17 Ide Usaha Makanan untuk Pemula yang Mudah dan Menguntungkan

Teknatekno.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan paling pokok dalam kehidupan manusia. Setiap hari, orang-orang mencari makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan memanjakan lidah mereka. Oleh karena itu, usaha makanan selalu menjadi salah satu jenis usaha yang stabil dan menjanjikan.

Terlebih lagi, dengan semakin berkembangnya tren kuliner dan gaya hidup, peluang dalam dunia kuliner semakin terbuka lebar. Namun, memulai usaha makanan tidak selalu mudah, terutama bagi para pemula.

Mungkin Teknozen adalah salah satu yang memiliki hasrat besar untuk memasuki industri ini, tetapi tidak tahu harus memulai dari mana. Jangan khawatir, kami hadir untuk memberikan panduan yang berguna. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan 17 ide usaha makanan yang dirancang khusus untuk para pemula.

Ide-ide ini tidak hanya mudah dijalankan, tetapi juga memiliki potensi besar untuk menghasilkan keuntungan yang menggiurkan. Kamu akan mendapatkan wawasan mendalam tentang berbagai konsep bisnis makanan yang bisa kamu coba, sehingga kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan minat dan keterampilan kamu.

Dari makanan ringan yang populer hingga hidangan khas yang unik, artikel ini akan memberikan gambaran lengkap tentang berbagai peluang yang bisa kamu manfaatkan dalam industri makanan.

Dengan membaca artikel ini, kamu akan siap untuk memulai perjalanan kamu dalam dunia bisnis kuliner. Jadi, mari kita mulai menjelajahi 17 ide usaha makanan yang mudah dan menguntungkan untuk para pemula.

Contoh Bisnis Makanan Ringan

Berikut ini adalah contoh usaha makanan yang cocok bagi kamu yang ingin memulai usaha:

Contoh Usaha Makanan Ringan

1. Frozen Food

Frozen food adalah salah satu dari sepuluh besar usaha kuliner di dunia saat ini. Makanan beku termasuk nugget, sosis, tempura, dim sum, bakso, dan kentang telah menjadi populer.

Makanan beku dari banyak varietas dapat digunakan sebagai lauk pauk atau camilan sehari-hari. Harga sekarang lebih bervariasi, mulai dari yang paling mahal hingga yang paling rendah.

Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan dan sumber keuangan kamu sendiri. Menjual makanan beku juga tidak membutuhkan persediaan yang banyak.

Untuk menyimpan barang dagangan kamu, yang kamu butuhkan hanyalah kotak freezer dan kulkas. Kamu bisa menjalankan bisnis kuliner yang laris manis ini dengan beberapa lembar spanduk, brosur, dan pemasaran media sosial.

2. Usaha Warteg

Bisnis makanan warteg ini bisa ditemukan hampir di setiap lokasi, khususnya di pulau jawa. Warteg merupakan tempat makan yang populer bagi masyarakat dari berbagai kalangan.

Harganya terjangkau, dan pilihan makanannya luas dan enak, sehingga mereka terus kembali ke warteg. Tidak ada salahnya memulai bisnis makanan warteg di dekat tempat tinggal kamu jika kamu memiliki bakat kuliner yang kuat.

3. Mie Baso dan Mie Ayam

Mie baso menjadi favorit banyak orang, terutama mereka yang berdomisili di pulau jawa. Banyaknya penjual mie baso menunjukkan bahwa makanan ini sangat disukai oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Harganya terjangkau, produknya enak dan tentu saja bergizi. Jika kamu ingin memulai bisnis ini, kamu harus memiliki baso yang bagus dan kenyal karena tekstur dan citra rasa adalah yang dicari banyak pelanggan.

4. Gorengan

Gorengan adalah salah satu dari sepuluh kategori bisnis kuliner yang laris manis dengan investasi yang minim. Gorengan tidak dapat dipungkiri merupakan salah satu kenikmatan gastronomi yang paling banyak dicari, dan tidak akan ada matinya.

Bisnis kuliner yang dilakukan di rumah adalah salah satu metode bisnis kuliner yang paling praktis dan menjanjikan. Kecenderungan masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi masakan yang digoreng memang tidak bisa dipungkiri.

Gorengan, selain dikonsumsi sebagai camilan, juga dapat disajikan sebagai lauk pauk. Sebut saja tahu isi goreng, tempe mendoan goreng, dan bakwan sayur.

Ketiganya merupakan gorengan yang wajib ada dalam setiap usaha kuliner dan dapat dikonsumsi sebagai camilan atau lauk. Usaha kuliner juga tidak membutuhkan banyak uang tunai.

