu:

  • Sebagai alat bukti tertulis atas jaminan penanggungan berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung yang tertulis dalam polis.
  • Sebagai bukti pembayaran premi yang diberikan kepada pihak perusahaan asuransi
  • Sebagai bukti otentik untuk menuntut penanggung jika suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan yang menjadi hak nasabah.

Fungsi Polis Bagi Perusahaan Asuransi

Sedangkan bagi perusahaan asuransi, polis berfungsi sebagai berikut:

  • Sebagai bukti tanda terima premi asuransi yang dibayarkan oleh pihak tertanggung
  • Sebagai bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada tertanggung
  • Sebagai bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh tertanggung jika tidak memenuhi syarat polis.

Jenis Polis Asuransi

Setiap perusahaan asuransi menawarkan berbagai pilihan perlindungan asuransi kepada pelanggannya. Sebagai hasil dari berbagai polis asuransi yang tersedia, nasabah dapat menentukan mana yang paling sesuai dengan jenis perencanaan investasi khusus mereka.

Berikut ini beberapa jenis Polis Asuransi yang umumnya terdapat dalam satu perusahaan asuransi:

1. Polis Kendaraan Bermotor

Polis Kendaraan Bermotor dimaksudkan untuk menawarkan perlindungan asuransi atas kendaraan bermotor milik tertanggung yang terdaftar. Hal ini memungkinkan perusahaan asuransi untuk mengcover polis asuransi mobil ke motor dengan kerugian yang mungkin terjadi pada kendaraan di kemudian hari.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button