Pengertian Microsoft Access, Fungsi dan Manfaatnya

Teknatekno.com – Memahami pengertian microsoft access secara umum adalah merupakan sebuah software database computer relasional yang difungsikan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data yang kapasitasnya berukuran besar.

Access adalah alat aplikasi database komputer relasional yang dirancang untuk individu dan usaha kecil hingga menengah untuk menangani database. Basis data adalah kumpulan arsip data berupa tabel yang dihubungkan untuk membuat informasi.

Memahami Pengertian Microsoft Access

Memahami Pengertian Microsoft Access

Pengertian Microsoft Access adalah alat aplikasi basis data relasional untuk rumah tangga dan usaha kecil hingga menengah yang menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine.

Selain itu, representasi grafis yang mudah digunakan untuk mempermudah konsumen. Selain Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint, aplikasi ini merupakan bagian dari grup aplikasi Microsoft Office.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC.

Ini dapat digunakan untuk membangun perangkat lunak aplikasi yang rumit oleh pengguna atau pemrogram tingkat lanjut. Microsoft Access sering digunakan oleh programmer yang tidak berpengalaman untuk membuat perangkat lunak aplikasi dasar.

Selain itu, kelebihan atau keunggulan dari penggunaan Microsoft Access didukung oleh pendekatan pemrograman berorientasi objek. Microsoft Access, di sisi lain, tidak dapat dicirikan sebagai alat pemrograman berorientasi objek.

Sejarah Microsoft Access

Program aplikasi ini memulai debutnya pada November 1992. Microsoft Access 1.0 adalah versi awal yang dirilis oleh Microsoft. Namun, belum lama ini, pada tahun 1993, Microsoft mengupgrade Microsoft Access 1.0 menjadi Microsoft Access 2.0. Microsoft Access 2.0 membutuhkan spesifikasi minimal berikut agar pengguna dapat menggunakannya.

Spesifikasi minimum yang telah ditetapkan oleh Microsoft dapat dilihat pada poin-poin berikut ini:

  • Komputer memiliki sistem operasi Microsoft Windows 3.0.
  • Kapasitas RAM 4 MB (disarankan 6 MB).
  • Diperlukan ruang hard drive kosong sebesar 8 MB (disarankan 14 MB).

Dalam database besar dengan banyak catatan, perangkat lunak aplikasi database dapat bekerja dengan cukup baik. Namun, data mungkin terdistorsi dalam keadaan yang jarang terjadi. Jelas bahwa ada beberapa alasan korupsi data. Salah satu penyebab paling umum adalah driver perangkat kedaluwarsa atau tidak dikonfigurasi dengan benar.

Sebuah nama kode yang kali pertama digunakan oleh Microsoft Access adalah “Cirrus”. Nama kode tersebut dikembangkan bahkan sebelum Microsoft merilis dan mengembangkan Microsoft Visual Basic. Selain itu, nama “Ruby” digunakan untuk nama kode dari mesin pembuat form antarmuka dari Microsoft.

Bill Gates, salah satu pendiri Microsoft, mengakui prototipe sebagai aplikasi yang sangat menjanjikan yang perlu dikembangkan lagi. Itulah yang mengarah pada gagasan bahwa komponen bahasa pemrograman BASIC harus dibuat secara bersamaan. Pengembangan bersamaan, sebagai aplikasi yang berbeda, adalah mungkin, tetapi mungkin cukup luas. Thunder adalah nama proyek pembangunan.

Fungsi Microsoft Access

Fungsi Microsoft Access

Bicara soal fungsi, mungkin tidak sedikit orang yang tertarik untuk mempelajari fitur-fitur aplikasi Microsoft Access. Tentu saja hal ini dapat dimaklumi mengingat program ini hanya diketahui oleh para pebisnis.

Mengapa demikian? Karena Microsoft Access inilah yang membuat pengelolaan data menjadi lebih sederhana dalam sebuah korporasi atau organisasi.

Dalam hal pengolahan data, Microsoft Access mirip dengan Microsoft Word dan Excel. Hanya saja peran program lebih terfokus pada pelaku bisnis, organisasi, firma, programmer, dan sejenisnya. Berikut adalah kemampuan Microsoft Access yang harus Anda ketahui.

1. Dalam Bidang Bisnis

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Microsoft Access dapat digunakan untuk tujuan komersial. Perusahaan kecil, menengah, dan besar semuanya terwakili. Dalam sebuah bisnis tentunya tidak akan lepas dari istilah database.

Sebut saja pelaporan baik dari segi laporan keuangan maupun lainnya. Tentunya dengan menggunakan Microsoft Access akan jauh lebih praktis, cepat, dan unggul.

2. Dalam Bidang Pendidikan

Lain halnya di ranah pendidikan, di mana Microsoft Access digunakan untuk berbagai fungsi di sekolah. Tentu saja, administrator sekolah tidak asing dengan perangkat lunak Access dalam situasi ini.

Mengingat alat ini sering digunakan untuk membuat jadwal siswa atau guru atau untuk keperluan perpustakaan. Anda cukup membuat, memodifikasi, mengatur, dan menghapus data dengan cara ini.

3. Dalam Bidang Perkantoran

Sekilas, peran Microsoft Access di sektor perkantoran tampaknya hampir sama dengan fungsinya di sektor bisnis. Peranan program aplikasi di bidang perkantoran ini sering dimanfaatkan oleh seseorang dari kantor yang bertugas mengadministrasikan database.

