Struktur Organisasi Perusahaan: Fungsi, Manfaat dan Contoh

Teknatekno.com – Memiliki pemahaman yang kuat tentang struktur organisasi perusahaan adalah hal yang penting dalam memulai sebuah bisnis. Karena dengan begitu, kamu bisa merancang struktur organisasi suatu perusahaan dan fungsinya secara ideal, jelas, dan sesuai dengan kewajiban masing-masing bagian.

Jadi, kinerja perusahaan kamu pun juga akan lebih efektif karena setiap struktur telah memiliki tugas yang jelas serta terarah demi mencapai target perusahaan.

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, kali ini Teknatekno akan membahas tentang struktur organisasi perusahaan, mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, sampai contohnya.

Struktur Organisasi Perusahaan

Secara garis besar, struktur organisasi perusahaan adalah suatu tingkatan atau susunan yang berisi pembagian tugas dan peran perorangan berdasarkan jabatannya di perusahaan. Pada umumnya, struktur perusahaan disusun dalam bentuk bagan atau garis hierarki dan berisi deskripsi dari tiap komponen perusahaan.

Dengan dibentuknya struktur perusahaan, setiap Sumber Daya Manusia (SDM) di lingkup perusahaan kamu memiliki peran dan fungsinya masing-masing.

Tujuan utamanya adalah supaya perusahaan lebih mudah dalam hal pembagian tugas dan tanggung jawab tiap individu dalam menjalankan sebuah perusahaan atau bisnis.

Struktur organisasi membantu perusahaan untuk menempatkan individu-individu yang berpotensi dan memiliki kompeten sesuai dengan bidang serta keahliannya. Perusahaan yang sukses umumnya memiliki struktur organisasi yang tertata dan jelas, artinya sesuai dengan fungsinya.

Dengan begitu, roda dalam perusahaan berjalan dengan baik dan berpotensi untuk berkembang serta mencapai visi atau tujuan perusahaan.

Fungsi Struktur Organisasi

Struktur organisasi berfungsi sebagai pedoman bagi sebuah perusahaan terkait manajemen untuk menyusun strategi dan mencapai target yang telah ditetapkan.

Tanpa struktur yang jelas, maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan sulit berkembang dan berpotensi macet. Berikut beberapa fungsi dari struktur organisasi perusahaan:

Mendeskripsikan Peran Setiap Individu dalam Perusahaan

Setiap individu dalam sebuah perusahaan, dalam hal ini adalah karyawan, tentu harus memiliki peran dan tanggung jawab yang harus dikerjakan.

Posisi yang diberikan pun juga harus sesuai dengan keahlian dan potensi dari masing-masing karyawan. Di balik posisi yang diberikan, terdapat kewajiban dan wewenang yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan.

Memperjelas Alur Hubungan Kinerja

Struktur organisasi juga berfungsi agar setiap karyawan mengetahui alur hubungan kinerja dengan jelas. Mulai dari batas tanggung jawab masing-masing posisi hingga waktu, cara, dan orang yang tepat untuk berkolaborasi untuk memudahkan pelaksanaan kinerja.

Mendeskripsikan Uraian Tugas

Apabila tugas dari masing-masing komponen terurai dengan deskripsi yang jelas, tentu akan sangat membantu karyawan maupun atasan untuk mencapai tujuan.

Pihak karyawan dapat lebih mudah dalam menyusun strategi dan berkolaborasi karena bisa fokus dan berkonsentrasi pada bidang yang sesuai keahliannya. Sedangkan pihak atasan dapat lebih mudah dalam melakukan pengawasan (monitoring) dan supervisi terhadap kinerja karyawan.

Manfaat Struktur Organisasi

Seperti yang kamu ketahui bahwa tidak semua perusahaan menerapkan atau bahkan memiliki struktur organisasi. Jika perusahaan kamu termasuk yang belum menerapkannya, coba pertimbangkan lagi karena banyak manfaat dengan menerapkan struktur organisasi dalam perusahaan.

Terjalinnya Komunikasi dan Kolaborasi yang Baik

Komunikasi dan kolaborasi antar karyawan maupun tim jadi lebih baik bila menerapkan struktur organisasi yang baik. Kamu jadi lebih mudah dalam memberikan pembagian tugas yang tepat dan sesuai kepada masing-masing anggota tim.

Struktur organisasi juga bermanfaat untuk menghindari terjadinya duplikasi pekerjaan serta membantu dalam pengambilan keputusan.

Efisiensi Operasional

Sistem operasional beserta segala kebutuhan dapat dicukupi dengan lebih efektif dan efisien jika perusahaan mempunyai struktur organisasi yang jelas dan tertata. Dalam deskripsi struktur organisasi tentu terdapat prosedur atau operasional dari masing-masing tugas sehingga tiap tim dapat mengoptimalkan kinerjanya.

