Cara Baca Grafik Crypto dengan Memahami Teori Dow

Teknatekno.com – Walaupun masih dikatakan sebagai pemula, sebaiknya minimal Teknozen harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara baca grafik trading crypto yang baik dan benar. Bagi Teknozen yang baru memasuki dunia trading khususnya crypto tentunya Teknozen harus memiliki ilmu yang cukup dan mumpuni.

Oleh karena itu, dalam artikel ini Teknotekno akan membantu Teknozen menjawab kesulitan kamu terutama bagi pemula yang baru masuk di dunia perdagangan crypto. Namun, sebelum kamu mengetahui cara baca grafik crypto, kamu juga perlu mengetahui tentang teori dan prinsip Dow terlebih dahulu.

Teori Dow

Teori dow adalah teori dasar dari analisis trading yang dipopulerkan oleh Charles Dow melalui Wall Street Journal. Charles Dow merupakan seorang wartawan sekaligus editor di Wall Street Journal. Ia juga merupakan seorang pendiri Dow Jones and Company.

Awal mulanya, teori ini belum berbentuk teori secara konkret, hanya merupakan ilmu untuk menggambarkan pergerakan harga saham. Ilmu ini muncul ketika Charles Dow melihat bahwa harga saham cenderung bergerak naik atau turun dalam tren, dan cenderung bergerak beriringan, meskipun tingkat pergerakannya bisa bervariasi.

Berikut ini adalah empat konsep paling mendasar dalam teori Dow:

  1. Selama dilakukannya penetapan harga pasarlah yang mempertimbangkan semuanya. Segala detail baik itu sebelum maupun yang akan datang telah diintegrasikan dalam harga aset saat ini.
  2. Variabel yang dianggap penting ketika kalian memasuki dunia Crypto adalah mengenai permintaan masa lalu, permintaan masa kini, permintaan masa depan serta segala jenis kebijakan yang memiliki pengaruh pada pasar Crypto.
  3. Pergerakan harga biasanya mengikuti tren baik itu jangka panjang maupun jangka pendek.
  4. Analisis pasar tidak berfokus pada variabel tunggal, akan tetapi lebih berfokus pada harga koin.

Prinsip Teori Dow

Berikut beberapa prinsip yang ada dalam  teori Dow:

1. Pasar Menyerap Segalanya

Dalam teori dow, dijelaskan bahwa pasar menyerap segalanya. Segala informasi atau berita, baik segi ekonomi, politik, dan lain-lain akan tercermin langsung dalam pasar.

Kepanikan atau keoptimisan pelaku pasar secara langsung dapat dilihat dari grafik, baik pada masa lalu atau pada masa sekarang. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang trader untuk mempelajari analisis teknikal.

2. Pasar Memiliki 3 Jenis Tren

Ada tiga jenis tren yang dimiliki pasar, yaitu:

Tren Mayor

Yaitu tren utama yang panjang dan kuat, baik berupa bullish ataupun bearish. tren ini akan terus berlangsung hingga ada sinyal-sinyal pembalikan arah. Umumnya tren ini bertahan antara beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Tren Sekunder

Yaitu tren koreksi yang bergerak melawan tren primer.

Tren Minor

Yaitu tren koreksi yang bergerak melawan tren sekunder. Dengan kata lain, pergerakan harga tren minor sama dengan pergerakan harga tren mayor dan berlawanan dengan pergerakan harga tren sekunder.

1 2Next page

Related Articles

Back to top button