Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Gratis di Android

Teknatekno.com – Jika dulu buku hanya di dapatkan di perpustaakan dan gramedia, kini buku bisa di dapatkan di smartphone dalam bentuk aplikasi baca buku. Teknatekno kali ini akan memberikan rekomendasi aplikasi baca buku gratis di android

Siapapun, dari anak kecil hingga orang dewasa hingga orang tua, dapat menikmati membaca buku. Alasan individu membaca buku juga bervariasi. Mulai dari belajar di sekolah agar lebih bijak, meningkatkan kemampuan kerja di tempat kerja, belajar agama, sebagai media hiburan (novel dan komik) dan tujuan lainnya.

Ketika seseorang ingin membaca kembali buku favorit mereka di buku, mereka dapat membelinya dari toko buku atau meminjamnya dari perpustakaan sekolah mereka.

Dimana jika kita meminjam buku di perpustakaan ada batasan waktu pengembaliannya sehingga pengguna tidak leluasa untuk membacanya. Kemudian dengan menonjolnya mesin pencari Google di awal tahun 2000-an, pengguna dapat membaca buku digital secara online di perangkat komputer.

Atau kamu juga bisa membaca e-book secara offline dengan cara mendownloadnya, kemudian buku digital tersebut dibuka menggunakan program membaca file pdf seperti adobe reader. Karena kemajuan pesat dalam internet dan teknologi dunia, sekarang dimungkinkan untuk mencari dan membaca buku di perangkat Android.

Tekniknya sendiri bisa melalui membaca buku melalui web browser atau menggunakan aplikasi pembaca buku yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Sebelum kami menjelaskan daftar aplikasinya, kali ini kami akan menjelaskan apa itu aplikasi membaca buku online.

Apa itu Aplikasi Baca Buku Online?

Aplikasi Membaca Buku Online merupakan aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk mencari dan membaca buku-buku favorit dengan beragam topik seperti novel, dongeng, sains, dan lain-lain. Yang dapat dibaca secara online atau offline dengan mengunduhnya. Dimana tampilan buku tersebut dapat berupa file ebook (pdf) atau dapat juga berupa suara (audio book) (audio book).

Setelah kami mengetahui apa itu aplikasi membaca buku online, kami dapat melanjutkan. Pada kali ini kami akan membahas daftar aplikasi yang dapat digunakan pengguna untuk membaca buku di smartphone Android secara gratis. Daftar aplikasi akan diberikan sebagai berikut.

Rekomendasi Aplikasi Baca Buku untuk Android

Berikut beberapa aplikasi baca buku gratis:

Google Play Book

Google Play Book

Aplikasi baca buku gratis yang pertama yaitu Google Play Book. Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar dunia di bidang internet bernama Google LLC.

Kami dapat mencari semua buku favorit kami dan kemudian membaca atau mendengarkannya secara gratis menggunakan aplikasi ini. Lebih dari satu juta judul sekarang dapat diakses dalam format cetak dan audio. Kami akan membahas beberapa fitur aplikasi secara lebih rinci di bawah ini.

Fitur Aplikasi Google Play Book

  1. Read. Dengan fitur ini kita dapat membaca semua buku yang ada di dalam aplikasi seperti buku teks, komik, novel, dll secara online. Mengunduh buku terlebih dahulu memungkinkan kita membacanya saat tidak terhubung ke internet.
  2. Preview. Dengan fitur ini kami dapat melihat pratinjau buku-buku premium di katalog aplikasi
  3. Favorite. Kami dapat menggunakan fitur ini untuk menyimpan halaman atau buku favorit di perpustakaan kami yang akan menjadi hidup ketika kami menggunakan fitur Bubble Zoom.
  4. Notes. Akun Google Drive kami secara otomatis disinkronkan (ditautkan) dengan catatan yang kami buat di buku yang kami baca saat menggunakan fitur ini. Dan kami dapat membagikan catatan ini dengan grup media sosial di aplikasi lain
  5. Night Light. Saat membaca buku larut malam, kami dapat menggunakan fitur ini untuk secara otomatis mengatur warna dan kecerahan latar belakang layar untuk mencegah ketegangan mata dan gangguan malam.
  6. Audio Books. Dengan fitur ini kita dapat mendengarkan buku dalam bentuk audio (suara).
  7. pickup. Fitur ini memungkinkan kita untuk melanjutkan membaca halaman atau bagian sebelumnya yang kita baca. Agar kita tidak dipaksa membaca di awal buku

Aplikasi Google Play Book memiliki nilai rating 4,1 pada layanan Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memiliki smartphone Android versi 4.4 dan lebih tinggi. Aplikasi Google Play Book memiliki ukuran file 9,4 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 1 miliar pengguna.

