Apa itu Humas Menurut Para Ahli Update Terlengkap

Teknatekno.com – Apa itu humas? Humas merupakan singkatan dari hubungan masyarakat, yang merupakan seni meningkatkan kesadaran publik untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap seseorang atau lembaga.

Hubungan masyarakat terkadang dikenal sebagai hubungan masyarakat atau public relations dalam bahasa Inggris. Humas adalah fungsi dari sebuah organisasi yang berinteraksi, berhubungan, dan berkolaborasi dengan masyarakat yang terkait dengan organisasi tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya lagi kamu bisa simak artikelnya dibawah ini.

Apa itu Humas

Apa itu Humas?

Secara awam, humas adalah proses komunikasi strategis yang digunakan oleh salah satu pihak, baik itu seseorang, korporasi, atau organisasi, untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan masyarakat.

Humas adalah divisi dari sebuah perusahaan yang bertugas merancang strategi komunikasi yang unik dengan media yang berbeda untuk membangun citra.

Secara sederhana, humas adalah proses strategis yang mengelola distribusi dan penyebaran informasi tentang organisasi kepada masyarakat atau publik untuk menjaga citra positif perusahaan dan mereknya. Proses humas berfokus pada berbagai aspek, termasuk yang berikut ini:

  • Informasi apa yang harus dipublikasikan?
  • Bagaimana data harus disusun.
  • Bagaimana informasi harus dipublikasikan.
  • Media apa yang digunakan untuk menyebarkan informasi?

Pengertian Humas Menurut Para ahli

Pengertian Humas Menurut Para ahli

Berikut ini adalah apa itu humas menurut para ahli yang perlu kamu ketahui:

1. Howard Bohham

Menurut Howard Bohham, apa itu humas adalah seni menciptakan pengetahuan publik yang lebih besar dalam rangka meningkatkan kepercayaan publik atau peningkatan pemberdayaan suatu lembaga atau kelompok.

2. W. Emerson Reck

Humas diartikan sebagai kelanjutan dari perumusan kebijaksanaan oleh suatu organisasi dalam rangka memperoleh kepercayaan masyarakat.

3. Muslimin (2000)

Humas adalah fungsi manajemen yang menelaah pandangan publik, menunjukkan kebijaksanaan dan tata cara individu atau organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan melaksanakan rencana kerja untuk memperoleh pengertian dan pengakuan publik.

4. Maria Assumpta Rumanti

Humas adalah suatu tindakan atau kegiatan yang proses kegiatannya meliputi empat tahap: penelitian, penemuan, analisis, pengolahan data, dan sebagainya perencanaan yang terencana, pelaksanaan yang tepat, evaluasi setiap langkah, dan evaluasi keseluruhan.

5. Onong Uchjana Effendy (2006)

Definisi humas adalah hubungan dua arah timbal balik antara organisasi dengan publik dalam rangka mendukung kegiatan dan tujuan manajemen dengan mengedepankan kerja sama dan saling memuaskan kepentingan bersama.

6. Marston (1999)

Menurut Marston, humas adalah strategi yang menggunakan metode komunikasi persuasif untuk mempengaruhi sikap publik.

7. Suryosubroto (1988)

Suryosubroto mendefinisikan humas sebagai “suatu kegiatan untuk menanamkan dan memperoleh pengertian, goodwill, kepercayaan, dan respek dari publik suatu instansi khususnya dan masyarakat pada umumnya.”

8. J. C. Seidel

Menurut Seidel, humas adalah proses kegiatan manajemen yang konstan yang bertujuan untuk memperoleh goodwill dan pengertian dari pelanggan, pekerja, dan publik yang lebih luas.

9. Rex Harlow

Definisi public relations adalah peran manajemen yang khas yang mendukung pembentukan dan pemeliharaan rute bersama antara bisnis dan publiknya dalam hal kegiatan komunikasi, pemahaman, dan kolaborasi.

