Review Easycash Pinjol Legal OJK, Apakah Penipuan?

Teknatekno.com – Review Easycash, platform pinjaman dana tunai dan paylater yang sudah berizin, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Aplikasi ini menawarkan pinjaman tunai secara online yang cepat cair dan cukup dengan KTP saja sebagai syaratnya.

Keunggulan dari platform pinjaman online bernama Easycash ini adalah proses pengajuannya yang cepat serta persyaratannya yang mudah. Sehingga menjadikan fintech P2P Lending ini banyak diminati oleh masyarakat.

Sebagian orang yang baru mengenal aplikasi Easy Cash mungkin akan bertanya-tanya apakah Easycash ini penipuan atau tidak. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan atau review Easycash dibawah ini.

Review Tentang Aplikasi Easycash

Review Tentang Aplikasi Easycash

Easy Cash adalah aplikasi berbasis teknologi keuangan yang dirancang khusus untuk pendanaan pinjaman online. Aplikasi ini dikelola oleh PT Indonesia Fintopia Technology, anak perusahaan dari perusahaan fintech China Fintopia.

Easy Cash Indonesia telah menyediakan cara mudah dan cepat untuk mendapatkan pinjaman tunai sejak tahun 2018. Kamu tidak perlu lagi bertemu langsung, menelepon, atau melalui proses pinjaman yang panjang.

Cukup gunakan smartphone kamu, internet, dan aplikasi Easy Cash. Kamu mungkin berharap untuk menerima uang tunai yang direkomendasikan dalam sehari.

Easycash menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang menghubungkan pemberi pinjaman (lender) dengan peminjam (borrower) secara otomatis, memungkinkan proses peminjaman untuk “mengklik” dalam hitungan menit.

Easycash telah dianugerahi nomor bersertifikat ISO 27001:2013 yang terkenal. Easycash juga telah mendapatkan persetujuan OJK dengan nomor S-590/NB.213/2018 untuk menjaga kepercayaan dan keamanan pengguna Indonesia.

Easy Cash Fintopia sudah memiliki lisensi OJK dan karenanya bisa dipercaya. Dengan bunga yang dihitung setiap hari, likuiditasnya tinggi. Selain itu, tidak ada biaya tambahan tersembunyi dengan bunga yang jelas setelah proses pinjaman dimulai.

Selain kelebihan, aplikasi pinjaman online cepat cair Easy Cash Indonesia memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah banyaknya orang yang mengajukan pinjaman. Belum lagi pinjaman online ini terlihat buram.

Jumlah pinjaman keseluruhan dibatasi. Kamu hanya bisa mengajukan pinjaman antara Rp 200.000 sampai dengan Rp 1.000.000. Meski begitu, kamu tidak akan menerima seluruh jumlah pinjaman yang diminta.

Pasalnya, uang pinjaman Easy Cash akan langsung diambil dengan bunga (0,7 persen per hari) dan biaya administrasi (16,1 persen). Tenornya juga cukup pendek, yaitu hanya 15 hari.

Limit, Tenor dan Suku Bunga Easy Cash

Easycash menerapkan batas standar yang tinggi dan tenor default yang wajar. Limit pinjaman Easycash adalah Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, dengan tenor maksimal 15 hari dan maksimal 6 bulan.

Namun, limit dan tenor ini terkait dengan kinerja skor kredit kamu. Jika kamu mengajukan pinjaman di Easycash dengan limit dan tenor reguler dan kemudian menunjukkan kinerja yang sangat baik dengan disiplin dalam membayar tagihan, limit dan tenor kamu bisa ditingkatkan.

Easycash mengenakan bunga 0,4% setiap hari. Hal ini sesuai dengan regulasi OJK dan Asosiasi Fintech yang menuntut penurunan bunga harian sebesar 0,8% dari 0,8% menjadi 0,4%.

