Aplikasi Android yang Berguna Bagi Pelajar

Teknatekno.com – Ada beberapa aplikasi android untuk pelajar yang membantu dalam belajar. Teknatekno menghadirkan semuanya dalam beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat bagi siswa.

Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi anak-anak seperti siswa SMP, SMA, bahkan mahasiswa untuk mempermudah belajar. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari alat yang dapat digunakan siswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka? Simak testimoni berikut ini.

Rekomendasi Aplikasi Android Untuk Pelajar

Berikut ini adalah aplikasi yang berguna bagi para pelajar di android:

1. WPS Office

WPS Office

Seperti Microsoft Office yang biasanya selalu tersedia di PC setiap orang, WPS Office juga memiliki program yang harus dimuat di ponsel siswa. WPS Office dapat mengubah ponsel Android menjadi kantor mini, sehingga lebih sederhana dan efisien untuk bekerja atau belajar online.

WPS Office sendiri adalah suite kantor lengkap yang menggabungkan Word, PDF, Excel, PowerPoint, formulir dan penyimpanan cloud, galeri template, dan pengeditan & berbagi online. Selain itu, WPS Office dapat berintegrasi dengan Google Classroom, Zoom, Slack & Google Drive.

WPS Office hadir dengan banyak alat yang berguna. Tidak mengherankan aplikasi ini mungkin memakan banyak ruang disk. Jadi, sebelum kamu mengunduh aplikasi, periksa untuk melihat apakah ponsel kamu memiliki persyaratan minimum agar dapat berfungsi dengan baik.

Download

2. Smart Ruler

Smart Ruler

Siswa yang sering lupa membawa penggaris ke kelas atau yang sedang belajar teknik mungkin menganggap penggaris sebagai perangkat lunak yang sangat berguna. Aplikasi Penggaris Cerdas ini adalah aplikasi fungsional dan gratis yang memberikan penggaris di smartphone. Bagaimana bisa?

Menggunakan aplikasi android ini, penggaris akan muncul di layar ponsel kamu. Ini “penggaris pintar” tampaknya menjadi penggaris dalam penampilan, dan itu akan menunjukkan setiap baris pada interval cm, mm, dan meter.

Download

3. Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader

Kertas dan buku telah kehilangan daya pikatnya di era digital saat ini, dan banyak orang beralih ke ebook. Format paling umum untuk membaca ebook adalah PDF.

Itulah mengapa aplikasi pembelajaran lain yang sangat bermanfaat datang dari Adobe Acrobat Reader dimana aplikasi ini dapat membaca ebook dalam format PDF.

Tidak hanya bisa membaca ebook, pengguna juga bisa menulis catatan di ebook mereka menggunakan aplikasi ini. Kamu juga dapat dengan cepat mendistribusikan ebook langsung dengan teman-teman yang membutuhkan ebook.

Namun, jika kamu merasa kesulitan membaca ebook di layar smartphone, pengguna masih dapat dengan mudah mencetak ebook terbaru menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader.

Download

4. ColorNote Notepad Notes

ColorNote Notepad Notes

Untuk anak-anak, termasuk SMP, SMA, dan juga pelajar yang sering lupa dengan tugas atau hal lainnya, kamu dapat menggunakan aplikasi Notepad Notes ColorNote sebagai catatan pengingat. Siswa dapat membuat catatan dan menyimpannya di layar kunci ponsel cerdas mereka menggunakan salah satu aplikasi ini.

Menambahkan catatan ke kalender membantu siswa mengingat tanggal jatuh tempo untuk tugas dan rapat dengan profesor. Jika kamu memiliki banyak catatan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu bingung mencari satu per satu catatan yang telah kamu buat.

Alasannya karena aplikasi ColorNote Notepad Notes memberikan alat pencarian untuk menemukan catatan yang telah kamu buat. Mudah, mudah, juga bermanfaat dan gratis.

Download

5. CamScanner

Aplikasi CamScanner

CamScanner adalah aplikasi android yang berguna bagi siswa. Aplikasi yang dapat meningkatkan produktivitas siswa sangat berharga.

