Cara Menggunakan Google Sheets Untuk Pemula

Teknatekno.com – Bagi mereka yang masih belum memahami cara menggunakan Google Sheets, mungkin terlihat cukup sulit. Sebenarnya, jika sudah tahu cara menggunakannya, cukup sederhana. Spreadsheet atau Google Sheets menjadi salah satu aplikasi berbasis web yang sangat populer saat ini.

Salah satu alasan pelanggan menggunakan Spreadsheet adalah kemudahannya untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan banyaknya rumus fungsi yang bisa digunakan.

Spreadsheet bisa digunakan secara gratis dan kamu hanya perlu login menggunakan akun G-mail. Kamu bisa menggunakan rumus fungsi yang sama dengan yang kamu gunakan di Excel.

Sayangnya, banyak orang masih tidak memahami cara menggunakan Google Sheets, meskipun itu adalah salah satu fitur Google yang paling banyak digunakan.

Buat kamu yang masih bingung atau belum tahu bagaimana cara menggunakan Google Sheets, jangan khawatir! Kamu bisa simak langkah-langkah menggunakan Google Sheets dengan mudah dibawah ini.

Apa itu Google Sheets

Apa itu Google Sheets

Google Sheets atau Google Spreadsheet adalah sebuah software berbasis web yang bisa diandalkan untuk membuat tabel, pengolahan data, atau perhitungan sederhana.

Dimana program komputer tersebut digunakan untuk menampilkan, mengolah data, serta menyimpannya dalam bentuk baris dan juga kolom. Dengan baris yang biasanya menggunakan label angka dan kolom menggunakan label abjad.

Pertemuan antara baris dan kolom tersebut dinamakan sel, sehingga penamaan sel sel ini dilakukan sesuai penggunaan label pada baris dan kolom yang dipakai. Sebagai contoh C1, C2, C3, dan seterusnya.

Jika dilihat sekilas mengenai pengertian dan deskripsi Google Spreadsheet, mungkin banyak orang membayangkan Microsoft Excel yang sudah lebih dulu dikenal secara luas.

Namun ada hal yang membedakan antara Google Sheets ini dengan software sejenis seperti Microsoft Excel maupun Numbers milik Apple.

Perbedaan tersebut terletak pada kemudahan melakukan kolaborasi antar para penggunanya. Karena, Google Spreadsheet berbasis cloud computing yang mengandalkan koneksi internet, yang memungkinkan interaksi lebih mudah.

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menggunakan Google Sheets:

  1. Pertama, buka aplikasi browser di laptop atau PC, lalu masukkan alamat situs https://www.google.com/docs/about/. Klik pada tab Spreadsheet yang ada di atas halaman.
  2. Untuk bisa mengakses Google Sheet secara gratis, pilih opsi Pribadi dan klik Buka Google Spreadsheet. Pastikan kamu sudah login dengan akun Google kamu.
  3. Buat tabel dengan memilih Blank pada Start a New Spreadsheet.
  4. Tampilan spreadsheet baru terdiri dari sel, baris, dan kolom seperti Microsoft Excel. Pada bagian atas, kamu bisa mengganti judul spreadsheet.
  5. Di bagian bawah, klik kanan pada Sheet dan pilih Rename untuk mengganti nama sheet tersebut.
  6. Isi setiap sel, kolom, dan baris pada file spreadsheet tersebut sesuai kebutuhan pekerjaan. Caranya, klik Insert dan pilih opsi yang diperlukan.
  7. Selain itu, klik kanan pada sel yang diinginkan dan kamu akan melihat berbagai opsi mulai dari menambahkan kolom, menghapus kolom, dan lainnya.

Cara Menggunakan Google Spreadsheet

Cara Mengonversi Excel ke Google Sheets

Jangan khawatir jika kamu memiliki file Excel dan ingin memodifikasinya di Spreadsheet! Karena kamu bisa dengan cepat mengonversi Excel ke Spreadsheet dan memodifikasinya. Jadi, bagaimana cara mengimpor file Excel ke Google Sheets? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Spreadsheet, klik File, lalu pilih opsi Import.
  2. Setelah itu, cari file Excel yang mau kamu konversikan dan kamu bisa langsung mengeditnya di Google Sheets.

Cara Membuat Pivot Tabel di Google Spreadsheet

Jika kamu ingin membuat tabel pivot tetapi tidak memiliki software Microsoft Excel di laptop atau PC, kamu bisa menggunakan Google Spreadsheet. Jadi, bagaimana cara membuat pivot table di Google Sheet? Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama dalam membuat pivot table di Google Sheet adalah menyiapkan tabel yang kamu inginkan. Cara mengoperasikannya cukup mirip dengan di Excel hanya saja dengan sedikit modifikasi.
  2. Masukkan alamat situs https://www.google.com/docs/about/ di kolom pencarian browser. Klik pada tab Sheet yang ada di kiri atas halaman.
  3. Untuk bisa mengakses Google Sheet secara gratis, pilih opsi Personal. Setelah itu, login dengan akun Google kamu. Buatlah tabel dengan memilih Blank pada Start a new spreadsheet.
  4. Kalau kamu ingin mencoba fitur pivot table di aplikasi pengolah angka ini tapi nggak punya tabel sendiri, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.
  5. Setelah tabel siap, kini saatnya kamu membuat pivot table. Pertama-tama, klik pada ribbon Data yang ada di bagian atas layar kamu. Pada menu yang muncul, pilih Pivot Table.
  6. Kalau kamu ingin membuat pivot table di dalam spreadsheet yang sama, pilih Existing Sheet. Setelah itu, pilih lokasi di mana kamu ingin menempatkan pivot table dengan pilih ikon dengan bentuk jendela.
  7. Klik pada kolom yang kamu inginkan. Saran kami, taruh pivot table beberapa kotak di bawah tabel yang telah kamu buat sebelumnya. Setelah selesai, pilih OK.
  8. Pivot table kamu akan muncul, hanya saja belum ada data yang muncul. Tengok ke sebelah kanan layarmu lalu carilah Pivot Table Editor.
  9. Masukkan Row, Coloumns, dan Value sesuai dengan yang kamu inginkan.
  10. Setelah kamu menyetel pivot table editor, maka di spreadsheet kamu akan muncul tabel.

