Apa itu Efisien? Tujuan dan Contohnya

Teknatekno.com – Apakah kamu tau apa itu efisien? Sebagian orang mungkin sudah tahu arti kata “efisien”. Namun, tiap orang akan memaknai arti kata efisiensi dengan berbeda. Hal ini dapat dimaklumi mengingat setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda dari yang lain.

Kata efisien mungkin tidak asing lagi di telinga, namun bagi orang-orang tertentu, kata efisiensi sering dikaitkan dengan waktu. Ada juga orang lain yang percaya bahwa efisiensi dapat dicapai dengan keinginan. Jadi, apakah kata efisien biasanya dikaitkan dengan waktu? Atau malah sebaliknya.

Untuk itu, mari kamu memahami terlebih dahulu apa itu efisien. Untuk kamu yang ingin mengetahui pengertian dari efisien. Nah, untuk itu Teknozen bisa simak saja langsung artikel dibawah ini.

Apa itu Pengertian Efisien

Apa itu Pengertian Efisien?

Pengertian efisien adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara optimal (cepat dan tepat) dan sesuai dengan keinginan, dengan menekan sumber daya yang harus digunakan.

Sumber daya dalam hal ini adalah uang, waktu, dan tenaga. Fungsinya adalah agar bisa menghindari pemborosan yang merugikan perusahaan. Bekerja secara efektif berarti memanfaatkan sumber daya yang tersedia semaksimal mungkin.

Beberapa orang percaya bahwa efisiensi terkait dengan waktu dalam definisi efisien sebelumnya. Hal ini dapat diterima karena seseorang yang bekerja secara tidak langsung akan mempertimbangkan beberapa faktor, termasuk waktu.

Selanjutnya, arti lain dari efisien adalah mengendalikan pengendalian atau mengelola pengendalian atas kejadian dan kondisi saat ini.

Apa Pengertian Efisien Menurut Para Ahli?

Dibawah ini merupakan pengertian efisiensi menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut:

1. Mulyamah (1987;3)

Mulymah mendefinisikan efisiensi sebagai ukuran membandingkan rencana untuk memanfaatkan input dengan penggunaan aktual, atau dengan kata lain, dari penggunaan nyata.

2. S. P. Hasibuan (1984;233-4)

Ide efisiensi, menurut S.P. Hasibuan, adalah perbandingan optimum antara input dan output (hasil keuntungan dan sumber yang digunakan). Dan hasil terbaik diperoleh dengan sumber daya yang lebih sedikit. Dengan kata lain, ini mengacu pada hubungan antara apa yang telah dipecahkan.

3. Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), efisiensi ini dapat diartikan sebagai kebenaran prosedural. Dan kapasitas untuk melakukan pekerjaan dengan tepat tanpa membuang uang, waktu, atau energi.

Apa Tujuan dan Manfaat Efisien?

Efisiensi ini sering dicapai dalam semua bidang kehidupan manusia, yang tentunya memiliki tujuan yang berfungsi sebagai alasan efisiensi. Secara umum, tujuan dan manfaat efisien yang perlu kamu ketahui yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk mencapai hasil dan sasaran yang diinginkan.
  2. Menyimpan dan mengurangi konsumsi sumber daya saat melakukan sebuah kegiatan.
  3. Untuk memanfaatkan semua sumber daya yang ada dengan sebaik-baiknya sehingga tidak ada yang sia-sia.
  4. Meningkatkan kinerja unit kerja sehingga hasilnya meningkat.
  5. Untuk memaksimalkan keuntungan yang mungkin diperoleh.

Dari penjelasan di atas Teknatekno mengetahui bahwa tujuan dari segala macam upaya efisiensi yaitu untuk mencapai efisiensi optimal. Efisiensi optimal adalah perbandingan terbaik dari pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Apa Saja Jenis Efisien

Apa Saja Jenis Efisien?

Setelah memahami pengertian efisiensi, kamu juga perlu mengetahui jenis efisiensi yang sering dilakukan manusia. Adapun beberapa jenis efisiensi yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

1. Optimal

Efisiensi optimal adalah Perbandingan terbaik dari pengorbanan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

2. Dengan Tolak Ukur

Efisiensi dengan tolak ukur adalah perbandingan antara hasil minimum yang ditentukan dengan hasil riil yang dicapai, dimana dapat dikatakan efisien bila hasil riil lebih besar dari angka minimun yang ditentukan.

3. Titik Impas

Efisiensi dengan titik impas sering digunakan pada bidang usaha dimana titik impas (break even point) adalah titik batas antara usaha yang efisien dan tidak efisien.

Suatu usaha atau bisnis dapat dikatakan efisien jika titik impasnya diketahui dan bisnis tersebut menghasilkan lebih dari titik impas tersebut.

Apa Saja Syarat Tercapainya Efisien?