Orang-orang yang memiliki tanggung jawab tersebut adalah sekretaris, administrasi keuangan, dan lain sebagainya. Walaupun dalam sebuah kantor tidak semuanya bisa mengoperasikan dan memahami fungsi kerja Microsoft Access.

Namun, pengetahuan dalam urusan kantor akan diperlukan karena kebutuhan kantor untuk menangani database secara efektif dan cepat.

Manfaat Microsoft Access

Setelah melihat-lihat beberapa fungsi yang saya informasikan, mungkin Anda telah menyadari bahwasanya banyak manfaat yang didapat dengan menggunakan Microsoft Access ini.

Terlebih lagi dengan tersedianya berbagai fitur yang menarik dan profesional, akan membantu meningkatkan kinerja seorang karyawan yang bekerja dalam bidang pengolahan data.

  1. Berikut ini beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Microsoft Access:
  2. Menghemat waktu dan tenaga.
  3. Memfasilitasi pelaksanaan tugas yang memakan waktu, terutama dalam pemrosesan basis data.

Tipe-Tipe Data Microsoft Access

Tipe-Tipe Data Microsoft Access

Langkah pertama untuk membuat database di Access adalah membuat tabel dan pada saat membuat tabel, memilih tipe data untuk setiap field atau kolom data merupakan keharusan.

Kamu harus memilih tipe data yang sesuai untuk mempermudah pemrosesan data nantinya. Ada beberapa tipe data dalam Microsoft Access yang perlu kalian ketahui diantaranya:

  1. Memo atau Teks Panjang: Panjang karakter maksimum untuk data alfanumerik (huruf, angka, simbol) adalah 64.000, tetapi kami dapat membatasi jumlah karakter yang ditampilkan dengan mengubah ukuran file di bagian bawah.
  2. Teks atau Teks Pendek: Sama dengan tes panjang, kecuali jumlah karakter maksimum adalah 255.
  3. Tanggal dan Waktu Untuk menyimpan data berupa tanggal, bulan, dan tahun. Di bagian bawah, kami dapat mengubah format waktu.
  4. Number: Ini digunakan untuk menyimpan data numerik yang akan digunakan dalam prosedur perhitungan matematis.
  5. Mata Uang: Digunakan untuk menyimpan nilai nominal serta informasi keuangan.
  6. Nilai Angka Otomatis adalah angka yang diisi secara otomatis. Jika Anda memberikan bilangan bulat besar dalam ukuran file, Microsoft Access akan menghasilkan angka secara berurutan di setiap catatan; Namun, jika Anda menentukan. ID Replikasi, Access akan menghasilkan nomor unik di setiap catatan secara otomatis.
  7. Lampiran: Untuk menyertakan file seperti gambar, dokumen, musik mp3, atau video.
  8. Hyperlink: Tautan yang dapat memanggil situs web, file, atau dokumen.
  9. Lookup Wizard: Untuk membuat drop box yang menampilkan data dari field dan tabel terpisah, serta untuk menghasilkan data Anda sendiri.
  10. OLE Objek: Untuk objek eksternal seperti gambar dan foto.
  11. Dihitung: Untuk menampilkan data terhitung di antara banyak bidang, pilih tipe data terhitung. Ini akan membuka pembuat ekspresi tempat kita dapat memasukkan rumus jumlah.

Kelebihan MS.Access

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari microsoft access yang perlu kamu ketahui:

1. Mudah Digunakan

Aplikasi ini mudah digunakan dan tidak menimbulkan kebingungan, terutama bagi Anda yang baru mengenal Microsoft Access. Tapi jangan khawatir, karena Access menyertakan Wizards yang akan memandu Anda melalui setiap langkah.

2. Sistem Database Populer.

Microsoft Access adalah salah satu sistem database berbasis desktop yang paling populer di dunia.

3. Menghemat Uang

Menggunakan aplikasi ini akan lebih murah daripada menggunakan sistem lain yang mungkin lebih besar dan lebih mahal. Selain itu, ia menyediakan fungsionalitas dan kegunaan yang sama.

4. Mudah Diintegrasikan

Microsoft Access terintegrasi secara mulus dengan berbagai aplikasi perangkat lunak berbasis Windows. Ruang penyimpanan. Database Microsoft Access dapat menyimpan hingga 2 GB informasi.

5. Import Data.

Mengimpor data ke Microsoft Access sangatlah mudah.

Kekurangan MS.Access

Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari microsoft access yang perlu kamu ketahui:

1. Kapasitas Penyimpanan Terbatas.

Akan ada tantangan atau masalah jika penyimpanan mencapai 2 GB. Akibatnya, Microsoft Access paling cocok untuk organisasi kecil hingga menengah dan tidak disarankan untuk bisnis menengah ke atas.

2. Multi Pengguna yang Terbatas

Maksimum teknis untuk pengguna bersamaan adalah 255, sedangkan batas sebenarnya adalah 10 hingga 80. (tergantung jenis aplikasi)

3. Aplikasi Berbayar.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda harus membelinya terlebih dahulu karena sudah termasuk dalam paket Microsoft Office.

Tanya Jawab Tentang MS. Access

Berikut ini adalah tanya jawab seputar MS. Access yaitu:

1. Apa yang membedakan antara MS Excel dan MS. Access?

Pada office excel lebih cenderung untuk mengolah angka, sedangkan office access untuk mengolah database.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai pengertian Microsoft Access. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan. Pengertian Microsoft Access adalah alat aplikasi basis data relasional untuk rumah tangga dan usaha kecil hingga menengah yang menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine.

Related Articles

Back to top button