Ide Bisnis Kuliner

5. Risol Aneka Isi

Risol adalah salah satu dari sepuluh usaha kuliner yang paling populer, dan kamu juga bisa mencobanya. Daya tarik risol sebagai salah satu suguhan yang paling banyak dicari belum pudar.

Semakin hari, semakin banyak variasi risol yang bermunculan. Risol yang dulunya didominasi rasa gurih, kini hadir dalam rasa manis, terutama risol cokelat.

Isian yang bervariasi ini dapat dijual dalam frozen food atau siap saji. Risol mayo isi sosis, ham, tuna, risol vegetarian isi telur, risol isi keju mozzarella, dan risol isi cokelat leleh, semuanya tersedia untuk dijual.

Cara membuat berbagai isian risol ini juga cukup mudah. Banyak resep yang bisa ditemukan di internet. Tidak ada salahnya mencoba berjualan risol dengan isian yang berbeda jika pasarnya dirasa menjanjikan.

6. Usaha Ayam Goreng Crispy

Bisnis ayam goreng crispy adalah bisnis menarik berikutnya. Makanan berbahan dasar ayam sangat populer di kalangan sekitar 80% masyarakat Indonesia.

Selain enak disantap dengan cara digoreng atau dipanggang, banyak pelaku usaha yang memproduksi ayam goreng crispy yang sebanding dengan franchise ayam goreng ternama di tanah air.

Meskipun dipasarkan dengan biaya rendah, rasa ayam goreng crispy tidak dikompromikan, dan beberapa bahkan telah diwaralabakan dengan harga murah. Alhasil, kamu mungkin akan berburu bisnis waralaba dengan biaya startup yang rendah untuk memulai bisnis ini.

7. Seblak

Kamu mungkin bisa mencoba bisnis masakan seblak. Seblak merupakan salah satu dari sepuluh besar kuliner terlaris, karena rasanya yang pedas dan teksturnya yang khas. Anak muda memilih seblak sebagai camilan yang mengenyangkan.

Membuka usaha seblak tidak membutuhkan modal yang besar atau bakat kuliner seorang koki restoran. Hal ini karena seblak mudah dibuat dan komponen utamanya, seperti kerupuk, ceker, sosis, bakso, dan makaroni, banyak tersedia.

8. Sosis Bakar

Jika kamu pergi ke pasar kaget, bazar, atau mal ritel, kamu akan selalu menemukan penjual yang menjual sosis bakar. Meskipun ada banyak penjual yang menjual sosis di daerah itu, hidangan ini sangat diminati di setiap stand atau toko.

Hal ini menunjukkan bahwa sosis bakar menjadi makanan yang populer. Jika kamu ingin memulai bisnis ini, kamu harus memilih sosis yang enak dan menguntungkan.

Contoh Usaha Makanan untuk Pemula

9. Ayam Geprek

Selain ayam crispy, menu favorit semua orang adalah ayam geprek. Pada dasarnya, ayam geprek ini adalah ayam goreng yang dibumbui dengan cabai secukupnya. Karena kepopuleran ayam geprek ini, salah satu artis ibu kota meluncurkan bisnis ayam geprek dengan variasi menu dan olahannya.

10. Snack Kering

Snack kering adalah 10 jenis usaha kuliner yang paling laku lainnya. Jajanan kering, baik yang klasik maupun modern, juga sedang naik daun di pasaran. Karena target kliennya sebagian besar adalah anak muda, maka iklan media sosial menjadi salah satu pilihan terbaik.

Camilan kering pedas adalah yang paling populer dan banyak diminati. Keripik singkong, kerupuk kulit, makaroni, mie lidi, seblak, dan batagor adalah beberapa makanan kering yang sering dipasarkan dengan campuran bumbu pedas. Warna kemerahan dari makanan kering ini sangat menarik bagi konsumen.

Kamu tidak perlu memproduksi sendiri camilan ini, yang menarik dan memiliki potensi pasar yang luar biasa. Kamu hanya perlu mencari pemasok atau berkolaborasi dengan produsen camilan. Pelanggan akan dengan cepat membanjiri camilan ini jika strategi periklanan yang tepat digunakan.

11. Usaha Makanan Aneka Kue

Secara umum jenis kue ada dua, yaitu kue kering dan kue basah.

Kue kering dapat bertahan lebih lama jika dibuat dan diawetkan dengan benar. Sementara itu, kue basah tidak bertahan lama dan harus segera dikonsumsi sebelum menjadi basi dan tidak menarik. Pertimbangkan jenis kue yang ingin kamu tawarkan, apakah cocok dengan target market kamu?