Meminimalisir Terjadinya Konflik Antar Karyawan

Dalam lingkungan kerja, konflik merupakan hal yang biasa terjadi. Untuk itulah, perusahaan perlu memiliki struktur organisasi untuk meminimalisir hal tersebut dan membantu karyawan untuk fokus pada bagian pekerjaannya masing-masing, sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya perselisihan.

Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Apabila struktur organisasi beserta deskripsi dan panduannya disampaikan dengan baik kepada karyawan, maka akan semakin meningkatkan self confidence mereka. Dengan begitu, pekerjaan yang dilakukan akan semakin baik yang tentunya berdampak pada peningkatan produktivitas karyawan.

Contoh Jabatan Pada Organisasi Perusahaan

Dalam struktur organisasi sebuah bisnis atau perusahaan terhadap beberapa jabatan atau posisi. Jabatan pada struktur organisasi bermacam-macam, tergantung skala, kebutuhan, dan jenis perusahaan kamu. Namun, setidaknya ada empat jabatan yang selalu ada pada struktur organisasi, yaitu sebagai berikut:

Direksi

Orang yang memiliki tugas dan wewenang untuk mengurus perusahaan, khususnya perseroan terbatas, adalah direksi. Jabatan ini berupa jajaran individu yang memiliki peran penting dalam struktur organisasi.

Karena, mereka memiliki wewenang dalam hal pengambilan keputusan terhadap kelangsungan dan perkembangan perusahaan. Seperti jenis bisnis yang akan dikembangkan dan produk apa yang akan diproduksi.

Bisa dibilang direksi adalah penentu berkembang atau tidaknya anak perusahaan. Selain membuat keputusan, direksi juga punya wewenang untuk mengatur jadwal kegiatan di perusahaan.

Umumnya, sebuah perusahaan mempunyai satu orang sebagai direktur utama (dirut), tiga orang sebagai wakil direktur utama, dan enam orang direktur.

Manajer

Manajer perusahaan adalah orang yang berperan untuk mengintegrasikan potensi dan karakteristik para karyawan demi tercapainya tujuan perusahaan. Mulai dari mengadakan pembinaan dan arahan, membuat kebijakan, monitoring, dan supervisi, untuk meningkatkan profit perusahaan.

Umumnya, tiap tim memiliki seorang manajer sebagai pengelola utama dari divisi tersebut, contohnya manajer pemasaran, manajer personalia, manajer keuangan, dan lain-lain.

Seorang manajer menerima masukan dan laporan dari team leader maupun anggota dari masing-masing divisi yang dibawahinya, lalu mengkomunikasikannya kepada atasan.

Departemen atau Divisi

Dalam sebuah struktur organisasi terdapat beberapa departemen atau divisi yang tentunya sesuai dengan jenis dan kebutuhan perusahaan. Bagian ini umumnya dipimpin oleh kepada departemen atau kepala divisi. Kamu mungkin juga menyebutnya dengan istilah team leader.

Beberapa divisi yang biasanya ada di setiap struktur sebuah perusahaan adalah divisi pemasaran, produksi, administrasi, personalia, dan sebagainya.

Administrasi dan Gudang

Bagian administrasi dan gudang umumnya terbagi menjadi beberapa bagian seperti accounting, CMT (Cut, Make, Trim), dan kasir.

Posisi ini berperan dalam mengatur dan menganalisis keuangan perusahaan dengan membuat laporan keuangan di aplikasi laporan keuangan perusahaan yang berisi catatan pengeluaran, pemasukan, dan lain sebagainya.

Jabatan ini juga bertanggung jawab terhadap inventaris perusahaan, mulai dari keluar masuknya inventaris hingga pemeliharaan stok yang akan lebih mudah dikelola dengan sebuah aplikasi inventory.

Kesimpulan

Demikian pembahasan dari Teknatekno mengenai struktur organisasi perusahaan yang perlu kamu ketahui dan pahami. Mulai dari pengertian, fungsi, manfaat, hingga contoh jabatannya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang tengah mencari referensi untuk menyusun atau merevisi struktur organisasi pada bisnis atau usaha kamu.

Pencarian Populer

Susunan Organisasi - Struktur Organisasi Fungsional - Struktur Organisasi Adalah - Pengertian Struktur Organisasi - Jenis Struktur Organisasi - Contoh Struktur Organisasi Perusahaan - Contoh Struktur Organisasi - Contoh Bagan Struktur Organisasi - Cara Membuat Struktur Organisasi- Bagan Struktur Organisasi -

Related Articles

Back to top button