Download

Amazon Kindle

Amazon Kindle

Aplikasi kedua yang akan kami jelaskan untuk membaca buku dan komik online gratis di HP Android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Amazon Kindle. Amazon Mobile LLC, sebuah perusahaan perangkat lunak yang berbasis di AS, menciptakan aplikasi Kindle untuk e-reader.

Jutaan ebook, termasuk buku teks, majalah, dan komik, dapat dibaca dengan program ini. Selain itu, kita juga dapat mendengarkan buku audio (audible) yang dapat didengarkan dimana saja dan kapan saja seperti saat istirahat, di tempat tidur, di dalam bus, dll.

Fitur Aplikasi Amazon Kindle

  1. Search Kindles, masukkan kriteria pencarian kamu di bawah ini. Kami dapat menggunakan fitur ini untuk mencari buku tertentu hanya dengan memasukkan judulnya ke dalam bilah pencarian.
  2. Read Kindle. Dengan fitur ini kita dapat memilih dan membaca 6 juta buku pilihan yang dapat diakses di aplikasi amazon kindle. Seperti buku teks, majalah, komik, buku audio dan jenis buku lainnya. Kami juga dapat melihat daftar buku yang baru saja diluncurkan dan buku terlaris di peringkat amazon dengan genre yang berbeda seperti roman, fiksi ilmiah, buku anak-anak, buku agama, dll.
  3. Look Up Words. Dengan fitur ini kita dapat melihat arti tulisan yang tidak kita pahami saat membaca buku. Yang langsung dijelaskan oleh aplikasi menggunakan google translate atau wikipedia
  4. Track Your Reading Progress. Kami dapat menyimpan fitur berapa banyak buku yang telah kami baca dan seberapa sering. Dan perhatikan berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk membaca buku
  5. Bookmark. Selain menyimpan dan menkamui buku yang disukai untuk dibaca nanti, kita juga bisa menulis catatan di buku menggunakan fitur ini.
  6. Zoom in Dengan fitur ini kita dapat memperbesar grafik, warna dan teks saat kita membaca buku, majalah, komik, manga di aplikasi Kindle
  7. Sync Your Books. Dengan fitur ini kita dapat menghubungkan buku yang kita baca ke perangkat lain seperti tablet, smartphone dan pc
  8. Audible Book. Ketika anak-anak masih belum mahir membaca, maka kami dapat memberikan buku audio untuk didengarkan, agar anak-anak tetap mengerti apa yang termasuk dalam buku tersebut.
  9. Notified. Ketika sebuah buku baru oleh penulis favorit diterbitkan, ponsel kami akan mendapatkan pemberitahuan langsung melalui aplikasi Amazon Kindle.

Aplikasi Amazon Kindle memiliki nilai rating 4,7 pada layanan Google Play Store. Semua pengguna harus memiliki smartphone Android dengan setidaknya versi 5.0. Aplikasi Amazon Kindle memiliki ukuran file 51 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna.

Download

Goodreads

Aplikasi Goodreads

Goodreads adalah aplikasi baca buku yang sangat cocok kamu gunakan di smartphone kamu. Aplikasi Goodreads dikembangkan oleh sebuah bisnis penerbitan Amerika bernama Goodreads yang dimiliki oleh Otis Chandler.

Seperti fitur Goodreads berbasis web, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencari, membaca, dan menyarankan buku kepada teman-teman mereka dan jutaan pembaca lain yang menggunakannya.

Dengan lebih dari 75 juta pengguna telah menambahkan 2,2 miliar buku ke rak mereka. Adapun beberapa fitur aplikasi yang ditawarkan seperti di bawah ini.