10. James E. Grunig

Menurut buku James E. Grunig yang berjudul Directing Public Relations, definisi humas adalah “kegiatan mengelola transmisi informasi antara orang atau organisasi dan publik.”

11. Frank Jefkins (2002)

Semua jenis komunikasi yang disengaja, baik ke dalam maupun ke luar, antara organisasi dan semua khalayaknya untuk mencapai tujuan yang ditentukan berdasarkan saling pengertian disebut sebagai hubungan masyarakat.

12. Edward L. Berney

Berney mendefinisikan public relations sebagai “suatu kegiatan dalam meyakinkan publik agar memiliki pemahaman yang positif dan maksud-maksud yang baik.”

Menurut Rosady Ruslan

13. Rosady Ruslan (2005)

Menurut Rosady Ruslan, humas adalah seni dan ilmu sosial yang digunakan untuk menilai tren, mengantisipasi dampak, menasihati para pemimpin organisasi, dan melaksanakan program terencana yang menangani kegiatan yang melayani, baik untuk keuntungan bisnis maupun kepentingan publik.

14. Anthony Davis

Menurut Anthony Davis, hubungan masyarakat adalah manajemen komunikasi antara organisasi dan publiknya.

15. Jeffkins dan Daniel Yadin

Hubungan masyarakat juga dapat digambarkan sebagai sistem komunikasi yang berfokus pada peningkatan niat baik di antara banyak pihak.

16. M. Linggar Anggoro (2000)

Menurut Linggar Anggoro, humas merupakan bidang atau fungsi khusus yang diperlukan oleh setiap organisasi, baik organisasi yang bersifat komersial (bisnis) maupun organisasi yang bersifat non-komersial.

17. H.A.W. Widjaja (2002)

Menurut Widjaja, definisi humas adalah profesi yang mengelola interaksi antara suatu unit dengan publiknya, yang menentukan kehidupan unit tersebut.

18. Cultip, Center dan Broom

Humas digambarkan sebagai fungsi manajemen yang mencoba membangun dan memelihara hubungan yang menguntungkan dan bermanfaat antara perusahaan dan masyarakat umum, yang mungkin memiliki pengaruh positif pada keberhasilan atau kegagalan organisasi.

19. Oemi Abdurrachman, MA

Pengertian humas secara umum adalah filosofi manajemen yang mengutamakan kepentingan orang lain dalam segala keputusan dan tindakan.

20. Coulsin dan Thomas (2002)

Hubungan masyarakat adalah upaya yang konstan dan disengaja untuk menciptakan dan mempertahankan saling pengertian antara perusahaan dan komunitasnya. Hubungan masyarakat adalah proses atau tindakan yang berupaya mengembangkan kontak antara organisasi dan pemangku kepentingan eksternalnya.

21. Public Relation World Conference

Hubungan masyarakat didefinisikan sebagai perpaduan ilmu pengetahuan dan seni yang digunakan untuk meramalkan dan memperkirakan implikasi dari tindakan bisnis dan memberikan saran terbaik bagi perusahaan.

22. International Public Relations Association

Menurut IPRA (international public relations association), hubungan masyarakat adalah fungsi manajemen kualitas yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari pihak-pihak yang terhubung atau terkait.

23. Webster’s New Wold Dictionary

Hubungan masyarakat digambarkan sebagai hubungan yang dikembangkan untuk publik dengan organisasi untuk menciptakan opini publik atau untuk membangun citra diri organisasi.

24. Buku Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan (2006)

Semua tindakan dan strategi yang digunakan oleh organisasi atau orang untuk mengembangkan atau memelihara sikap dan reaksi positif dari pihak luar terhadap kehadiran dan kegiatan mereka disebut sebagai humas.

25. Zulkarnain Nasution (2006)

Humas di lembaga pendidikan digambarkan sebagai peran manajemen yang khas antara perusahaan dengan publiknya, atau antara lembaga pendidikan dengan publik internal (dosen, dosen, mahasiswa) dan eksternal (orang tua, masyarakat, lembaga luar).

