Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Facebook Lite

Teknatekno.com – Aplikasi Facebook Lite atau FB Lite merupakan media sosial yang masih banyak digemari khususnya di Indonesia sendiri. Berselancar di dunia maya sebenarnya memiliki banyak keuntungan seperti memenuhi hobi, menambah lingkar pertemanan, atau mengembangkan bisnis.

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, media sosial bahkan semakin banyak memunculkan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses berbagai informasi. Berbagai jenis media sosial saat ini hadir dengan menghadirkan keunggulannya masing-masing.

Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki fans dan masih bertahan sampai saat ini. Facebook lahir sejak tahun 2004 silam, Facebok berhasil mempertahankan penggunanya untuk tetap setia menggunakannya.

Meskipun ada banyak media sosial baru dengan segudang manfaat, namun Mark Zukerberg tidak kalah menciptakan inovasi terbaru untuk produknya tersebut.

Pada awalnya, Facebook hanya bisa diakses menggunakan personal komputer atau PC. Namun, kini Facebook sudah bisa diakses menggunakan ponsel apapun.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite atau FB Lite

FB Lite atau aplikasi facebook Lite adalah inovasi baru dengan versi yang lebih ringan dari aplikasi Facebook. FB Lite juga memudahkan penggunanya yang mempunyai jaringan terbatas. Kini, aplikasi FB Lite hanya bisa digunakan oleh pengguna Android saja, tidak untuk pengguna iPhone.

Facebook meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 lalu. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna ponsel ponsel low-end atau di daerah yang memiliki jangkauan internet kurang memadai.

Aplikasi ini justru dibangun sejak awal dan sama sekali tidak mengambil bentuk orisinal Facebook. Menariknya, penguna FB Lite juga tetap bisa menggunakannnya tidak jauh berbeda dengan Facebook biasa.

Laman utama FB Lite ini dihiasi dengan News Feed, Friend Requests, Videos, Messages, Notifications, serta Options. Jika fitur yang ditawarkan sama seperti Facebook biasanya, lalu apa keunggulan aplikasi Facebook Lite ini?

Kelebihan Aplikasi Facebook Lite

Berikut beberapa keunggulan dari aplikasi Facebook Lite

Hemat Pemakaian Data

Dengan memakai aplikasi facebook Lite ini kamu bebas untuk menjelajah dunia maya tanpa khawatir data internet habis. Sebab, hal ini merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh pengguna media sosial.

Hal inilah yang membuat aplikasi FB Lite ini banyak diburu oleh orang-orang karena memiliki kelebihan dalam penghematan data internet dengan baik. Dengan demikian, FB Lite bisa digunakan untuk ponsel dengan jaringan 2G dan memakai sedikit data.

Karena aplikasi ini tidak melakukan download gambar dengan resolusi tinggi. Gambar-gambar yang muncul di jendela FB Lite memiliki resolusi yang rendah. Selain itu, video hanya bisa berjalan secara otomatis ketika terhubung dengan WIFI.

Hemat Ruang Penyimpanan

Apabila dibandingkan dengan aplikasi Facebook biasa, aplikasi facebook Lite ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Ukurannya hanya sekitar 1 MB saja yang membuatnya lebih mudah dan efisien untuk dipakai dalam ponsel dengan memori RAM yang lebih kecil.

Hal ini akan memberikan keuntungan untuk kamu ketika ingin menyimpan kebutuhan lain. Selain itu, efek dari ukuran aplikasi yang kecil ini bisa terlihat ketika kamu menginstal yang hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

Bisa Diakses di Semua Jaringan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan FB Lite ini adalah kemampuan yang bisa digunakan dalam semua jaringan internet. Walaupun ponsel kamu hanya memiliki jaringan E atau Edge, kamu tetap bisa menjalankan aplikasi ini. Selain itu, FB Lite juga bisa dinikmati dalam berbagai kondisi dan situasi.

Tampilan Sederhana

FB Lite mengusung tampilan sederhana ketimbang aplikasi Facebook biasanya. Hal ini disebabkan ada beberapa fitur yang tidak muncul dalam aplikasi FB Lite. Fitur-fitur berat tidak hadir dalam FB Lite sehingga membuatnya semakin ringan. Jadi, jangan kaget bila kamu tidak bisa memutar video dalam aplikasi FB Lite.