Cara Membuat Grafik di Google Spreadsheet

Selain tabel pivot, Google Spreadsheet memungkinkan kamu membuat bagan atau bagan. Metodenya mirip dengan cara membuat grafik di Excel. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mempelajari cara membuat grafik di Google Spreadsheet:

  1. Buka file Google Sheets yang akan diedit. Lalu, blok sel atau kolom yang akan diubah ke dalam bentuk grafik.
  2. Klik Insert, lalu pilih Charts.
  3. Google Sheet akan secara otomatis mengubah data ke dalam bentuk chart. Jika tidak sesuai keinginan, kamu masih bisa mengubah tipe chart.
  4. Untuk mengganti bentuk chart, klik kolom Chart Type yang berisi pilihan tipe grafik seperti Line, Area, Column, Bar, Pie, Map, dan lainnya. Pilih dan buat grafik yang dibutuhkan.

Cara Membuat Google Sheet

Cara Menggunakan Spreadsheet di HP

Kamu bisa membuat Google Spreadsheet di ponsel Android selain PC atau laptop. Pada kenyataannya, kamu bisa dengan mudah memodifikasinya. Untuk mempelajari cara mengedit spreadsheet di Android, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, kamu harus download Google Spreadsheet di HP kamu terlebih dahulu. Kamu bisa mendapatkannya di Play Store.
  2. Kamu bisa membuat spreadsheet baru seperti yang sudah dibahas sebelumnya, atau bisa juga membuka spreadsheet yang sudah ada sebelumnya.
  3. Setelah terbuka, klik sel yang ingin di edit. Klik tombol + untuk memunculkan beragam opsi. Pilih opsi yang diperlukan dan kamu bisa mengedit sesuka hati.

Cara Menggunakan Google Sheets Offline

Ketika paket data kamu habis atau koneksi internet kamu lambat, kamu tetap bisa menggunakan Spreadsheet secara offline. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebelum menggunakan Google Sheets secara offline, pertama pastikan kamu terhubung ke internet dan gunakan browser Google Chrome.
  2. Install dan aktifkan ekstensi Google Docs Offline. Pastikan juga ruang penyimpanan cukup untuk file tersebut.
  3. Selanjutnya, kamu bisa langsung mengaktifkan sistem offline dengan cara buka Google Drive, lalu pilih menu Settings. Centang kotak Offline.
  4. Di bagian atas, klik tombol Ready for Offline dan aktifkan opsi Offline Preview.
  5. Selesai! Kamu sudah bisa mengedit Spreadsheet secara offline.

Cara Membagikan File Google Sheets

Selain untuk diakses oleh diri sendiri, kamu bisa berbagi file Google Spreadsheet dengan siapa pun yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menentukan apakah mereka bisa memodifikasi file secara langsung atau hanya membaca isinya.

Untuk membagikan Spreadsheet, cukup ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini dan pilih pengaturan yang diinginkan:

  1. Klik tombol Share di pojok kanan atas, lalu klik tombol Change to anyone with the link.
  2. Kamu juga bisa menambahkan orang lain dengan memasukkan alamat emailnya pada kolom Add People and Groups, atau bisa juga klik Copy Link dan membagikan link tersebut melalui aplikasi chatting seperti WhatsApp.
  3. Kamu juga bisa mengatur apakah orang tersebut bisa mengedit, meninggalkan komentar, atau hanya melihat isinya saja. Caranya, centang kolom pada pengaturan yang dikehendaki.

Cara Melindungi Data Google Sheets

Selain berbagi file Spreadsheets, kamu juga bisa mengamankannya dengan beberapa opsi berguna. Lihat caranya di bawah ini:

  1. Buka file Spreadsheet. Klik Data, lalu pilih Protected Sheets and Ranges.
  2. Pilih Range atau Sheet untuk melindungi seluruh lembar. Pilih data yang ingin kamu lindungi. Kamu juga bisa menambahkan deskripsi. Klik Set Permissions jika sudah selesai.
  3. Kemudian, pilih opsi untuk menampilkan peringatan kesalahan kepada siapa saja yang mencoba untuk mengedit file tersebut. Klik Done jika sudah selesai.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar cara mengoperasikan dan menggunakan Google Sheets. Di program ini kamu bisa membuat pivot table, mengkonversi excel kedalamnya, membuat grafik, mengedit spreadsheet secara online maupun offline, serta bisa membagikannya. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya!

Related Articles

Back to top button