Apa Saja Fungsi Humas

Apa Saja Fungsi Humas?

Berikut adalah beberapa fungsi humas yang perlu kamu ketahui yaitu:

  1. Memonitor, mengevaluasi, menginterpretasikan, dan meramalkan sikap dan pandangan publik tentang perusahaan.
  2. Membuat rencana komunikasi untuk membantu kampanye atau gerakan perusahaan.
  3. Menulis dan mendistribusikan rilis berita atau pengumuman perusahaan.
  4. Menyiapkan dan menyampaikan pidato.
  5. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan publik dan media.
  6. Menciptakan dan memelihara hubungan dengan wartawan dari berbagai media, baik cetak maupun online.
  7. Mengatur dan memelihara kontak dengan lembaga atau entitas pemerintah.
  8. Menjalin dan memelihara kontak dengan kelompok dan organisasi publik.
  9. Menjalin dan memelihara hubungan positif dengan investor.

Secara umum, tujuan mendasar dari hubungan masyarakat adalah untuk mengembangkan pemahaman dan pengetahuan tentang semua fakta tentang urutan kejadian sehingga organisasi mendapatkan kasih sayang dari situasi dan peristiwa ini.

Apa Saja Tugas Humas?

Tanggung jawab hubungan masyarakat suatu organisasi mencakup hal-hal berikut ini:

  1. Membuat kesan atau citra.
  2. Persepsi yang dimiliki seseorang tentang seseorang, sesuatu, atau keadaan berdasarkan tingkat pemahamannya.
  3. Pemahaman dan pengetahuan
  4. Humas memainkan peran penting dalam menginformasikan khalayak internal dan eksternal dengan memberikan informasi faktual dengan cara yang mudah dipahami.
  5. Menciptakan Kegembiraan
  6. Humas juga harus mampu membangkitkan perhatian publik dalam keadaan yang memiliki pengaruh signifikan terhadap perusahaan.
  7. Penerimaan oleh masyarakat umum
  8. Public relations bertanggung jawab untuk menjelaskan keadaan atau kejadian kepada publik sehingga permusuhan atau apatisme yang ada di sekitarnya dapat diubah menjadi pemahaman dan penerimaan.
  9. Meraih Simpati
  10. Untuk memperoleh rasa iba, humas harus mampu mengkomunikasikan informasi secara efektif kepada publik.

Apa Saja Jenis-Jenis Humas

Jenis-Jenis Humas

Hubungan masyarakat atau sering dikenal dengan sebutan humas memiliki beberapa jenis. Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis humas yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Employee Relations

Employee relations adalah bagian dari hubungan masyarakat yang berhubungan dengan koneksi di dalam perusahaan atau organisasi.

Seperti yang kamu ketahui, hubungan antara pekerja atau anggota harus dijaga dengan benar agar bisnis atau organisasi dapat berkembang dan dikenal oleh publik. Tidak dapat disangkal bahwa jika hubungan antara pekerja atau anggota tegang, organisasi tidak mungkin maju.

Dengan demikian, hubungan karyawan dapat didefinisikan sebagai semacam hubungan masyarakat yang bertugas menjaga hubungan antara pekerja dan pemimpin atau pemimpin dan anggota. Komunikasi hubungan karyawan sangat penting untuk melestarikan hubungan tersebut.

2. Government Relations

Setiap produksi yang dilakukan oleh perusahaan harus sesuai dengan aturan atau peraturan pemerintah. Oleh karena itu, divisi hubungan masyarakat harus mengidentifikasi berbagai jenis aturan pemerintah.

Hubungan pemerintah adalah jenis hubungan masyarakat yang berkaitan dengan aturan pemerintah. Singkatnya, jenis hubungan masyarakat ini menghubungkan pemerintah dan perusahaan untuk menghindari kesalahpahaman. Bentuk hubungan masyarakat ini sering dibutuhkan di perusahaan Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa setiap perusahaan yang mengembangkan, memproduksi, dan sebagainya harus mematuhi hukum pemerintah. Jika kamu melanggar larangan pemerintah, perusahaan dapat didenda, yang mungkin memberikan reputasi buruk pada perusahaan.

