Review Indosaku Pinjaman Online OJK dan Cara Daftarnya

Teknatekno.com – Pernahkah kamu mendengar aplikasi Indosaku pinjaman online? Beberapa orang yang pernah mencari rekomendasi aplikasi pinjaman online mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya.

Indosaku adalah platform pinjaman online yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat meminjam uang secara online dan sudah resmi terdaftar di OJK.

Cara penggunaan aplikasi Indosaku pinjaman online inipun terbilang cukup mudah. Pasalnya, aplikasi ini menawarkan berbagai pilihan dalam penggunaan aplikasi kepada para pelanggannya.

Aplikasi Indosaku ini menyediakan pinjaman online berupa uang tunai yang bisa digunakan langsung oleh pelanggannya. Pastinya ada berbagai alasan mengapa aplikasi ini banyak digunakan oleh sebagian orang.

Nah, pada artikel ini Teknatekno akan berikan review singkat mengenai aplikasi Indosaku pinjaman online beserta kelebihan, kekurangan dan juga cara mendaftarnya. Simak berikut ini.

Tentang Indosaku Pinjaman Online

Tentang Indosaku Pinjaman Online

Indosaku merupakan aplikasi buatan PT Sens Teknologi Indonesia yang sudah terdaftar serta diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK pada tanggal 31 Agustus 2021, dengan Nomor Surat Tanda Berizin atau Terdaftar KEP-86/D.05/2021.

Indosaku adalah aplikasi pinjaman online untuk modal usaha tanpa jaminan, sehingga dapat membantu menghubungkan antara penerima pinjaman kepada pemberi pinjaman dengan proses pengajuan pinjaman yang mudah, cepat dan pastinya aman karena sudah resmi di OJK.

Indosaku pinjaman online merupakan kredit tanpa agunan yang diberikan secara khusus kepada para pengguna ponsel Android di Indonesia dengan dilengkapi fitur proses pengajuan yang mudah, cashback serta suku bunga yang rendah.

Aplikasi ini terus melakukan improvisasi dengan memberikan suasana yang aman dan nyaman bagi para penggunanya. Selain itu, sebagai pemenuh kebutuhan para pengguna yang tidak mau repot dalam proses pengajuan pinjaman.

Suku bunga yang ditawarkannya pun cukup rendah, yaitu mulai dari 0,1 persen sampai dengan 0,4 persen per harinya. Yang mana suku bunga ini sudah ditentukan berdasarkan hasil analisa kelayakan kredit.

Berikut ini limit dan tenor yang diberikan oleh Indosaku:

  1. Pinjaman Cepat berkisar antara Rp 600.000 hingga Rp 2 juta rupiah dengan jangka waktu pembayaran satu bulan.
  2. Pinjaman modal usaha berkisar antara Rp 10 juta sampai dengan Rp 100 juta, dengan jangka waktu tiga, enam, dan dua belas bulan.
  3. Limit kredit adalah jumlah yang dapat pengguna manfaatkan dari hasil penilaian risiko kredit untuk menarik uang pinjaman pengguna.
  4. Biaya pinjaman di Indosaku
  5. Suku bunga sebesar 0,1% hingga 0.4 % per harinya dari nilai pinjaman
  6. Biaya untuk penilaian risiko
  7. Biaya platform.
  8. Biaya keterlambatan pembayaran cicilan akan dibebankan berdasarkan ketentuan yang berlaku

Jika batas kredit kamu sudah disetujui atau diberikan, maka dana yang kamu pinjam akan segera dikirim ke rekening peminjam yang terdaftar dan dikonfirmasi. Prosedur pencairannya tidak boleh lebih dari satu hari kerja.

Keunggulan Aplikasi Indosaku

Keunggulan Aplikasi Indosaku

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki aplikasi Indosaku:

1. Sederhana dan Cepat

Aplikasi Indosaku memiliki keunggulan sederhana dan cepat. Apa artinya? Indosaku membuat semua prosedur lebih mudah untuk diselesaikan. Prosedur menjadi lebih cepat dan sederhana dengan menggunakan metode online. Jadi tidak perlu repot melakukan pengajuan pinjaman dengan datang ke kantornya.

Prosedurnya juga cukup cepat. Tidak perlu bingung atau khawatir saat pengajuan pinjaman. Semua prosesnya diselesaikan dengan cepat. Dan dalam waktu 42 jam, kamu akan diberikan informasi melalui aplikasi apakah proses pengajuan kamu disetujui atau tidak.

