Aplikasi Pencari Hp Hilang Dengan Imei

Cara Melacak Ponsel yang Hilang Menggunakan IMEI

Melacak ponsel android yang hilang melalui IMEI bukanlah proses yang mudah dan murah. Dalam melacak sebuah ponsel menggunakan IMEI-nya, kita perlu memiliki akses ke banyak menara BTS yang semuanya terhubung secara bersamaan ke ponsel.

Triangulasi BTS adalah metode pelacakan khas untuk ponsel cerdas yang mendukung IMEI. Disebut triangulasi karena dibutuhkan setidaknya 3 BTS yang terhubung ke ponsel untuk mendapatkan lokasi yang lebih tepat.

Base Transceiver Station, atau BTS, adalah istilah teknis untuk apa yang sering kita sebut sebagai menara sinyal. Setiap operator seluler memiliki BTS masing-masing, yang tugasnya menghubungkan ponsel kita ke jaringan seluler operator yang kita gunakan.

BTS ini mudah dideteksi karena umumnya dicat dengan warna merah putih. Tidak mungkin melacak seseorang jika ponselnya tidak dihidupkan, tetapi bagaimana jika tidak? Karena hp mati tidak bisa mengirim sinyal apapun, jawabannya jelas tidak.

Sebelum pelacakan menggunakan triangulasi BTS, pelacak membutuhkan data sensitif seperti nomor ponsel atau IMEI untuk mengidentifikasi perangkat, dan LAC dan CID yang penting untuk mengidentifikasi wilayah pencarian.

Data ini selalu dipasok oleh ponsel kami setiap kali terhubung ke menara BTS, maka entitas yang menyimpan data ini adalah penyedia seluler. Data ini bersifat rahasia, operator tidak akan memberikannya kepada publik atau pihak yang tidak berwenang.

Setelah itu, pelacak akan memanfaatkan tiga menara BTS yang paling dekat dengan ponsel yang ingin kamu lacak dan terhubung secara bersamaan.

Setiap menara BTS digunakan untuk menentukan jarak antara ponsel dan menara dengan mengukur waktu yang dibutuhkan sinyal dari ponsel untuk mencapai menara, dan dengan menggunakan 3 menara, perkiraan lokasi akan lebih tepat.

Pelacak tetap harus menentukan rentang pencarian untuk mendapatkan lokasi yang akurat menggunakan metode ini. Masih lebih akurat Google Maps yang memanfaatkan GPS jika sinyalnya bagus.

Jadi Apakah Bisa Melacak Hp dengan IMEI?

Kamu bisa secara teknis tetapi prosedurnya sulit dan mahal. Pelacakan handphone dengan IMEI tidak akan dilakukan kecuali memiliki nilai urgensi yang tinggi, jika hanya karena ada yang kehilangan handphone, saya rasa pihak provider tidak mau repot.

Melacak hp dengan IMEI juga tidak bisa dilakukan oleh orang awam karena membutuhkan akses ke tower BTS. Jadi lupakan saja ide kalian untuk pencari hp hilang dengan IMEI karena kita tidak akan bisa melakukannya.

Begitu pula dengan situs atau aplikasi yang menjanjikan bisa melacak ponsel hanya dengan copy-paste IMEI, tentu saja bohong.

Kesimpulan

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan pengenal unik (15 digit) yang penting untuk mengidentifikasi perangkat di suatu jaringan.

Artikel ini menjelaskan mengapa dan bagaimana nomor IMEI dapat digunakan untuk melacak ponsel. Itu juga dapat mengidentifikasi lokasi perangkat jika diperlukan bantuan lebih lanjut.

Cara melacak hp yang hilang menggunakan IMEI. Melacak ponsel android yang hilang melalui IMEI bukanlah proses yang mudah dan murah.

Pages: 1 2Show All

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like