Download Aplikasi untuk Membuat Animasi di Laptop

Teknatekno.com – Baik kamu seorang pemula ataupun seorang profesional di bidang pembuatan animasi, kamu pasti ingin mendownload aplikasi untuk membuat animasi dibawah ini.

Membuat film animasi dengan tangan kamu sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan, dimana suara pada animasi tersebut berasal dari kamu secara bebas, tampilan karakter pada animasi adalah hasil imajinasi kamu.

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi yang fantastis, yang tidak hanya bisa diperoleh secara gratis, tetapi juga memiliki kemampuan yang bisa kamu andalkan dalam membuat animasi.

Link Download Aplikasi untuk Membuat Animasi

Berbagai aplikasi untuk membuat animasi yang akan kita bahas ini, memiliki kemampuan yang sangat baik dari masing-masing kategorinya, yaitu kategori untuk pembuatan animasi 2D maupun 3D.

Jika kamu hobi dan sangat senang untuk membuat animasi, dengan semua kreativitas yang dimiliki, maka dengan adanyanya aplikasi untuk membuat animasi ini kamu bisa mengkonversi ribuan ide-ide di pikiran menjadi kenyataan. Berikut berbagai aplikasi untuk membuat animasi:

1. Aplikasi Pencil

Pencil merupakan software gratis yang bersifat open source. Dengan aplikasi ini kamu bisa membuat animasi 2D dengan mudah.

Aplikasi yang mudah digunakan ini memiliki kapasitas yang bervariasi untuk membuat animasi dalam kategori 2D, ia memiliki beberapa fitur fantastis, yang bisa kamu gunakan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Dengan aplikasi Pencil, kamu bisa memaksimalkan kreativitas kamu, melalui sebuah tool sederhana tetapi inovatif ini. Dengannya kamu bisa sepuasnya membuat grafis 2D dengan penuh warna.

Tampilan aplikasi ini memang sangat sederhana, dengan antarmuka yang terlihat bersih dan rapih sehingga enak dipkamung. Disamping itu, program ini dikemas di dalamnya dengan berbagai tool atau fitur penting.

Ada kemampuan luar biasa yang disediakan oleh aplikasi Pencil, yang merupakan kualitas yang juga ditawarkan oleh perangkat lunak animasi premium lainnya.

Selain mendukung penggunaan banyak lembar, ini memungkinkan penggunaan gambar bitmap dan vektor. Sebelum beralih ke area animasi, kamu bisa menggunakan kumpulan alat ilustrasi untuk mengelola atau membuat gambar grafis.

Beberapa fitur lainnya yang nantinya bisa digunakan, yaitu mengatur tingkat frame rate, pengaturan suara sesuai dengan yang diinginkan dan mengimpor gambar, mengatur dan menambahkan warna pada gambar, dan banyak fitur lainnya.

Kemampuan untuk mengekspor karya seni kamu dalam FLV, SWF, dan format lain adalah keunggulan lain dari aplikasi Pencil ini.

Download software Pencil di situs resminya Pencil2d.org.

2. Creatoon

Creatoon adalah software yang dinilai user-friendly, penggunaannya juga mudah, dengannya kamu bisa membuat animasi 2D, kamu bisa mengedit dengan memotong hingga mamsukan berbagai efek khusus pada karya yang kamu buat.

Meskipun UI aplikasi sederhana dan tampak kuno, itu bisa diandalkan untuk melakukan berbagai tugas canggih, memungkinkannya memberikan hasil yang sangat baik.

Saat menggunakan program Ini, kamu akan melihat tampilan menu di setiap sisi area kerja kamu, hal ini berguna agar memudahkan kamu dalam mengakses berbagai fitur utama dan berguna secara cepat.

Dalam proses pembuatan gambar animasi, kamu bisa secara bebas mengatur frame rate per detik yang juga secara bersamaan mengatur tinggi dan lebar gambar animasi, selain itu kamu nantinya bisa menentukan format file proyek.

Kamu bisa menerapkan efek khusus pada animasi yang dibuat. Selain mempermudah, ada opsi untuk menyimpan proyek secara otomatis setiap lima menit.

Dengan aplikasi untuk membuat animasi ini kamu akan bisa memisahkan komponen animasi pada halaman proyek, di mana kamu bisa membuat modifikasi cepat

Kamu bisa men-tweak ketepatan alat sketsa, yang juga bisa menggunakan tool brush (sikat). Secara keseluruhan, software Creatoon ini berguna agar kamu bisa membuat karya animasi secara mudah dengan dilengkapi fitur canggih. Penggunaan software ini menjadi solusi yang bagus untuk para pemula.

Download aplikasi Creatoon di Softpedia.com.

3. Plastic Animation Paper

Ini merupakan aplikasi untuk membuat animasi terbaik, Plastic Animation Paper menyediakan tool yang canggih dan tidak rumit, yang bisa kamu andalkan untuk mengkonversi ide dan kreativitas yang ada di pikiran kamu menjadi animasi 2D yang indah secara gratis.