Fitur Aplikasi Goodreads

  1. Scanbook. Kami dapat membaca resensi buku dan menambahkannya ke rak buku virtual kami dengan memindai sampul buku.
  2. Browse. Dengan fitur ini kita bisa mencari buku di aplikasi berdasarkan genre sehingga kita bisa menemukan buku yang lebih disukai
  3. See Friend, saya akan memberi tahu kamu daftar buku yang sedang dibaca oleh teman-teman dapat dilihat menggunakan fitur ini.
  4. Buy or Borrow. Dengan menggunakan tautan yang disediakan, kami dapat membeli atau meminjam buku favorit kami langsung dari aplikasi.
  5. Catalog. Kami dapat menggunakan fitur ini untuk mencari, menilai, dan mengomentari semua buku dalam katalog aplikasi.
  6. Reading Challenge.. Dengan adanya fitur ini kita bisa menghadapi tantangan agar kita bisa lebih terpacu untuk banyak membaca buku di dalam aplikasi
  7. Discuss. Pesan, ulasan, dan klub membaca semuanya dapat digunakan untuk mendiskusikan buku-buku yang sekarang dapat diakses.
  8. Recommended. Kami dapat membagikan buku yang telah kami baca dengan teman sosial kami menggunakan fitur ini.

Aplikasi Goodreads memiliki nilai rating 3,7 pada layanan Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memiliki smartphone Android versi 6.0 ke atas. Lebih dari 10 juta pengguna telah mengunduh aplikasi Goodreads 19 megabyte dari Google Play Store.

Download

Librera

Aplikasi Librera

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membaca buku online gratis di smartphone android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Librera. Librera, sebuah perusahaan aplikasi aplikasi Android yang dikembangkan di Ukraina, menciptakan aplikasi Librera.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat memilih dari berbagai genre dan membaca ribuan ebook dari perpustakaan aplikasi.

Selain itu, kami dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuka file e-book dalam berbagai format, termasuk PDF, EPUB, TXT, RTF, HTML, XPS, dan CBR, di ponsel Android kami. Adapun beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi ini sebagai berikut.

Fitur Aplikasi Librera

  1. Perpustakaan. Dimungkinkan untuk melakukan pencarian luas atas semua buku dan dokumen elektronik di perpustakaan aplikasi menggunakan fitur ini.
  2. Reading Setting. Kami dapat mengatur fitur ebook yang sedang kami baca dengan mengubah warna latar belakang dan warna font. Selain itu, kita juga dapat membuat pengaturan tampilan agar pengguna lebih nyaman saat membaca ebook seperti mode malam, pemilihan font, penyesuaian kecerahan, perataan teks, dll.
  3. Mode Unik Untuk Musisi. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh musisi untuk mendengarkan buku audio musik yang bergulir secara otomatis ke halaman berikutnya dan pengguna juga dapat melihat not-not tentang musik seperti kunci gitar yang dilengkapi dengan gambar blok not-not musik.
  4. Learning Foreign Language, Dengan fitur ini kita dapat mendengarkan buku audio yang dipilih menggunakan pemutar media yang disertakan dalam aplikasi. Selain itu, kami juga dapat menerjemahkan istilah asing saat membaca e-book menggunakan google translate
  5. PDF Reader. Aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna untuk membaca file pdf yang kita miliki. Dengan pengelola file, pencarian, mode malam, bookmark, pembacaan suara, seret halaman, dan lebih banyak fitur.
  6. Comic Book View. Kita sekarang bisa membaca komik digital dalam format CBR dan CBZ yang sudah kita download. Selain itu, kita juga dapat memeriksa thumbnail komik sebelum membacanya dan tombol tutup untuk menutup komik

Google Play Store memberi aplikasi Librera peringkat 4,4 bintang dari lima. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memiliki smartphone Android versi 4.0 ke atas. Aplikasi Librera memiliki ukuran file 16 MB dan telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Download

Gramedia Digital

Gramedia Digital

Aplikasi baca buku bernama Gramedia Digital dikembangkan oleh perusahaan percetakan terbesar di Indonesia bernama PT. Gramedia Asri Media.

Lebih dari 100.000 e-book, termasuk majalah, surat kabar, buku digital, dan banyak lagi, tersedia untuk dibaca melalui aplikasi ini, termasuk topik seperti bisnis, fiksi, sastra anak, desain, gosip, dan banyak lagi. Kami akan membahas beberapa fitur aplikasi secara lebih rinci di bawah ini.