Berdasarkan pengetahuan kita, kue-kue kering bisa dijual secara online ataupun offline karena lebih tahan lama. Biasanya jenis kue-kue ini banyak dicari pada momen-momen tertentu, misalnya saat akan lebaran, natal, dan tahun baru.

Sedangkan kue basah biasanya dijual secara offline di pasar-pasar tradisional atau di pusat perbelanjaan. Kue-kue basah lebih sering dibeli dibandingkan dengan kue kering dan peminatnya sangat banyak.

Beberapa kue basah yang sangat laris di pasaran di antaranya; kue lapis, kue lemper, kue kukus, kue bolu, kue apem, dan lain-lain.

Usaha Jajanan Anak Sekolah

12. Usaha Jajanan Anak Sekolah

Meskipun beberapa sekolah sekarang menggunakan catering untuk memenuhi kebutuhan makanan para siswanya, namun ada juga yang masih mengizinkan pedagang untuk mendirikan stan di depan sekolah untuk menjual dagangannya.

Bisnis jajanan anak sekolah ini sangat menjanjikan, jadi kamu bisa memilih jajanan anak sekolah mana yang sangat populer dan kemudian membuat makanan khasnya. Ingatlah untuk tetap menjaga kebersihannya.

13. Usaha Makanan Aneka Donat

Donat adalah makanan favorit lain di antara banyak orang. Tentu saja, ini bisa menjadi peluang bisnis makanan yang menguntungkan. Secara umum, donat yang dibeli di toko itu manis. Dengan sedikit imajinasi, kamu bisa mengubah rasa donat yang manis menjadi gurih.

Kamu bisa membuat donat mozzarella, donat ayam jamur, donat pizza, donat abon sapi, dan berbagai rasa lainnya, misalnya. Orang akan tertarik membeli karena berbagai rasa yang kamu sediakan. Dan, tentu saja, jika mereka menyukai rasanya, mereka akan membelinya lagi.

14. Usaha Makanan Aneka Cilok

Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Ya, baik nama maupun sajiannya memang unik. Camilan ini dibuat menggunakan tepung aci. Cilok sering disajikan dengan sambal atau saus kacang.

Bisnis cilok kebanyakan melayani anak muda. Misalnya, anak sekolah dan mahasiswa yang suka jajan. Kamu juga boleh mengubah tampilan menu cilok.

Misalnya, membuat cilok dengan isian ayam, isian daging sapi, isian kerang, isian ikan, dan isian lainnya. Cilok juga dapat disajikan dengan berbagai macam saus. Saus asam manis, saus barbeque, saus sambal pedas, dan berbagai saus lainnya adalah contohnya.

Bisnis Makanan yang Menguntungkan

15. Bisnis Makanan Pisang Nugget

Makanan ringan ini dibuat dengan menggunakan bahan pisang yang sederhana. Nugget pisang dibuat dengan menggunakan pisang, tepung, gula, garam, keju parut, telur, dan air secukupnya.

Bahan-bahan lain, seperti cokelat, keju, kacang-kacangan, dan lainnya, biasa digunakan untuk membuat topping. Salah satu suguhan kuliner yang paling digemari adalah pisang nugget. Alhasil, berjualan pisang nugget menjadi salah satu usaha makanan yang paling menggiurkan.

16. Usaha Makanan Tahu Bulat

Karena pemasarannya yang unik, tahu bulat telah menjadi camilan populer di Indonesia. Tahu bulat, yang diantar dengan mobil bak terbuka dan diiringi dengan lagu yang khas, cukup populer di Indonesia, terutama di jawa.

Hingga saat ini, tahu bulat terus eksis dan dicari oleh banyak orang. Bahkan di tahun 2019, tahu bulat menjadi bisnis yang populer.

17. Usaha Roti Bakar

Bisnis roti bakar adalah bisnis kuliner berikutnya yang bisa kamu mulai. Roti bakar selalu tersedia di pinggir jalan atau di pusat-pusat perbelanjaan di pulau jawa indonesia.

Roti bakar paling enak disajikan pada malam hari dengan susu murni hangat dalam berbagai rasa yang dapat disesuaikan dengan selera. Jika kamu ingin menawarkan makanan ini, jangan lupa untuk menyertakan topping unik yang akan menarik bagi berbagai individu, terutama yang masih muda.

Kesimpulan

Demikianlah informasi yang bisa Teknatekno berikan seputar ide bisnis makanan yang mudah dan menguntungkan. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi Teknozen yang ingin memulai usaha di dunia kuliner.

Ingatlah, kunci keberhasilan adalah kreativitas, kualitas, dan komitmen. Selamat mencoba, dan jangan ragu untuk terus mengasah keterampilan kuliner kamu demi meraih kesuksesan dalam bisnis makanan kamu!

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja.Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita.Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like