2. Limit Kredit Cukup Besar

Apakah kamu memerlukan batas kredit yang besar? Tidak usah khawatir! Karena aplikasi Indosaku menampilkan limit kredit yang cukup besar. Bahkan nasabah baru bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp 2 juta rupiah.

Tentu saja, keunggulan ini jarang kamu temukan pada platform pinjol lainnya. Selain itu, jika kamu melakukan pembayaran secara rutin, maka kemungkinan kamu akan mendapatkan limit kredit sampai dengan Rp 10 juta rupiah.

3. Kemudahan Saat Pembayaran

Khawatir tidak mampu membayar tagihan kamu? Jangan khawatir, aplikasi pinjaman online indosaku telah mempermudah prosedur pembayaran. Pelanggan yang telah mendaftar untuk aplikasi mungkin merasa lebih mudah untuk membayarnya. Pengguna dapat memilih dari berbagai opsi transfer.

Apa saja opsi transfernya? Bank mandiri, BRI, BNI, dan lainnya dapat digunakan. Kemudian kamu dapat melakukan pembayaran ke salah satu bank tersebut. Hasilnya, prosedur pembayaran akan lebih sederhana dan lebih cepat.

4. Persyaratan Mudah

Menurut Indosaku, aplikasi yang mereka berikan menawarkan kemudahan dengan syarat-syaratnya. Memang, prosedur pengajuan pinjaman internet disederhanakan. Sebenarnya syarat yang diberikan Indosaku sendiri hanya sebatas KTP sebagai jaminan. Berbeda dengan KSP lain, kamu perlu melakukan pinjaman dalam bentuk BPKB.

5. Bunga yang Cukup Murah

Bunga adalah salah satu hal yang sangat diperhatikan saat melakukan pinjaman online. Ya, semua orang pasti ingin tahu berapa bunga yang dikenakan atas pinjaman tersebut.

Suku bunga di aplikasi indosaku relatif rendah, yaitu hanya 0,25% per harinya dari seluruh pinjaman. Tentunya ini merupakan salah satu pinjaman dengan bunga rendah jika dibandingkan dengan pinjaman online lainnya.

Kekurangan Aplikasi Indosaku

Aplikasi ini tidak hanya memiliki kelebihan, tetapi juga memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kelemahan yang harus diperhatikan:

1. Ada Biaya Administrasi

Setiap pinjaman online pasti memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah biaya administrasi dalam aplikasi ini. Setiap kali kamu melakukan pinjaman, kamu akan dikenakan biaya admin. Biaya admin ini nantinya akan dimasukkan dalam pembayaran berdasarkan tenor yang dikenakan.

2. Tidak Ada Toleransi Terlambat

Kelemahan berikutnya yaitu terkait dengan toleransi keterlambatan. Sebenarnya, ini tidak terbatas pada bisnis. Namun, sebagai peminjam, terkadang kita ingin pinjamannya dilunasi tepat waktu. Demikian pula, Indosaku menginginkan agar dana bisa dibayarkan tepat waktu. Akibatnya, tidak ada toleransi keterlambatan.

Jika kamu gagal melakukan pembayaran tepat waktu, maka kamu akan didenda. Besaran denda yang tersedia bervariasi tergantung pada produk pinjaman. Umumnya sebesar 0,25% dari seluruh jumlah pinjaman yang dibebankan setiap harinya. Jadi, jika kamu terlambat empat hari, maka kamu akan didenda 1%.

Syarat Pengajuan Pinjaman di Aplikasi Indosaku

Syarat Pengajuan Pinjaman di Aplikasi Indosaku

Ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi bagi kamu yang berencana untuk mengajukan pinjaman online di Indosaku, yaitu sebagai berikut:

  1. Bertempat tinggal di Indonesia atau Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Berusia minimal 18 tahun sampai dengan 55 tahun
  3. Pengajuan pinjaman dilakukan melalui ponsel yang masih aktif.

Syarat-syarat diatas harus terpenuhi agar pengajuan pinjaman kamu disetujui oleh pihak Indosaku. Karena nantinya, Indosaku akan terus menawarkan produk pinjaman dengan biaya yang mampu bersaing dengan aplikasi lainnya.

Selain itu, Indosaku juga akan memberikan pinjaman kepada mereka yang lolos dalam verifikasi data dan proses uji kelayakan kredit.

Cara Mengajukan Pinjaman Online di Indosaku

Bagaimana cara mengajukan pinjaman online di aplikasi Indosaku? Ikuti petunjuk di bawah ini:

1. Install dan Daftar

Kamu harus melakukan pengajuan di Indosaku terlebih dahulu jika ingin meminjam uang. Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menginstal aplikasi Indosaku terlebih dahulu yang sudah tersedia di Play Store.

