Apa itu Youtube Vanced: Aplikasi yang Ditutup Paksa Google

Teknatekno.com – Hai Teknozen! Pernah dengar apa itu Youtube Vanced? Jika kamu sering menonton video Youtube, pastinya banyak iklan yang berseliweran di setiap jeda video kan?

Nah, jika kamu ingin menonton video tanpa jeda iklan, hadirlah aplikasi Mod bernama Youtube Vanced yang mungkin bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu.

Nah, kali ini Teknatekno akan membahas mengenai apa itu Youtube Vanced, berikut keunggulan dan kekurangannya. Untuk mengenal lebih dalam mengenai apa itu YouTube Vanced, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

Mengenal Apa itu Youtube Vanced

YouTube Vanced merupakan aplikasi non official yang telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan penambahan beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi resminya. Dari penjelasan tersebut, bisa kita simpulkan bahwa, YouTube Vanced tergolong aplikasi Mod.

Meskipun demikian, perubahan yang terjadi secara teknis tidaklah mengubah keseluruhan isi dari situs YouTube itu sendiri. Namun lebih condong kepada modifikasi pada sisi perangkat yang memberikan penggunanya akses khusus seperti YouTube Premium.

Dengan embel-embel gratis bukan berarti tanpa risiko, YouTube Vanced sendiri juga memiliki beberapa celah keamanan yang dapat membahayakan penggunanya, misalnya saja seperti akun terblokir.

Mengenal Apa itu Youtube Vanced

Misalnya begini, setiap kali kamu mengakses suatu media online biasanya membutuhkan sebuah akun agar dapat menikmati fiturnya secara maksimal, sehingga pengguna perlu log in untuk mendapat aksesnya. Dalam proses log in kamu harus memberikan email dan password sebagai kuncinya.

Nah, yang jadi masalah adalah ketika kamu memberikan data log in pada aplikasi mod seperti YouTube Vanced yang telah dimodifikasi.

Google akan mendeteksi bahwa aplikasi yang digunakan bersifat illegal serta melanggar kebijakan dan ketentuan Google. Alasan inilah yang membuat Google melakukan pemblokiran akun secara permanen.

Kelebihan YouTube Vanced

Setelah mengenal apa itu Youtube Vanced, jelas aplikasi ini memiliki risiko. Namun ada alasan tertentu mengapa YouTube Vanced memiliki daya tarik tersendiri bagi penggunanya, seperti:

1. Nonton Youtube Tanpa Iklan dan Upgrade Premium

Dengan aplikasi ini, kamu bisa menonton video yang ada di Youtube tanpa adanya iklan. Jadi, selama apa pun durasi videonya, penonton bisa menikmatinya dari awal sampai akhir.

Hal ini tidak bisa didapatkan pada aplikasi resmi Youtube, kecuali bila kamu mau meng-upgrade ke premium yang mengharuskan pembayaran bulanan. Meski di bulan pertama ada promo gratis untuk uji coba.

Tampilan Vanced hampir persis dengan aplikasi Youtube pada umumnya. Di mana kamu tetap bisa menggunakan fitur penting seperti beranda, eksplorasi, subscription, koleksi, hingga video-video trending.

Di sini juga tersedia fitur pencarian yang bisa kamu gunakan untuk menemukan video terbaik sesuai kebutuhan. Artinya, saat memakai Vanced, kamu bisa bebas dalam berekspresi dan bisa menggunakan aplikasinya sesuai dengan fasilitasnya yang beragam.

3. Aplikasi Tetap Berjalan di Background

Menariknya lagi, Youtube Vanced bisa berjalan di background. Maksudnya, saat kamu sudah memutar video di Vanced, kemudian menekan tombol home di android, maka video yang diputar tadi tetap akan berjalan.

Aplikasinya tidak akan langsung menutup yang mengakibatkan videonya berhenti layaknya di aplikasi Youtube biasa. Dengan fitur ini, kamu bisa menonton video dan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas lain di HP. Sebut saja chatting hingga main sosial media.

Layanan musik atau videonya baru akan berhenti jika kamu menggunakan fitur suara di HP. Misalnya untuk menelepon atau menerima telepon dari luar. Setelah teleponnya selesai, Vanced akan secara otomatis melanjutkan pemutaran videonya lagi.

4. Fitur Dark Mode

Vanced juga punya mode gelap yang bisa dipakai saat malam hari agar layar HP tidak terlalu terang.