Software ini dibuat untuk para ahli pembuat animasi, yang dengannya kamu bisa membuat animasi dengan cepat, keren dan menarik. Aplikasi ini akan memberikan kamu kemudahan dalam mengerjakan projek animasi.

Dalam program ini, selanjutnya kamu bisa mengubah gerakan gambar dengan cepat, menyesuaikan proses sketsa kasar, dan ruang di mana animasi kamu berada.

Aplikasi ini memberi saran real-time dan proses menjadi mudah dalam merencanakans konsep untuk gerakan tertentu (yang kamu inginkan), yang bisa dilakukan secara simple dan cepat.Kamu bisa mengatur urutan tindakan yang akan datang.

Di antara fitur-fitur pentingnya yaitu ruang sketsa, yang mana kamu bisa menambahkan warna pada sketsa, mengubah kecepatan bingkai, memperbesar dan memperkecil dengan bebas dan nyaman, bahkan kamu bisa memasukkan suara.

Setelah selesai menggambar, maka kamu bisa menyimpan dalam format AVI, PNG, TGA, GIF, dan lainnya.

Download software Plastic Animation Paper di situs resminya Animationpaper.com.

4. Synfig Studio

Synfig Studio adalah program open source dan multi-platform yang berfungsi untuk membantu kamu dalam menghasilkan karya animasi 2D. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi Pencil, hanya saja Synfig tampil dengan kurva yang tajam karena fitur avant-garde. Hasil karya yang menakjubkan bisa kamu peroleh dengan aplikasi ini.

Tampilan Synfig Studio terbagi dalam empat jendela terpisah yaitu jendela yang berisi tool, jendela untuk proses pengeditan, jendela navigator, dan jendela parameter.

Dengan berhasil menguasai penggunaan software ini dengan baik dan efisien dalam pemanfaatan fitur-fiturnya, maka kamu nantinya bisa secara membuat animasi, dan film berkualitas tinggi secara profesional. Seperti yang perlu diasah dan dikuasai adalah teknik vector dan bitmap.

Sebagian besar komponen berbasis vektor, dan semua lembar proyek dibuat secara parametrik, pikselasi ditampilkan pada gambar raster yang diimpor alih-alih menempelkan hal-hal sambil menyesuaikan hasil tujuan proyek.

Gambar raster (bitmap image), adalah gambar digital yang terbentuk dari sekumpulan titik penyusun gambar atau pixel. Keyframes animasi bisa secara otomatis ditambahkan, yang bisa menghasilkan gerakan tetap yang keren.

Terdapat teknologi untuk variasi cahaya piksel yang lebih besar, menggunakan High-Dynamic Range Imaging (HDRI) yang selanjutnya bisa memberikan efek pencahayaan dan bentuk warna yang lebih baik.

Synfig menyertakan dukungan komprehensif untuk rute gradien, yang dengannya kamu bisa menerapkan bayangan lembut ke gambar kamu, tanpa harus menggambar animasi pada setiap bingkai secara terpisah. Gradien, transformasi, fraktal, geometris, dan banyak lagi semuanya termasuk dalam banyak lapisan.

Download software Synfig Studio di situs resminya Synfig.org.

5. Aplikasi Stykz

Stykz adalah aplikasi untuk membuat animasi yang luar biasa. Banyak sistem operasi populer, termasuk Windows, Mac OS X, dan Linux, semuanya didukung oleh perangkat lunak ini.

Versi lengkap dari aplikasi ini bisa diunduh sepenuhnya secara gratis, di dalamnya tersedia banyak alat praktis yang berguna untuk membuat animasi yang menakjubkan.

Ini merupakan program yang memungkinkan kamu untuk menyusun animasi, sebelum nantinya menjadi animasi sepenuhnya yang keren. Program ini membantu kamu untuk mengembangkan, mengedit dan melihat kreasi kamu.

Aplikasi Stykz sangat mirip dengan Pivot StickFigure Animator, karena ada banyak kemampuan yang sama-sama membantu keduanya, sementara juga memiliki beberapa fitur uniknya sendiri.

Dalam proyek, kamu memiliki kendali penuh atas detail akhir dari setiap bingkai yang kamu buat. Tidak ada biaya tersembunyi atau lisensi apa pun untuk sepenuhnya memanfaatkan fungsionalitas perangkat lunak Stykz.

Download software Stykz di situs resminya Stykz.net.

6. Aplikasi Blender

Blender adalah aplikasi untuk membuat animasi gratis paling populer. Aplikasi ini digunakan oleh banyak profesional animasi. Pakar video game, artis studio, ilmuwan, pelajar, dan profesional VFX semuanya menggunakan perangkat lunak ini.

Ini adalah software gratis yang bersifat open source, membantu kamu untuk menghasilkan karya animasi 3D yang menakjubkan dan keren, untuk melakukannya benar-benar secara gratis.

Walaupun untuk menguasai penggunaan software ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan latihan yang berkali-kali, namun apabila kamu telah sukses untuk menguasai software ini, meski hanya menguasai 50% dari fungsinya, itu sudah bagus sekali untuk bisa menghasilkan karya animasi 3D yang menakjubkan.