Bisa Digunakan di Android Lama

Walaupun aplikasi ini tergolong masih baru, tapi bukan berarti hanya bisa diakses oleh ponsel kekinian saja. Pengguna Android lama tidak harus ragu untuk bisa menikmati aplikasi facebook Lite, sebab aplikasi ini bisa dipakai untuk semua jenis ponsel termasuk Android lama.

Anti Loading

Ketika menggunakan media sosial, kita pasti tidak akan jauh dari kegiatan menggunggah status, foto dan video. Dengan memakai FB Lite maka proses loading unggah tersebut akan jauh lebih cepat. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah aktivitasmu dan menghemat waktu yang dipakai.

Aplikasi Facebook Lite

Kekurangan Aplikasi FB Lite

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Facebook Lite yaitu:

Fitur Tidak Lengkap

Dalam aplikasi facebook Lite terdapat beberapa fitur yang dihilangkan karena bisa memberatkan aplikasi ini. Hal inilah yang memberikan dampak baik untuk meringankan aplikasi. Namun, kamu tidak bisa memakai fitur-fitur berat layaknya aplikasi Facebook biasanya.

Tidak Bisa Load Secara Otomatis

Walaupun memiliki load yang cepat, tapi aplikasi facebook Lite ini masih memiliki kekurangan yaitu tidak bisa load secara otomatis. Hal ini bisa dirasakan ketika scrolling halaman Facebook. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dengan kelebihan memiliki memori kecil berdampak pada fitur load yang tidak dapat dilakukan secara otomatis.

Kualitas Upload Gambar Rendah

FB Lite memiliki tampilan yang lebih sederhana sehingga berpengaruh pada kualitas gambar yang juga rendah. Hal ini juga dipengaruhi oleh loading yang cepat, sehingga kualitas gambar atau foto yang diunggah tidak sebagus aplikasi Facebook standar.

Kualitas Download Gambar Rendah

Kekurangan selanjutnya yang ada di dalam aplikasi FB Lite adalah ketika mengunduh foto. Kualitas gambar tidak akan terlalu bagus bila memakai aplikasi FB Lite ini. Bahkan gambar akan menjadi pecah atau tampak kotak-kotak ketika diperbesar.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar aplikasi Facebook Lite.

Kenapa Facebook Lite Saya Tidak Bisa Di Buka?

Masalah jaringan adalah salah satu alasan mengapa Facebook Lite tidak dapat diakses. Seperti diketahui, jaringan terdiri dari gadget yang dapat membantu akses internet. Tentu saja, jika jaringan buruk, internet tidak dapat dijangkau dan tidak dapat dibuka.

Kenapa Akun Facebook Saya Tiba Tiba Hilang?

Akses akun ke Facebook mungkin hilang karena alasan selain pembajakan atau pemblokiran. Pada kenyataannya, cukup umum bagi seseorang untuk kehilangan akun Facebook mereka karena mereka lupa kata sandi mereka. Hal ini biasa terjadi pada akun yang sudah lama tidak dibuka.

Bagaimana Cara Mengupdate Lite?

Proses untuk memperbarui Facebook lite sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Langsung cari Facebook Lite di Google Play Store, lalu klik tombol enter atau pencarian simbol kaca pembesar pada keyboard Android. Setelah hasil pencarian ditampilkan, klik Update.

BACA JUGA:

Cara Masuk Facebook Tapi Lupa Kata Sandi
Facebook Ganti Nama Jadi Meta? Berikut Alasannya
Efek Facebook, Cryptocurrency Berbasis Game Ini melonjak 65%

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa mengenai kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Facebook lite yakni FB Lite memiliki tampilan yang lebih sederhana sehingga mempengaruhi kualitas gambar yang juga rendah.

Kualitas gambar tidak akan terlalu bagus ketika menggunakan aplikasi facebook Lite ini, bahkan gambar akan pecah atau kotak ketika diperbesar. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunduhnya di Play Store.

Demikianlah penjelasan diatas mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi facebook lite. Semoga artikel bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button