Apa itu Mod Apk? Kenali Bahaya Apk Mod Untuk Smartphone

Teknatekno.com – Sebagian dari kita mungkin ada yang belum mengenal apa itu Mod Apk. APK sendiri merupakan singkatan dari Android Package Kit. Yang mana, APK adalah bentuk format file yang digunakan pada Android untuk mendistribusikan serta menginstall aplikasi.

Di era teknologi digital saat ini sudah banyak melibatkan penggunaan APK pada kehidupan sehari-hari. Seperti bermain game, berkomunikasi di media sosial, memesan makanan, layanan ojek online, berbelanja kebutuhan sehari-hari, serta aktivitas sehari-hari lainnya.

Hal ini menunjukkan bahwa di era digital saat ini, mau tidak mau manusia harus menerima keberadaan teknologi sebagai bagian dari gaya hidup yang modern.

Nah, pada artikel kali ini Teknatekno akan membahas mengenai apa itu Mod Apk serta bahaya apa saja yang akan didapatkan jika menggunakan Apk Mod dalam jangka waktu yang panjang.

Mengenal Mod Apk atau Aplikasi Modifikasi

Mengenal Mod Apk atau Aplikasi Modifikasi

Jadi, apa itu Mod Apk? Mod Apk adalah versi Android Package Kit yang sudah mengalami berbagai macam modifikasi agar mudah digunakan dan diterima oleh pengguna tertentu.

Bisa kita simpulkan bahwa, apk mod atau aplikasi modifikasi adalah sebuah aplikasi resmi yang dimodifikasi atau dikembangkan oleh developer pihak ketiga dengan menambahkan beberapa fitur yang sebelumnya tidak ada pada aplikasi resmi atau asli bahkan mengubah fitur berbayar menjadi gratis.

Mod sendiri merupakan singkatan dari kata “Modification” atau dalam bahasa Indonesia artinya modifikasi. Modifikasi disini maksudnya adalah mengedit atau bahkan mengubah stuktur data yang terdapat pada sebuah aplikasi.

Struktur modifikasi yang diubah tersebut berupa penambahan maupun penghapusan asset file sistem yang dilakukan oleh pihak ketiga dengan tujuan tertentu.

Misalnya mengubah sistem interface suatu aplikasi agar lebih menarik dan mudah digunakan, mempercepat kinerja sistem yang sedan gberjalan, menghilangkan beberapa bagian tertentu pada aplikasi tersebut yang bisa mengganggu kenyamanan pengguna saat memakainya, dan sebagainya.

Sejauh ini, aplikasi modifikasi dilakukan pada aplikasi yang sering digunakan sehari-hari, seperti Whatsapp, Youtube, dan yang paling umum adalah permainan atau game online. Dalam proses modifikasi, seorang developer harus mempunyai keahlian khusus dalam bidang pemrograman komputer.

Sebab, seorang modifier atau pembuat Apk Mod bertanggung jawab untuk mengubah struktur data suatu aplikasi dengan memodifikasi perintah tertentu yang sudah tertulis dalam kode atau script pada Apk tersebut.

Tahapan Pembuatan Aplikasi Modifikasi

Tahapan Pembuatan Aplikasi Modifikasi

Berikut ini tahapan yang dilakukan oleh developer atau programmer dalam memodifikasi suatu aplikasi:

1. Decompiler

Tahap pertama yang umumnya dilakukan oleh para developer adalah dengan decompiler pada aplikasi asli atau mengekstractnya. Dari proses ini akan muncul berbagai data yang nantinya siap untuk dimodifikasi oleh mereka.

2. Disasembly

Tahap selanjutnya adalah disasembly, yaitu melakukan atau mengubah kode fungsi libgame. Tahap ini sangat diperlukan dalam membuat Apk Mod, yang mana developer haru mengetahui fungsi dari masing-masing bagian aplikasi. Dan akan sulit dilakukan bagi mereka yang tidak mempunyai pengetahuan dasar tentang bahasa pemrograman.

3. Patcing

Tahap berikutnya yaitu patcing, dimana seorang programmer atau developer mereplace atau mengganti kode file asli dengan kode file yang baru sesuai kode yang sudah mereka buat pada tahap disassembly.

4. Recompile

Tahap terakhir adalah recompile, yaitu mengumpulkan beberapa partfile menjadi bentuk compiler yang dapat mereka eksekusi secara langsung.

Apa Keuntungan Menggunakan Mod Apk?

Keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan aplikasi mod yaitu bisa memperoleh fitur tambahan secara gratis yang umumnya tidak ada pada aplikasi resminya. Selain itu, bisa menikmati semua fitur premium yang ditawarkan oleh aplikasi modifikasi tersebut tanpa batas.

Bahaya Menggunakan Mod Apk

Bahaya Menggunakan Apk Mod

Kenyataannya, Aplikasi Mod memang menawarkan beberapa fitur yang yang dibutuhkan oleh si pengguna aplikasi tersebut. Seperti fitur premium yang bisa didapatkan secara gratis dan tanpa batas.

Namun, disamping beberapa fitur unggulan yang ditawarkannnya tersebut, aplikasi mod ternyata menyimpan beberapa bahaya dan resiko jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa bahaya menggunakan apk mod yang perlu kamu ketahui:

1. Resiko Terkena Blokir atau Banned

Resiko terkena banned sering dilakukan oleh pihak Google Play Store. Sebab, akun yang kamu gunakan pada aplikasi Mod akan terdeteksi secara otomatis oleh pihak Google sebagai aplikasi yang ilegal.

Apabila sudah terkena blokir atau banned, maka kamu akan kesulitan untuk mengakses berbagai aplikasi Google menggunakan akun tersebut.