Fitur Aplikasi Gramedia Digital

  1. Jelajah. Dengan fitur ini, kami dapat mencari buku terlaris, majalah terpopuler, dan koran langganan kami di toko Gramedia Digital. kamu dapat menemukannya dengan menggunakan bilah menu atau bilah pencarian.
  2. nostalgia. Kami sekarang dapat membaca surat kabar dan majalah yang sudah tidak dicetak lagi berkat fitur ini.
  3. Pengaturan Halaman Ebook. Dengan fitur ini, kita dapat mengatur halaman saat membaca ebook, seperti memanfaatkan fitur zoom, mengatur ukuran teks, penkamu halaman, dan night mode agar mata pengguna tetap nyaman saat membaca ebook di malam hari.
  4. Parental Control. Dengan menggunakan fitur ini, kami dapat mengarahkan aplikasi untuk hanya mengatur buku yang ditujukan untuk keluarga dan anak-anak, daripada buku yang ditujukan hanya untuk orang dewasa (+18).
  5. Majalah digital Dengan fitur ini, kita dapat mencari dan membaca majalah digital terkemuka dari berbagai genre, seperti Majalah BOLA dan GATRA.
  6. Koran Digital.. Dengan fitur ini kami dapat membaca surat kabar langganan kami di aplikasi seperti Surat Kabar Harian Kompas, Jawa Pos, Tribun, Harian Rakyat Merdeka, Sindo dan surat kabar lainnya.
  7. Buku Digital.. Buku digital dari ratusan penerbit terkenal, seperti Gramedia Pustaka Utama, Penerbit Buku Kompas, Mizan Publica, Disney and Galang Press dan Dian Rakyat kini dapat dibaca di perangkat kami berkat fitur praktis ini!

Aplikasi Gramedia Digital memiliki nilai rating 3.6 pada layanan Google Play Store. Semua pengguna harus memiliki smartphone Android dengan setidaknya versi 5.0. Lebih dari satu juta pengguna telah mengunduh aplikasi Gramedia Digital 45 MB dari Play Store.

Download

Novel Toon

Novel Toon

Aplikasi keenam yang akan kami jelaskan untuk membaca novel dan buku online gratis di hp android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Novel Toon. Aplikasi baca buku ini dikembangkan oleh Noveltoon, sebuah perusahaan penerbitan buku digital Cina.

Dengan aplikasi ini kita dapat membaca novel-novel Indonesia terbaik dan ebook offline gratis dengan banyak genre seperti humor, kontemporer, perjalanan waktu, fantasi, romansa, kehidupan sekolah dan lain-lain. Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini adalah sebagai berikut.

Fitur Aplikasi Novel Toon

  1. Membaca novel. Ada lebih dari 400.000 novel favorit kami yang dapat diakses untuk dibaca secara online dalam aplikasi genre berkat fitur ini.
  2. Komunitas dan Rate. Dengan fitur ini kita dapat bergabung dengan komunitas webnovel dan mendiskusikan cerita dengan penggemar novel. Selain itu, kami dapat memberikan peringkat bintang kepada penulis favorit kami.
  3. Library. Fitur ini memungkinkan kami untuk menyimpan buku-buku favorit kami sehingga kami dapat membacanya kapan pun dan di mana pun kami memilih, di mana pun kami berada atau apa yang kami lakukan.
  4. Menjadi Penulis. Dengan fitur ini kami dapat membuat novel kami sendiri dan kami memainkan peran sebagai penulis. Jika novel kita berhasil, maka kita akan memperoleh pendapatan yang cukup dan mungkin novel kita akan dibuat komedi

Google Play Store memberikan Novel Toon skor 4,4 dari 5 bintang. Pengguna harus memiliki smartphone Android yang menjalankan versi 4.2 atau lebih tinggi untuk menggunakan perangkat lunak ini. Lebih dari 5 juta pengguna telah mengunduh Novel Toon, aplikasi 23 MB.

Download

Ipusnas

Aplikasi Ipusnas

Aplikasi baca buku selanjutnya bernama IPusnas. Perpustakaan Nasional milik pemerintah di Indonesia mengembangkan IPusnas. Ini adalah aplikasi pencarian sumber terbuka dan gratis. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membaca ribuan koleksi buku digital Perpusnas secara gratis dalam berbagai genre.

Selain itu, kami juga dapat terhubung dengan pengguna lain seperti di aplikasi jejaring sosial. Adapun beberapa fitur yang disediakan aplikasi ini akan kami jelaskan sebagai berikut.