Bagi siswa yang tidak memiliki pemindai pada mesin cetak, mereka dapat dengan mudah memindai file atau buku apa pun dengan menangkapnya seperti mengambil foto dengan smartphone. Akibatnya, temuan akan tampak seperti pemindaian. Pengguna juga dapat menyimpan dalam format PDF atau JPEG/JPG.

Kemampuan untuk mencetak langsung dari CamScanner menghilangkan kebutuhan untuk mengunduh atau menginstal perangkat lunak lain.

Download

6. ZOOM Cloud Meetings

ZOOM Cloud Meetings

Aplikasi ini akan memudahkan siswa untuk mengikuti kursus online. Siswa tidak perlu lagi khawatir ketinggalan kelas karena mereka memiliki aplikasi ZOOM di ponsel mereka. Karena tidak semua siswa memiliki smartphone dengan ZOOM, ruang kelas dan aktivitas kelas akan berjalan lebih lancar.

Zoom juga menghadirkan fungsionalitas berbagi layar tidak hanya pada versi PC tetapi juga pada aplikasi Android. Siswa sekarang dapat menggunakan ponsel mereka untuk membuat presentasi PowerPoint secara online.

Download 

7. Google Classroom

Google Classroom

Aplikasi Google Classroom harus dicoba jika kamu mencari cara untuk menghubungkan siswa dan instruktur dengan lancar. Seperti namanya, Google Classroom benar-benar menghadirkan pengalaman kelas virtual untuk memudahkan siswa mengakses materi kelas, mendapatkan tugas pelajaran, dan berkomunikasi dengan profesor.

Guru, di sisi lain, dapat memberikan nilai kepada siswa yang menyelesaikan pekerjaan rumah lebih cepat. Aplikasi ini juga cukup ringan dan mudah digunakan, siapa pun tidak akan kesulitan menggunakan Google Classroom. Tertarik untuk menguji aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta kali ini?

Download

8. Periodic Table

Periodic Table

Aplikasi ini mungkin diperlukan untuk siswa SMP, siswa SMA jurusan IPA, dan siswa jurusan kimia juga sebanding. Kertas tabel periodik tidak diperlukan untuk sesi ini. Siswa yang selalu salah menaruh atau lupa tabel periodik mereka tidak perlu repot membeli penggantinya.

Siswa akan lebih mudah membaca tabel periodik jika memiliki smartphone Android. Bukan sekedar tabel, bahkan isi di setiap tabel dijelaskan oleh aplikasi Periodic Table lho. Desainnya yang lugas dengan kombinasi warna yang jelas dan cerah memudahkan anak-anak untuk memahami meja tersebut.

Download

9. Microsoft

Aplikasi Microsoft

Kebanyakan orang, terutama siswa, mengkamulkan perangkat lunak perkantoran dan alat pengembangan Microsoft. Dengan banyaknya software besutan Microsoft ini tentunya akan semakin memudahkan siswa dalam membantu tugas sehari-hari mereka.

Dalam aplikasi besutan Microsoft Corporation ini ditawarkan beberapa aplikasi, mulai dari Word, Excel, Power Point, Outlook, Note, One Drive, hingga Microsoft Translation.

10. Kalkulator

Aplikasi Android Kalkulator

Siswa di sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan perguruan tinggi dapat memanfaatkan aplikasi baru yang dikembangkan oleh Google Inc. Siswa, terutama mereka yang jurusannya berurusan dengan kesulitan numerik, terkadang memerlukan penggunaan kalkulator.

Kalkulator yang melakukan lebih dari sekadar menambah, mengurangi, membagi, dan menghitung angka. Aplikasi untuk pelajar, Kalkulator dari Google ini diisi dengan perhitungan untuk trigonometri dan perhitungan ilmiah lainnya.

Cocok untuk mahasiswa teknik kan? Jadi mahasiswa tidak perlu membeli kalkulator ilmiah hingga ratusan ribu, cukup dengan aplikasi Kalkulator mereka bisa melakukan perhitungan ilmiah.