3. Customer Relations

Customer relationsadalah cabang dari hubungan masyarakat yang tujuannya adalah untuk menjaga hubungan positif dengan pihak-pihak di luar perusahaan, seperti masyarakat atau pelanggan.

Bentuk hubungan masyarakat ini sering dikatakan sebagai salah satu teknik untuk mempertahankan barang perusahaan agar tetap digunakan oleh pelanggan sehingga mereka tidak beralih ke barang dari perusahaan lain.

Hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan biasanya berupa fasilitas berupa layanan informasi bagi konsumen dalam bentuk public relations ini.

Fasilitas ini dirancang untuk meminta umpan balik dari pelanggan dalam bentuk kekurangan, dan perusahaan berusaha untuk menyampaikan informasi yang paling akurat kepada pelanggan.

Media Relations

4. Media Relations

Sangat penting bagi perusahaan atau organisasi untuk menciptakan hubungan dengan tim media massa, jurnalis, dan sebagainya. Hal ini diperlukan karena sumber berita dari awak media sangat penting bagi keberlangsungan bisnis atau organisasi dan dapat memberikan citra yang baik bagi perusahaan atau organisasi tersebut.

Jika perusahaan atau organisasi tidak dapat berkolaborasi secara efektif dengan tim media, kemungkinan besar akan memproyeksikan citra yang buruk. Akibatnya, ada bentuk hubungan media hubungan masyarakat.

Bentuk public relations ini memiliki pertarungan yang signifikan karena harus menghubungkan public relations perusahaan atau organisasi dengan awak media.

Hal ini karena akan ada banyak gambar yang tercipta di media, sehingga perusahaan atau organisasi harus menghindari membuat blunder yang mematikan.

5. Community Relations

Setiap organisasi atau korporasi pasti akan membutuhkan kolaborasi atau mencari mitra untuk berkembang. Akibatnya, bisnis atau organisasi dapat diterima untuk membangun hubungan positif dengan mitra yang didorong untuk berkolaborasi. Hal ini diperlukan untuk pengembangan perusahaan yang dibuat.

Hubungan masyarakat adalah bentuk hubungan masyarakat yang bertugas melakukan dan menjaga hubungan baik dengan mitra atau partner tersebut.

Kerjasama dengan mitra akan terjalin dengan kuat dengan adanya bentuk hubungan masyarakat ini, sehingga memungkinkan usaha atau organisasi tersebut berkembang pula. Lebih jauh lagi, keberadaan bentuk humas ini akan membantu mempertahankan citra baik perusahaan.

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar apa itu humas.

Apa Saja Ciri-Ciri Humas?

Kualitas Hubungan Masyarakat adalah sebagai berikut:

  • Humas merupakan kegiatan komunikasi dalam suatu organisasi yang berlangsung dua arah secara timbal balik.
  • Humas merupakan penunjang tercapainya tujuan yang telah ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi.
  • Publik sasaran.

Apakah 3 Macam-Macam Humas?

  • Humas lembaga pemerintah
  • Hubungan masyarakat dalam lingkungan sosial
  • Humas dalam industri dan bisnis

BACA JUGA:

Pengertian Manajemen Perkantoran Menurut Para Ahli
Pengertian Marketing Public Relations, Tujuan dan Fungsi
Pengertian Kantor Menurut Para Ahli

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa humas ini sangat diperlukan oleh setiap perusahaan atau organisasi karena dengan divisi ini, citra positif dapat terbentuk dengan baik.

Humas juga berperan aktif dalam menjaga komunikasi antara pimpinan dengan bawahan dan menjaga hubungan dengan pemerintahan. Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu humas, fungsi, tugas dan jenis-jenis humas. Semoga bermanfaat ya!

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button