Fitur Aplikasi IPusnas

  1. Koleksi Buku. Ada puluhan ribu genre buku digital yang tersedia bagi kami, dan kami dapat membaca dan meminjam semuanya dengan satu klik menggunakan fitur ini.
  2. Perpustakaan Elektronik. Untuk mengakses berbagai koleksi buku, kami sekarang dapat menggunakan fitur ini untuk bergabung menjadi anggota di banyak perpustakaan digital.
  3. Umpan. Dengan fitur ini kami dapat mengamati semua tindakan pengguna IPunas lain seperti informasi buku terbaru, buku yang dipinjam oleh pengguna lain dan menulis komentar.
  4. E-Pembaca. Dengan menggunakan fitur ini, smartphone Android kita dapat membaca file ebook PDF yang telah kita download dan simpan ke memori internal ponsel.
  5. Rak buku. Dengan fitur ini, kami dapat memanfaatkan Rak Virtual milik pribadi yang menyimpan riwayat peminjaman buku, sehingga memudahkan pengguna jika ingin kembali membaca buku yang telah dipinjam di kemudian hari.

Menurut Google Play Store, IPusnas memiliki rating kepuasan aplikasi sebesar 3,5. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memiliki smartphone Android versi 4.1 ke atas. Lebih dari satu juta pengguna telah mengunduh aplikasi IPusnas 26 MB sejauh ini.

Download

Bookmate

Aplikasi Bookmate

Aplikasi kedelapan yang akan kami jelaskan untuk membaca komik dan novel gratis di hp android adalah dengan memanfaatkan aplikasi bernama Bookmate. Aplikasi Bookmate dikembangkan oleh bisnis pengembangan android Irlandia bernama Bookmate.

Pengguna dapat mengunduh buku favorit mereka dan membacanya baik online maupun offline dengan aplikasi ini. Buku dalam berbagai bahasa juga tersedia untuk didengarkan pengguna. Adapun beberapa fitur yang disediakan aplikasi ini akan kami jelaskan sebagai berikut.

Fitur Aplikasi Bookmate

  1. Baca buku. Dengan fitur ini kita dapat membaca buku yang dapat diakses di aplikasi baik online maupun offline dalam 12 bahasa. Baik itu sastra laris, komik, novel, atau manga,
  2. Audio book. Dengan fitur ini, kita dapat mendengarkan buku berformat audio (suara) melalui berbagai macam bahasa seperti bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
  3. Recomended. Fitur ini memungkinkan kami membaca buku terbaik yang telah disarankan oleh para profesional, teman, dan editor kepada kami. Dan buku yang baru diterbitkan akan memberi kami informasi terbaru
  4. Multiplatform. Buku digital ebook yang diunduh dapat dibaca melalui berbagai platform, baik itu smartphone, tablet, dan komputer
  5. Berikan cerita. Dengan fitur ini kita dapat bertukar buku, kutipan favorit, tayangan dan mendapatkan suka dari pengguna lain sehingga kita dapat menambah teman
  6. Pengaturan tampilan. Dengan fitur ini kami dapat mengubah halaman buku yang kami baca. Bagaimana dengan mengubah atau mengubah tampilan atau mengubah warna latar atau gaya font, misalnya?

Aplikasi Bookmate memiliki nilai rating 4.0 pada layanan Google Play Store. Untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna diharuskan memiliki smartphone Android versi 5.0 ke atas. Lebih dari satu juta pengguna telah mengunduh aplikasi Bookmate 21 MB.

Download

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi baca buku.

Apa Itu Membaca Buku?

Membaca adalah kegiatan yang melibatkan melihat apa yang tertulis dan menafsirkan isi teks dengan keras atau diam-diam. Membaca adalah ekspresi imajinasi pembaca yang dinikmati oleh masyarakat umum dan juga dipahami oleh orang yang dicintai.

Apa Manfaat dari Membaca Buku?

Manfaat membaca buku antara lain melatih otak untuk berpikir lebih kritis dan memahami kesulitan yang disajikan dalam apa yang kita baca. Kita bisa memiliki akses atau kesempatan untuk memasuki kisah dan berkontribusi pada kemajuannya.

Mengapa Buku Sangat Penting Bagi Kita?

Buku adalah sumber pengetahuan yang dapat memperluas perspektif kita tentang mata pelajaran seperti sains, ekonomi, masyarakat, budaya, politik, dan aspek kehidupan lainnya. Selain itu, membaca dapat membantu membentuk masa depan dan meningkatkan kecerdasan pikiran dan pemikiran kita.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi dari Teknatekno seputar aplikasi untuk membaca buku secara gratis. Buku itu penting karena kita mendapatkan perspektif yang lebih luas tentang dunia ketika kita suka membacanya.

Ada 8 aplikasi baca buku yang bisa digunakan pengguna untuk membaca buku di smartphone Android secara gratis, tapi jika kamu ingin membeli buku di Google Play, kamu bisa simak artikel yang sudah pernah kami bahas sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button