Apa itu MYOB? Pengertian, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Tahukah kamu apa itu MYOB? Bagi seorang akuntan perusahaan atau kamu yang pernah mempelajari akuntansi, pasti sudah tidak asing lagi dengan program yang satu ini. MYOB merupakan singkatan dari Mind Your Own Business.

Pada dasarnya, MYOB adalah aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengatur dan mengolah data akuntansi. MYOB adalah aplikasi akuntansi yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi, baik kecil maupun besar.

Buat Teknozen yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu MYOB, kamu bisa simak penjelasan mengenai software MYOB dari Teknatekno dibawah ini.

Mengenal Apa itu MYOB

Mengenal Apa itu MYOB

Seperti yang sudah Teknatekno sebutkan diatas, MYOB merupakan adalah aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengatur dan mengolah data akuntansi. Dapat dikatakan, MYOB adalah aplikasi akuntansi yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi, baik kecil maupun besar.

Aplikasi ini memiliki antarmuka dasar yang memungkinkan bahkan non-teknolog untuk menggunakannya. Sebenarnya, setiap perusahaan memproses data dengan cara yang sama. Namun, berbagai hal membedakan sistem akuntansi satu perusahaan dengan yang lain, salah satunya adalah teknologi yang digunakan.

Keberadaan MYOB memiliki pengaruh positif karena memudahkan pelaksanaan siklus akuntansi. Namun, untuk memahaminya, konsumen terlebih dahulu harus mempelajari cara kerja aplikasi ini secara mendalam. Ini karena jika ada sedikit kesalahan, kamu harus memulai kembali prosedur dari awal.

Sejarah MYOB

MYOB Limited Australia membuat program atau aplikasi ini pada tahun 1991. Perkembangan MYOB sekarang semakin cepat, dan sudah tersedia di Kanada, Amerika, Inggris, Selandia Baru, dan banyak negara Asia lainnya.

Banyak bisnis juga menggunakan MYOB dalam hubungannya dengan sistem multi currency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengguna). Meskipun didirikan di Australia, MYOB memiliki versinya sendiri untuk setiap negara Asia, termasuk Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Vietnam, Brunei, dan Timor-Leste.

Manfaat utama dari aplikasi MYOB adalah antarmuka yang mudah dipelajari dalam waktu singkat. Untuk memanfaatkan program dengan baik, kamu hanya perlu memasukkan data dan memiliki tombol perintah yang dapat diakses.

Apa Saja Fungsi MYOB?

Tentunya bagi kamu yang tertarik dengan industri akuntansi, aplikasi MYOB ini sangat menguntungkan karena kemampuannya yang dapat mempermudah pekerjaan. Fungsi MYOB antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai alat untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan akuntansi
  2. Mempersingkat waktu pengerjaan pembukuan
  3. Membuat penggunanya menjadi lebih paham tentang bisnis
  4. Hanya dengan mengklik beberapa tombol yang tersedia, bisa membantu penggunanya dalam proses jual-beli, tracking piutang dagang, utang dagang, pajak, quotation dan invoice.
  5. Lebih mudah untuk menangani produk yang dijual.

Kelebihan MYOB (Mind Your Own Business)

Apa Kelebihan MYOB?

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari program MYOB:

1. Mudah Digunakan

Kelebihan pertama dari program MYOB ini adalah kesederhanaannya. Ya, MYOB menawarkan ikon dan penjelasan yang jelas untuk setiap fungsi, seperti kebanyakan aplikasi lainnya.

Alhasil, yang belum belajar akuntansi pun bisa memanfaatkan program MYOB ini. Kamu hanya perlu memasukkan data ke dalam database untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan mudah.

2. Pemrosesan Perhitungan Akuntansi yang Akurat dan Tepat

Menggunakan program ini akan membuat perhitungan akuntansi lebih cepat dan lebih efisien. Pertimbangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghitung buku secara manual dan berbagai rumus akuntansi dalam satu bulan.

Hasilnya, penggunaan MYOB cukup menguntungkan dalam hal efisiensi waktu dan kecepatan komputasi akuntansi.

3. Dapat Membantu Mengelola Manajemen Proyek

MYOB dapat menangani banyak departemen jika kamu bertanggung jawab atas lebih dari satu. Jadi, karena MYOB adalah multi-user, dapat digunakan untuk memantau dan juga memproses data dari proyek-proyek yang diselesaikan oleh departemen yang kamu kelola, seperti keuangan, pemasaran, dan sumber daya manusia, dan kemudian memprosesnya untuk akuntansi. Dan laporan keuangan untuk perusahaan utuh.

4. Tidak Perlu Perawatan

Setelah diinstal, perangkat lunak dapat digunakan tanpa batas waktu tanpa perlu pemeliharaan atau bahkan biaya bulanan. Karena itu, MYOB sangat hemat biaya dalam jangka panjang, karena tidak perlu membayar lebih untuk program ini setiap bulan.