Manusia selalu berusaha untuk menjadi efisien dalam berbagai bidang kehidupan. Agar efisiensi dianggap berhasil, kondisi berikut ini harus dipenuhi:

  1. Efisien adalah kemampuan unit kerja untuk mencapai hasil dan manfaat. Misalnya barang yang diproduksi bermanfaat bagi masyarakat.
  2. Ekonomis mengacu pada memperoleh input berkualitas tinggi (barang atau jasa) dengan jumlah pekerjaan paling sedikit.
  3. Penyelesaian pekerjaan dimungkinkan.
  4. Pembagian kerja yang benar.
  5. Rasionalitas otoritas dan tanggung jawab.
  6. Proses kerja praktis.

Contoh Bekerja Secara Efisien

Contoh Bekerja Secara Efisien

Pekerjaan yang efisien ini bisa kamu rasakan sehari-hari. Contohnya seperti kamu bisa mengelola waktu, tenaga dan uang secara baik. Setiap pekerjaan yang kamu lakukan tentunya harus lebih terkonsep dan lebih efisien. Untuk contoh efisien yang perlu kamu ketahui sebagai berikut:

  1. Sebuah pekerjaan bisa kamu selesaikan dengan menggunakan cara 1 dan 2. Cara 1 bisa kamu lakukan dengan kurun waktu satu jam. Sedangkan cara 2 bisa kamu lakukan dengan memakan waktu kurang lebih dua jam. Nah dalam hal ini, cara 1 adalah cara yang tepat dan efisien daripada cara 2.
  2. Pada suatu hari, ica dan zuzu ditugaskan oleh gurunya untuk membuat artikel. ica mencari referensinya di perpustakaan. Sedangkan zuzu mencari sumber referensi melalui website, dalam hal ini Dina membuka situs informasi yang lengkap seperti Wikipedia. Cara yang dilakukan oleh zuzu dianggap paling efisien karena tidak lagi perlu membuang banyak tenaga untuk pergi ke perpustakaan.
  3. Dano pergi ke kota Yogyakarta jam 9 malam dengan menggunakan kereta ekonomi yang tiketnya dibandrol dengan harga 80 ribu rupiah dan Dia akan sampai di tujuannya pada pukul 6 pagi, perjalanan selama 9 jam.
    Sementara itu, dika pergi ke Yogyakarta pada jam yang sama dengan dano , namun menggunakan kereta kelas bisnis yang tiketnya dibandrol dengan harga 200 ribu rupiah dan akan tiba di tujuan pada jam 5 pagi, yang artinya akan memakan waktu 8 jam. Jadi, dalam hal ini, kedua perjalanan yang ditempuh dano dan dika sama-sama dikatakan efisien, kenapa?
  • Perjalanan Doni efisien karena ia dapat menghemat lebih banyak uang dan perbedaan waktu tempuh hanya satu jam.
  • Perjalanan Fani juga dapat dianggap efisien karena menghemat satu jam dan memiliki fasilitas yang lebih baik daripada kereta anggaran. Padahal Fani harus membayar harga tiket yang lebih tinggi yaitu 120 ribu untuk satu jam yang dinilai dan memiliki fasilitas yang bagus. Jadi, untuk mengukur efisiensi suatu proyek, banyak persiapan yang harus dilakukan dengan hati-hati tujuannya adalah untuk mencapai efisiensi maksimum. Kegiatan yang dilakukan dengan terampil benar-benar mengasyikkan. Sebab, selain bisa berhemat di berbagai bidang, kamu juga akan dikenal sebagai pribadi yang produktif.

Gunakan teknik yang efisien jika kamu puas bekerja atau mengoperasikan perusahaan. Bahkan efisien saja tidak cukup karena diperlukan efektif dan efisien. Hal ini berpotensi meningkatkan kinerja pekerjaan atau perusahaan kamu.

Jika tidak efektif, efisien akan terasa tidak cukup. Karena, seperti kata pepatah, “orang pintar akan kalah dari orang yang efektif.” Artinya, orang yang brilian tidak selalu efektif, tetapi orang yang efektif hampir selalu pintar.

Seseorang yang dapat bekerja dengan sukses dan efisien dapat menyukai dan bahkan memuja pekerjaan yang mereka anggap menyenangkan.

Tanya Jawab Efisiens

Berikut ini adalah tanya jawab seputar efisiens, yaitu:

1. Apa Kata Baku Efisien?

Menurut KBBI, efisien adalah ketepatan mengerjakan sesuatu (dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, atau biaya) berdaya guna, berhasil guna, tepat guna, dan kompeten. Efisiensi adalah ejaan yang biasa digunakan untuk kata efisien.

2. Bagaimana Sistem Disebut Efektif dan Efisien?

Definisi keefektifan adalah suatu keadaan di mana pendekatan dan cara tertentu berhasil mencapai hasil yang diinginkan. Efektivitas dikaitkan dengan efek, pengaruh, atau akibat. Sementara itu, efisiensi berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya untuk mencapai tujuan tertentu.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian efisien hingga contoh bekerja efisien yang terdapat di Indonesia.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa apa itu efisien? adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya secara optimal (cepat dan tepat) dan sesuai dengan keinginan, dengan menekan sumber daya yang harus digunakan.

Related Articles

Back to top button