5. Bisa Dipakai Tanpa Root

Sebagaimana dijelaskan di atas, untuk memakai aplikasi ini, android tidak perlu di-root terlebih dahulu.

6. Gratis

Kamu bisa menikmati semua fitur Vanced secara gratis tanpa perlu meng-upgrade ke premium, pro, atau semacamnya.

Kekurangan YouTube Vanced

Kekurangan YouTube Vanced

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwasanya sesempurna apapun sebuah aplikasi pasti tetap akan ada kekurangan serta risikonya. Berikut kelemahan yang terdapat pada YouTube Vanced:

1. Proses Coding-nya Tidak di Verifikasi

Ketika menggunakan aplikasi Youtube resmi, maka kita sudah tahu pasti bagaimana kredibilitas Google LLC selaku pengembangnya. Mereka tidak mungkin membuat aplikasi dengan coding yang berbahaya.

Berbeda dengan aplikasi mod satu ini, di mana asal usulnya tidak begitu bisa dipahami kecuali oleh mereka yang memang sudah sangat mahir di bidang coding. Itulah mengapa verifikasi atas coding-nya tidak bisa dipastikan sehingga bisa jadi membahayakan.

2. Adanya Kemungkinan Banned dari Google

Sama dengan Youtube resmi, di sini juga ada fitur log in. Bila kamu menggunakan akun gmail untuk log in, maka ada kemungkinan akan ada banned.

Memang tidak semuanya begitu, tapi kemungkinan ini masih ada selama pada saat pemakaian Vanced, pihak Google mengetahuinya dan pihak pengguna dianggap tidak mengikuti ketentuan yang ada.

Masalahnya, bila sudah ada banned akun, maka kondisinya akan semakin rumit. Karena akun Google biasanya terhubung dengan fasilitas-fasilitas Google lainnya secara lengkap. Mulai dari Maps, Books, dan lain-lain.

3. Update-nya Harus Manual

Sama dengan aplikasi lain, Vanced juga terus mengalami perkembangan dan update. Nah, untuk mendapatkan versi terbaru, pengguna harus mengunduh dan memperbaharuinya secara manual.

Tampaknya ini biasa saja. Namun, apabila terus dilakukan, bagi sebagian orang tentu akan merepotkan. Apalagi yang super sibuk dan banyak kegiatan sehingga tidak punya waktu untuk update sendiri.

4. Tidak Ada Inspeksi dari Pihak Ketiga

Sebagaimana diketahui, Google Play Protect telah melakukan inspeksi terhadap seluruh aplikasi yang masuk ke Play Store. Inilah yang membuat apps yang ada di sana aman digunakan.

Nah, hal serupa tidak dapat ditemukan pada Vanced. Maksudnya, tidak ada pihak ketiga yang tugasnya melakukan inspeksi dan memutuskan apakah aplikasinya bersih dari virus dan aman digunakan atau tidak.

5. Adanya Kemungkinan Kebocoran Data

Karena tingkat keamanannya belum bisa dipastikan secara sempurna, maka masih ada kemungkinan kebocoran data pribadi yang jelas akan merugikan buat para pengguna. Jangan sampai karena kurang hati-hati, informasi pribadi kamu disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

6. Pendapatan Youtuber Menurun

Bagi yang menonton, aplikasi ini memang menguntungkan. Tapi buat para youtuber yang merekam video, menggunakan software edit video, hingga mengunggah videonya ke Youtube, aplikasi ini cukup merugikan. Hal ini karena tanpa tayangan iklan, jumlah pendapatan iklannya mungkin akan menurun.

Kesimpulan

YouTube Vanced tersedia secara gratis dan dapat di download oleh siapa pun bagi mereka yang ingin menikmati segala fitur yang dihadirkan oleh YouTube premium secara gratis.

Namun tentunya yang namanya gratis itu pasti ada saja risikonya, aplikasi apa pun yang dirilis secara tidak resmi pasti memiliki jaminan keamanan yang rendah kepada para penggunanya.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu Youtube Vanced. Dengan mengenali kelebihan dan kekurangannya, kamu jadi bisa melakukan tindakan pencegahan untuk tetap memakai aplikasinya dengan beberapa ketentuan atau memilih untuk tidak menggunakannya sama sekali. Semoga bermanfaat!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja. Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita. Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like