2. Terinfeksi Virus

Dikarekan aplikasi Mod adalah hasil modifikasi dari aplikasi versi aslinya dan dikembangkan oleh pihak ketiga, maka keamanan Apk Mod tersebut tidak terjamin. Selain itu, sebab proses pengcodingan ulang yang tidak dilakukan secara sempurna membuat data yang dimiliki lebih rentan untuk terserang virus.

Bahkan ada sebagian pengembang yang sengaja menyisipkan malware atau virus pada Apk Mod tersebut dengan tujuan untuk mencuri data pribadi kamu atau merusak ponsel kamu.

3. Banyak Iklan

Selain itu, aplikasi Mod tidak memastikan bebas iklan. Yang jelas ada beberapa iklan yang muncul secara tiba-tiba dan sangat mengganggu saat kamu menggunakan aplikasi tersebut.

Iklan akan ditampilkan secara teratur dalam proporsi yang sangat besar, mencakup semua layar, dan bahkan sangat sulit untuk dihilangkan.

4. Privasi Terganggu

Tentunya dalam menggunakan aplikasi mod ini akan mengganggu dan berpotensi membuka privasi seseorang. Hal ini terjadi karena developer atau orang yang memodifikasi apliaksi tersebut adalah pihak ketiga dengan hak cipta yang tidak jelas.

Di mana pihak ketiga ini dapat dengan mudah mengakses informasi kamu melalui akun yang kamu gunakan untuk masuk ke suatu aplikasi.

5. Merugikan Pihak Developer Asli

Meskipun tidak semua, tetapi beberapa aplikasi mod yang dikembangkan secara ilegal mengakibatkan kerugian yang signifikan bagi developer aslinya. Seperti dari segi materi, jelas akan merasa sangat dirugikan.

Bagaimana tidak, karena pengembang asli merilis aplikasi premium dengan harga tertentu untuk mendapatkan fitur premium, tetapi versi mod memperbaruinya dengan menghapus semua fungsi yang ada. Selain dari segi materi, munculnya aplikasi terlarang atau versi modifikasi dari aplikasi ini akan merusak citra atau kepercayaan publik.

6. Tidak Ada Garansi

Kamu tidak dapat mengeluh kepada pengembang jika kamu mengalami kesulitan dengan versi mod dari program yang telah kamu instal di ponsel kamu. Selain itu, karena ini bukan program resminya, pengembang resmi tidak ingin mempertahankannya secara teknis.

Ini akan memburuk jika ada kelemahan keamanan yang dapat dengan mudah dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan kamu tidak dapat memberikan umpan balik.

7. Merusak Perangkat Lunak dan Keras

Aplikasi Mod mungkin tidak selalu memiliki ukuran yang ringan. Ada dua kemungkinan yang terjadi dalam aplikasi mod. Pertama, aplikasi mod mungkin lebih ringan, dan kedua bisa lebih berat dari versi aslinya. Ini akan mempengaruhi stabilitas kinerja CPU, mungkin mengakibatkan pemborosan baterai dan membahayakan perangkat lain.

8. Pelanggaran Hak Cipta

Pihak ketiga yang mengubahnya kemungkinan besar akan mendapatkan pelanggaran hak cipta karena jelas dilarang dan tanpa persetujuan dari pencipta aslinya.

Di Indonesia, pelanggaran hak cipta diatur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang hak cipta. Akibat adanya undang-undang hak cipta yang sudah terikat oleh perkembangan yang tidak sah, dapat dikenakan hukum pidana.

Apakah kamu masih ingin menggunakan aplikasi khusus seperti di atas setelah mengetahui beberapa kekurangannya? Lebih baik menggunakan versi resmi dan legal dari aplikasi resmi untuk mencegah konsekuensi yang tidak diinginkan.

Selain menguntungkan kedua belah pihak, kamu dapat menggunakannya untuk menunjukkan terima kasih dan rasa hormat kepada pengembang resmi.

FAQ Seputar Apa itu Mod Apk

FAQ

Berikut pertanyaan seputar Mod Apk atau aplikasi modifikasi.

Apakah Aplikasi Mod Aman?

Tidak ada masalah jika kamu menginstall Apk Mod di ponsel kamu, dengan syarat aplikasi tersebut tidak bersifat Log Into Account seperti aplikasi media sosial, sebab ada kemungkinan risiko terjadinya penipuan digital seperti Phishing.

Apa Kekurangan Aplikasi Mod?

Berikut ini beberapa kekurangan dari aplikasi Mod:

  1. Terdapat virus, ransomware dan adware.
  2. Kemungkinan informasi data dicuri.
  3. Memperlambat proses kinerja sistem, karena aplikasi tersebut sudah dimodifikasi sehingga kemungkinan terdapat bug atau hal yang tidak optimal.

Apakah Aplikasi Mod Berbahaya?

Dikutip dari Instagram @kemenkominfo, salah satu bahaya menginstal aplikasi Mod adalah mudah terserang virus yang membuat ponsel lebih cepat panas dan lemot. Selain itu akan muncul berbagai iklan yang mengganggu, baterai ponsel cepat habis, serta berisiko terkena banned atau diblokir.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa Apk Mod adalah sebuah aplikasi resmi yang dimodifikasi atau dikembangkan oleh developer pihak ketiga dengan menambahkan beberapa fitur yang sebelumnya tidak ada pada aplikasi resmi atau asli bahkan mengubah fitur berbayar menjadi gratis.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar apa itu Mod Apk serta bahayanya menggunakan aplikasi modifikasi pada smartphone yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Related Articles

Back to top button