Selain bunga, Easycash membebankan biaya admin sebesar 10% dari seluruh jumlah pinjaman, yang diambil langsung saat pinjaman dicairkan. Misalnya, jika kamu meminjam Rp 1 juta, sistem akan mengeluarkan Rp 100 ribu sebagai biaya admin, dan kamu akan menerima Rp 900 ribu di akun kamu.

Namun untuk pelunasan, jumlah pinjaman awal yaitu Rp 1 juta, digunakan. Sedangkan jika kamu seorang pemberi pinjaman, Easycash menjamin keuntungan hingga 20% per tahun, yang merupakan jumlah yang signifikan di pasar pinjaman P2P saat ini.

Denda Keterlambatan

Easycash memberlakukan denda keterlambatan pembayaran yang tinggi. Sesuai dengan rincian dalam Perjanjian Pinjaman, denda keterlambatan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Hari pertama dan kedua adalah Rp 40.000 ditambah 2% dari pokok pinjaman.
  2. Hari ketiga dan seterusnya adalah sebesar 2% dari pokok pinjaman.

Denda dan bunga tertinggi tidak boleh melebihi 100 persen dari pokok pinjaman, menurut Asosiasi Fintech AFPI dan OJK.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Syarat Mengajukan Pinjaman di Easycash

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman di aplikasi Easycash. Adapun syaratnya yaitu sebagai berikut:

  1. Berstatus Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Memiliki kartu identitas berupa KTP
  3. Berumur diatas 18 tahun
  4. Mempunyai nomor HP yang aktif
  5. Mempunyai buku rekening
  6. Tidak bisa mendaftar sebagai peminjam atau pemberi pinjaman sekaligus (harus pilih salah satu)

Cara Pengajuan Pinjaman di Easycash

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengajukan pinjaman tunai secara online di Easycash:

  1. Instal aplikasi Easycash di smartphone kamu setelah mengunduhnya dari Play Store atau App Store.
  2. Masukkan nomor ponsel kamu, lalu pilih posisi Easycash kamu (peminjam atau pemberi pinjaman), lalu klik Selanjutnya.
  3. Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel kamu dan tekan Enter.
  4. Batas kredit kamu akan ditampilkan di halaman utama Easycash. Secara default, limit ini ditetapkan sebesar Rp 5 juta. Namun, kamu tidak bisa mengajukan pinjaman dengan batas ini karena kamu harus terlebih dahulu mengisi informasi pribadi kamu, yang kemudian diproses menggunakan data peringkat kredit Easycash.
  5. Klik Ajukan untuk memulai proses pengajuan pinjaman.
  6. Ambil foto KTP kamu menggunakan kamera belakang yang terhubung dengan aplikasi Easycash.
  7. Untuk mempermudah sistem dalam melakukan verifikasi, pastikan data pada KTP terbaca dengan jelas.
  8. Sistem AI Easycash akan menampilkan data pribadi kamu berdasarkan apa yang terbaca dari kartu ID kamu. Klik Next jika semuanya sudah beres.
  9. Verifikasi wajah adalah tahap selanjutnya. Klik Mulai Identifikasi untuk mengambil foto selfie dengan kamera depan yang terhubung dengan Easycash.
  10. Kemudian, masukkan informasi akun kamu. Kamu tidak bisa meminjam rekening orang lain atau mengajukan pinjaman atas nama orang lain karena Easycash akan mengambil nama pemilik rekening langsung dari data KTP. Jika data akun sudah benar, klik Next.
  11. Masukkan informasi pribadi kamu, dimulai dengan nama, tempat tinggal, status perkawinan, dan diakhiri dengan alasan mengajukan pinjaman. Kemudian, sebagai kontak darurat, masukkan informasi keluarga/pasangan kamu. Jika semua data sudah diinput, klik Next.
  12. Easycash kemudian meminta informasi tentang pekerjaan kamu. Isi informasi yang diminta oleh aplikasi, dimulai dengan jumlah gaji, nama perusahaan, dan nomor telepon, dan diakhiri dengan tanggal gaji kamu. Pastikan semua informasi yang diminta sudah benar, lalu klik Next.
  13. Sistem credit rating Easycash akan menggunakan AI untuk mengevaluasi data kamu dan menetapkan limit dan tenor terbaik untuk kamu. Dibutuhkan sekitar 3 menit untuk memeriksa.
  14. Jika prosedur evaluasi Easycash selesai, kamu akan diberikan nomor limit pinjaman tertentu. Batas ini mungkin lebih rendah dari default untuk pinjaman pertama. Namun, jika skor kredit kamu terbukti solid, Easycash kemungkinan akan memberi kamu batas yang lebih tinggi.
  15. Pilih jumlah pinjaman berdasarkan limit dan waktu pengembalian berdasarkan tenor, lalu klik Apply Now.
  16. Untuk membacanya, kamu akan diberikan perjanjian pinjaman angsuran. Jika kamu setuju, tanda tangani secara elektronik lalu klik Konfirmasi Tanda Tangan.
  17. Untuk menarik pinjaman, Easycash akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor ponsel kamu sekali lagi. Masukkan kode ini ke dalam aplikasi.
  18. Tunggu 1 hari atau 1×24 jam sebelum uang pinjaman kamu dicairkan ke rekening kamu.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Easycash