5. Software Cukup Murah untuk Kelas UKM

Harga program ini cenderung murah dan ekonomis. Karena akan membantu kamu dalam mengoperasikan perusahaan kamu sendiri, harga 6-7 juta untuk akses tanpa batas tidak terlalu mahal.

6. Terintegrasi dengan Basis Data Perusahaan

MYOB juga memiliki fungsi untuk berintegrasi dengan database perusahaan. Jadi kamu tinggal menginput database yang akan diolah dan dianalisa, dan hasilnya akan ditampilkan dengan cepat dan tepat. Tidak perlu menyalin file terlebih dahulu. Meskipun berbagai perangkat lunak basis data saat ini menyediakan koneksi perangkat lunak, perangkat lunak MYOB sangat mudah beradaptasi untuk kesulitan basis data karena basis data yang disimpan cukup aman.

7. Lebih Cepat Dalam Melakukan Perhitungan Akuntansi

Menggunakan program MYOB ini juga dapat mempercepat perhitungan akuntansi. Tidak perlu mengangkut data besar atau melakukan perhitungan rumus yang melelahkan. Kamu akan dapat melakukan perhitungan ini lebih cepat dan efisien.

Kekurangan Mind Your Own Business

Apa Kekurangan MYOB?

Selain keunggulan yang ditawarkan oleh MYOB, aplikasi ini juga memiliki kekurangan tertentu. MYOB memiliki kekurangan sebagai berikut:

1. Tidak Ada Fitur Pelaporan Perpajakan Indonesia

Dikarenakan MYOB dikembangan di Australia maka dari itu beberapa fiturnya masih mengadopsi australian style, termasuk perpajakannya. Sehingga untuk kamu yang ingin menghitung pajak, maka pelaporannya harus menggunakan software lainnya untuk melakukan perhitungan pajak.

2. Hanya Bisa Diterapkan pada Satu Perusahaan

MYOB lebih cocok digunakan oleh pemilik bisnis yang hanya memiliki satu perusahaan. Aplikasi MYOB tidak ideal bagi kamu yang memiliki lebih dari satu perusahaan karena tidak sesuai dengan tuntutan pelaku usaha.

3. Disediakan Hanya dalam Bahasa Inggris

Program MYOB ini memiliki kemampuan multi bahasa tetapi hanya menggunakan bahasa Inggris. Meskipun ini bukan masalah besar, beberapa pengguna bingung dengan perbedaan antara kata-kata bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

4. Format Neraca dalam Format Keuangan Australia

Karena dibuat di Australia, maka format neracanya juga neraca keuangan Australia. Hal ini tentunya diperumit dengan beberapa format yang sering digunakan di Indonesia.

5. Tidak Mendukung Multi Currency

MYOB ternyata tidak mendukung multi currency, sehingga kamu harus melakukan konversi mata uang terlebih dahulu sebelum menyelesaikan transaksi.

6. Belum Bisa Mendukung Fitur Multi Gudang

Kekurangan lainnya adalah MYOB tidak bisa membantu kamu yang memiliki banyak gudang. Ini, tentu saja, memperumit banyak hal, terutama jika kamu memiliki lebih dari satu fasilitas penyimpanan.

Pencatatan Transaksi Perusahaan pada Program MYOB

Pencatatan Transaksi Perusahaan pada Program MYOB

Setelah mengetahui apa itu MYOB beserta fungsi, kelebihan dan kekurangannya, selanjutnya kita akan membahas tentang sistem pencatatan transaksi pada program aplikasi MYOB. Ada banyak metode untuk mencatat transaksi perusahaan di MYOB, yaitu sebagai berikut:

1. Purchase Pembayaran ke Pemasok

Jenis pembayaran semacam ini dilakukan oleh perusahaan kepada pemasok yang terkait erat dengan operasi utama perusahaan untuk membeli produk atau jasa.

2. Sales-Penerimaan dari Konsumen

Jenis pencatatan semacam ini digunakan untuk melacak semua transaksi penjualan layanan atau barang, pengembalian uang penjualan, dan tanda terima penjualan.

3. Sales-Permohonan Pesanan dari Pelanggan

Jenis pencatatan ini digunakan untuk melakukan permintaan barang dari konsumen ke vendor.

4. Sales-Penjualan kepada Pelanggan

Jenis pencatatan ini merupakan prosedur pendataan dari menu penjualan yang dilakukan dengan cara pengisian faktur penjualan dengan metode pembukuan manual.

5. Banking-Penyetoran Dana

Jenis pencatatan ini digunakan untuk meringkas transaksi tunai atau bank yang melibatkan kredit atau cek.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu MYOB, mulai dari pengertiannya, sejarah awal mula adanya MYOB di Benua Asia, fungsi dari MYOB sampai dengan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki program MYOB ini.

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa MYOB (Mind Your Own Business) adalah aplikasi komputer akuntansi yang digunakan untuk mengatur dan mengolah data akuntansi. Dapat dikatakan, MYOB adalah aplikasi akuntansi yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi, baik kecil maupun besar.

Related Articles

Back to top button