Dalam software Blender terdapat berbagai fitur seperti tool untuk memodifikasi pencahayaan, pemodelan, animasi, prosedur pasca konversi video, dan masih banyak lagi.

Download software Blender di situs resminya Blender.org.

7. Bryce

Bryce bukanlah aplikasi tradisional, kualitasnya cukup bagus dan bisa kamu download secara gratis. Ini benar-benar memberikan fasilitas yang sesuai kebutuhan kamu, yang berdasarkan tingkat proyek kamu. Program ini bekerja sempurna dibandingkan banyak modeling program.

Hanya dalam beberapa menit, siapa pun bisa membuat animasi 3D yang menakjubkan menggunakan aplikasi Bryce ini.

Kamu bisa menambahkan berbagai efek tambahan seperti lanskap dan banyak gambar lainnya, menggunakan komponen karakter DAZ Studio. Kamu juga bisa memberikan efek dalam bentuk alam, air, awan, vegetasi, langit, kabut bebatuan, dll.

Versi gratis dari software Bryce hanya menyediakan fitur terbatas, Adapun jika kamu menggunakan versi pro (berbayar) maka akan diberikan fungsionalitas yang tidak terbatas. Software ini bisa digunakan pada OS Mac dan Windows.

Download software Bryce di situs resminya Bryce3d.co.uk.

8. Aurora 3D Animation Maker

Ini adalah salah satu suite animasi yang paling banyak digunakan di dunia. Saat kamu menggunakan Aurora 3D Animation Maker, kamu bisa membuat jumlah efek animasi yang hampir tak terbatas untuk model 3D apa pun yang kamu pilih.

Efek khusus bisa ditambahkan ke foto dan video dengan perangkat lunak ini. Perangkat lunak ini dikembangkan dengan antarmuka yang ramah pengguna. Menambahkan tkamu air atau logo kamu sendiri, bersama dengan efek khusus yang menyertainya, adalah alat lain yang tersedia.

Kamu juga bisa membuat kata-kata menjadi animasi 3D yang fantastis. Selain itu, kamu bisa menyesuaikan semua bagian dan karakteristik animasi, seperti panjang dan kecepatan pemutarannya.

Kemudian, Aurora 3D memberikan berbagai efek menakjubkan seperti salju, hujan, api, kembang api, dan masih banyak lagi. Selain itu, ada kemampuan efek gerakan seperti Cubic, Quad, Linear, dll.

Fitur hebat lainnya, yaitu mengkonversi hasil karya kamu menjadi bentuk format Flash, GIF maupun Video. Software ini menawarkan masa percobaan gratis, sehingga pengguna bisa mencoba banyak fitur canggih tanpa biaya selama jangka waktu tersebut.

Kunjungi laman resmi software Aurora 3D Animation Maker di Presentation-3d.com.

9. DAZ Studio

Daz Studio adalah aplikasi untuk membuat animasi 3D yang menarik, dengan desain yang sangat user-friendly, selain itu dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur yang banyak.

Baik mereka yang masih amatir maupun ahli dalam pembuatan animasi 3D, DAZ Studio merupakan software yang disarankan untuk kamu dalam hal ini. Mesin desain yang hebat, cepat dan ringan, berisi materi komponen yang membuat kamu bisa menghasilkan karya animasi dalam sekejap.

Kesimpulannya, ini adalah program animasi 3D yang indah, yang mungkin akan memerlukan cukup banyak untuk bisa menguasai fungsi-fungsi yang ada di dalamnya. Software ini bisa membantu untuk mengerjakan proyek profesional.

Download software DAZ Studio di situs resminya Daz3d.com.

10. Aplikasi Clara.Io

Clara.Io adalah program berbasis cloud yang menangani produksi, pemodelan, dan rendering animasi 3D, semuanya gratis. Ini merupakan tool berbasis web tapi tidak meminta kamu memasang plugin browser.

Tool online ini akan menyediakan fitur seperti rangkaian pemodelan poligonal dan animasi sketsa yang menakjubkan. Setelah kamu selesai dengan produksi animasi kamu, tool ini bisa membantu kamu mengimpor file ke lebih dari 30 format 3D, termasuk FBX, Collada, STL, Blender, Babylons, STL, dan banyak lagi.

Tool online ini menawarkan alat sederhana namun canggih, terdapat fitur pengaturan pencahayaan. Antarmukanya baik dan mudah digunakan, kamu bisa dengan mudah jika ingin melakukan Undo, Redo, Drag, Drop files anywhere.

Berbagao alat yang bisa digunakan yaitu seperti untuk menyesuaikan, meregangkan, memadukan, dan mengembangkan 3D Khusus milik kamu sendiri.

Download software Clara.Io di situs resminya di Clara.io.

Kesimpulan

Itulah beberapa link download aplikasi untuk membuat video animasi di laptop. Mengingat fitur-fiturnya yang berbeda disetiap aplikasi, silahkan download aplikasinya sesuai kebutuhan dan kapasitas penyimpanan laptop kamu. Semoga bermanfaat!

Related Articles

Back to top button