Mengenal Aplikasi SAKTI dan Beberapa Manfaatnya

Teknatekno.com – Sistem Aplikasi KeuanganTingkat Instansi (SAKTI) adalah aplikasi sakti yang diluncurkan oleh Kementerian Keuangan R.I sebagai sarana bagi Satuan Kerja dalam mendukung pengelolaan keuangan. Aplikasi SAKTI merupakan integrasi.

Dari berbagai aplikasi yang telah digunakan oleh Satuan Kerja (Satker). Aplikasi SAKTI dibangun sebagai perwujudan dari konsep Integrated Financial Management Information System (IFMIS). Pembentukan SAKTI dibangun dalam rangka modernisasi pengelolaan keuangan negara pada sisi pengguna anggaran.

Saat ini Satker menggunakan sekitar delapan aplikasi dalam pelaksanaan anggaran. Penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut tidak jarang harus melakukan input data yang sama secara manual dan berulang-ulang. Kondisi ini tidak efektif dan menyita banyak waktu dalam melakukan pekerjaan adminsitratif.

Melalui SAKTI, aplikasi-aplikasi tersebut akan mengakses database yang sama (single database) sehingga menghindari duplikasi data dan mengurangi pekerjaan administratif.

Manfaat Aplikasi SAKTI

Perbedaan Aplikasi SAKTI dengan Aplikasi Sebelumnya

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan, yaitu:

  • Menggunakan satu database yang terpusat dan sama (single database).
  • Tingkat keamanan tinggi dengan proses enkripsi atau dekripsi ADK.
  • Dapat diinstal di beberapa sistem operasi komputer (Windows, Linux).
  • Lebih mudah digunakan.
  • Dapat dijalankan dalam spesifikasi komputer yang murah dan sederhana.
  • Kinerja aplikasi yang konsisten atau minim permasalahan.

Manfaat Aplikasi SAKTI

Berikut ini beberapa manfaat penggunaan SAKTI, diantaranya:

  1. Operasional pengelolaan keuangan negara yang lebih efektif melalui satu SAKTI untuk satu siklus keuangan negara mulai dari penganggaran sampai dengan pelaporan.
  2. Efisiensi sumber daya, baik sumber daya keuangan berupa anggaran maupun non keuangan.
  3. Konsolidasi data APBN K/L yang lebih cepat dengan transaksi bersifat real time dan seluruh pengguna SAKTI pada seluruh tingkatan organisasi mengakses database yang sama.
  4. Peningkatan kualitas laporan keuangan K/L melalui penggunaan basis akuntansi akrual pada SAKTI meningkatkan kualitas laporan keuangan pemerintah yang transparan dan konsisten sesuai Standar Akuntansi Pemerintahan.
  5. Memulihkan dan meningkatkan kualitas layanan pemerintah. Roll out SAKTI tahun 2021 pada seluruh K/L akan menjadi sebuah momentum untuk memulihkan dan meningkatkan kualitas layanan pemerintah yang sempat terkena imbas pandemi Covid-19 sehingga layanan pemerintah semakin mudah diakses dari mana pun.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar aplikasi SAKTI.

Apakah Fungsi Utama SAKTI?

Semua aplikasi unit kerja saat ini diintegrasikan oleh SAKTI. Tugas utamanya meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran. Selain itu, SAKTI menggunakan ide single database. Bagian akuntansi dan pelaporan Kementerian Negara atau Lembaga memanfaatkan program SAKTI.

Apa itu SPAN dan SAKTI?

SAKTI merupakan alat bantu yang digunakan oleh satuan kerja untuk membantu pelaksanaan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) untuk melaksanakan pengelolaan keuangan, mulai dari perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban anggaran.

Apa Itu SAKTI Online dan Offline?

SAKTI dibagi menjadi dua bagian, yaitu SAKTI online dan SAKTI offline, yang keduanya menggunakan sistem single entry point, single database, dan akuntansi berbasis akrual. Periodisasi transaksi SAKTI mencakup Januari hingga Desember, tidak diaudit dan diaudit.

Modul SAKTI Apa Aja?

  1. Modul penganggaran.
  2. Modul komitmen.
  3. Modul pembayaran.
  4. Modul bendahara.
  5. Modul persediaan.
  6. Modul aset tetap.
  7. Modul pelaporan.
  8. Modul administrator.

Apa itu Modul Pembayaran?

Modul Pembayaran merupakan salah satu modul Aplikasi SAKTI yang digunakan Satker untuk menangani Surat Permintaan Pembayaran dan Surat Perintah Membayar yang dikirimkan ke KPPN, serta penyelesaian Surat Perintah Pencarian Dana yang diterima dari KPPN.

Jelaskan Apa yang Dimaksud Dengan Satker?

Satker, atau Satuan Kerja Instansi Pemerintah, adalah setiap kantor atau unit kerja di lingkungan Pemerintah Pusat yang berfungsi sebagai Pengguna Anggaran atau Barang atau Kuasa Pengguna Anggaran atau Barang.

Apa itu Single Entry Point?

Istilah “Single Entry Point” merujuk pada fakta bahwa suatu transaksi hanya dientri satu kali dan apabila data tersebut diperlukan oleh modul yang terhubung, maka data tersebut dipanggil tanpa harus dientri ulang.

BACA JUGA:

Aplikasi Keuangan untuk Android Terbaik
Aplikasi Pembukuan Laporan Keuangan Terbaik untuk Pebisnis
Aplikasi Pencatatan Keuangan Android Terbaik

Kesimpulan

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Institusi (SAKTI) merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia sebagai sarana bagi Satker untuk mendukung pengelolaan keuangan.

SAKTI dibangun sebagai perwujudan dari konsep Integrated Financial Management Information System (IFMIS). Dibangun dalam rangka memodernisasi pengelolaan keuangan negara di sisi pengguna anggaran.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button