Download

11. Dictionary – Merriam-Webster

Dictionary Merriam Webster

Bisa jadi aplikasi android untuk pelajar ini dibutuhkan untuk pelajar dengan jurusan yang ada hubungannya dengan bahasa inggris. Aplikasi Dictionary – Merriam-Webster mungkin diperlukan oleh siswa lain, seperti siswa di sekolah menengah atau sekolah menengah atas.

Seperti namanya, aplikasi ini adalah kamus bahasa Inggris yang cukup bagus untuk meningkatkan produktivitas siswa. Dibandingkan dengan membeli kamus dalam bentuk buku yang besar dan mahal, kamus online gratis ini lebih praktis dan akan selalu update jika ada istilah baru.

Download

12. Google Translate

Google Translate

Jika Merriam Webster membingungkan siswa karena kamusnya dalam bahasa Inggris, kamu dapat mengunduh aplikasi Google Terjemahan di ponsel cerdas kamu. Bahkan jika kamu hanya perlu menerjemahkan kata, aplikasi untuk siswa ini mungkin sangat bermanfaat.

Aplikasi Google bahkan menyediakan berbagai terjemahan dari bahasa dan daerah lain. Cukup lengkap dan bermanfaat. Hanya kuota internet yang tidak terlalu besar yang dibutuhkan pengguna.

Download

13. U Dictionary Kamus

U Dictionary Kamus

Memang benar bahwa kamus lain telah tersedia, namun aplikasi U Dictionary Kamus memiliki beberapa karakteristik yang unik. Dengan menggunakan aplikasi ini, siswa dapat melakukan lebih dari sekadar menerjemahkan kata dan frasa.

U Dictionary Kamus disebut-sebut mampu menerjemahkan secara langsung meski hanya berupa snapshot. Ya, pengguna U Dictionary dapat dengan cepat mengambil foto jika ada kata atau frasa yang tidak dipahami dan kemudian diterjemahkan oleh U Dictionary. Sangat canggih bukan?

Download

14. Timetable (Widget)

Timetable Widget

Siswa biasanya memiliki jadwal kelas yang cukup stabil, belum sekolah dan juga kursus. Ditambah lagi, jika ada tugas sekolah bahkan mereka harus menyisihkan waktu bermain untuk sekedar mengisi daya.

Jadi, untuk membagi waktu sibuk mereka, siswa dapat mencoba mengatur jadwal harian mereka dengan memanfaatkan aplikasi Timetable (Widget). Siswa dapat melacak jadwal harian mereka dengan aplikasi ini. Jadi, Timetable (Widget) cukup berguna untuk mengatur waktu siswa.

Download

15. myHomework Student Planner

myHomework Student Planner

Saking padatnya aktivitas siswa, terkadang mereka juga lalai dalam menyelesaikan pekerjaan rumah atau tugas sekolah yang menumpuk. Jadi, untuk mengatasi tantangan tersebut, kami mengusulkan agar siswa menggunakan aplikasi myHomework Student Planner.

Dalam aplikasinya, myHomework Student Planner siap mengingatkan segala jenis tugas yang harus dikerjakan, seperti pengingat untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Akibatnya, siswa tidak perlu stres karena lupa untuk menyelesaikan tugas mereka.

Download

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi android untuk pelajar.

Apa Saja Aplikasi Yang Bermanfaat?

  1. Grammarly
  2. Duolingo
  3. AirDroid
  4. LastPass Password Manager
  5. Clap to Find
  6. Google Find My Device
  7. CamScanner.

Aplikasi Apa Yang Bagus Untuk Belajar?

  1. Zenius
  2. Ruangguru
  3. CoLearn
  4. Cakap
  5. Rumah Belajar
  6. Kipin School 4.0
  7. Kelas Pintar.

Aplikasi Apa Saja Untuk Pembelajaran Online?

  1. Rumah Belajar
  2. Meja Kita
  3. Icando ICANDO
  4. IndonesiaX
  5. Google for Education
  6. Kelas Pintar
  7. Microsoft Office 365
  8. Ruangguru.

Kesimpulan

Demikianlah rekomendasi aplikasi android untuk pelajar yang bisa Teknatekno rangkumkan untuk kamu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menjadi referensi kamu yang sedang menempuh pendidikan di bangku sekolah.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button