Jika sudah menginstalnya, maka selanjutnya adalah memasukkan username dan kata sandi dari akun Indosaku. Untuk mengakses aplikasi pinjaman online, kamu harus terlebih dahulu membuat akun dan membuat kata sandi. Maka dari itu, sangat penting untuk menyimpan username dan kata sandi untuk proses ini.

2. Mengisi Informasi Pribadi

Langkah kedua adalah memasukkan informasi pribadi kamu. Informasi pribadi ini akan diminta kemudian dalam proses pengajuan. Pastikan bahwa semua informasi pribadi kamu dimasukkan secara akurat.

Gunakan data yang nyata, bukan yang dibuat-buat. Karena nanti tim sindosaku akan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan semua informasi yang kamu masukkan valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kemudian, masukkan nomor telepon aktif yang terhubung ke WhatsApp. Demikian pula, nomor kontak darurat yang terdaftar harus dimasukkan dengan benar. Kamu tidak akan diizinkan jika menggunakan nomor palsu. Lakukan semua input data dengan baik dan benar dalam proses ini.

3. Kirim Pengajuan

Setelah mendaftar dan memasukkan informasi kamu, selanjutnya kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman. Kamu bisa memilih berapa nominal pengajuan yang kamu inginkan. Biasanya tidak ditawarkan dengan nominal yang besar untuk pelanggan baru. Namun jangan khawatir, karena nominalnya nanti akan bertambah.

Kamu bisa mulai dengan jumlah kecil. Jika itu sudah, kamu harus menunggu sebentar. Permohonan tersebut kemungkinan akan disetujui selama kamu mengisi rincian yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan.

4. Terima Pinjaman

Berhasil! Pengajuan pinjaman kamu telah disetujui. Kamu sekarang dapat memverifikasi nomor akun yang terdaftar. Biasanya, jika kamu mendaftar di pagi hari, kamu akan memiliki uang di rekening kamu pada sore atau malam hari.

Namun, ada juga yang memerlukan waktu pemrosesan lebih lama. Terutama jika pengajuan dilakukan di luar jam kerja, maka pemeriksaan yang dilakukan akan berbeda dari yang sebelumnya. Namun dipastikan sudah masuk ke rekening uang yang dibayarkan dalam waktu 1 x 24 jam.

Cara Pembayaran Cicilan di Indosaku

Tenor jatuh tempo kamu akan ditentukan sesuai dengan tanggal pengajuan pinjaman. Kamu bisa melakukan pembayaran tagihan atau cicilan melalui transfer ATM atau internnet banking BCA, BRI, BNI ataupun Mandiri.

Adapun pembayaran secara langsung atau cicilan per bulannya akan diakumulasikan dengan biaya pokok transaksi serta suku bunga. Untuk melihat rincian biayanya, kamu bisa membuka aplikasi Indosaku.

Selain itu, kamu juga bisa membayar atau melunasi cicilan lebih awal, yang mana kamu tidak akan dikenai biaya tambahan apabila menentukan untuk melunasi sebagian atau seluruh cicilan lebih awal.

FAQ Seputar Aplikasi Indosaku

FAQ

Berikut pertanyaan seputar aplikasi pinjol Indosaku.

Indosaku Perusahaan Apa?

Indosaku menawarkan produk pinjaman pribadi maupun pinjaman usaha, dan ditujukan untuk dapat memberikan layanan pinjaman kepada semua sektor masyarakat serta UMKM.

Apakah Pinjol Indosaku Aman?

Indosaku sudah memiliki izin, terdaftar, dan berada di bawah pengawasan OJK. Lisensi ini menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman ini sah dan asli. Penyelenggara Fintech Lending yang telah terdaftar atau berlisensi oleh OJK diharapkan mengikuti semua persyaratan, termasuk POJK dan peraturan perundang-undangan terkait.

Berapa Lama Pengajuan di Indosaku?

Meski limitnya tinggi, Indosaku membuat pengajuan pinjaman dan prosedur pencairannya sederhana. Pengguna dapat mengajukan dan mendapatkan uang dalam waktu 1×24 jam, sama seperti aplikasi pinjaman lainnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa Indosaku merupakan aplikasi pinjaman online yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan dibawah naungan PT Sens Teknologi Indonesia. Berarti aplikasi ini legal dan dapat dipertanggung jawabkan.

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar Indosaku pinjaman online. Semoga dengan mengetahui review serta kelebihan dan keurangan yang dimiliki aplikasi ini, kamu bisa semakin bijak saat melakukan pengajuan pinjaman secara online.

Related Articles

Back to top button