Berikut ini kelebihan dari aplikasi Easy Cash sebagai platform kredit uang secara online:

1. TKB90 Masih 100 Persen

TKB90 adalah ukuran kinerja perusahaan P2P lending dalam memenuhi kewajiban pinjam meminjam dalam waktu 90 hari sejak jatuh tempo. Semakin tinggi persentase TKB90, semakin baik kinerja perusahaan fintech tersebut. Easycash telah mempertahankan jumlah TKB90 sebesar 100%.

2. Pengajuan dan Verifikasi Sangat Mudah

Mengajukan pinjaman sederhana dan cepat. Satu-satunya dokumentasi yang diperlukan adalah foto KTP, tanpa perlu melampirkan slip gaji. Prosedur verifikasi juga sangat terbantu oleh teknologi AI.

Banyak peminjam menyatakan bahwa tidak diperlukan verifikasi telepon saat mengajukan, yang tidak seperti kebanyakan organisasi pinjaman P2P lainnya. Pencairan Easycash cukup cepat. Biasanya, bisa dilikuidasi dalam satu hari.

3. Tersedia Kalkulator Easycash

Kamu tidak perlu menghitung berapa banyak tanggung jawab yang harus kamu bayar untuk utang tersebut dengan tingkat bunga tersebut selama jangka waktu tersebut. Berdasarkan pinjaman simulasi, kalkulator Easycash bisa membantu kamu menghitung kemampuan pembayaran kamu.

4. Terdapat Asuransi Kredit

Easycash menawarkan solusi asuransi kredit kepada pemberi pinjaman sehingga calon pemberi pinjaman tidak perlu khawatir jika peminjam gagal. Ini adalah fitur yang memberikan kompensasi kepada pengguna meskipun peminjam tidak melakukan pembayaran.

5. Bunga Pemberi Pinjaman Paling Tinggi

Sejauh ini, Easycash menjamin pemberi pinjaman dengan suku bunga tertinggi 20% per tahun jika dibandingkan dengan layanan pinjaman P2P lainnya. Statistik ini cukup kompetitif karena rata-rata masih lebih tinggi daripada imbal hasil dari Investree, yang merupakan salah satu platform teratas yang tersedia saat ini.

6. Terdapat Banyak Promo dan Referral Fee

Jika kamu berhasil mendorong pengguna baru untuk mendaftar sebagai pemberi pinjaman, Easycash akan membayar kamu tunai. Easycash juga sering menawarkan tingkat kupon dan lebih banyak dana kepada pemberi pinjaman baru.

7. Tidak Meminta Slip Gaji

Aplikasi ini hanya mencatat pekerjaan kamu dan tidak memerlukan bukti slip gaji. Akibatnya, tidak perlu membuat dokumentasi tambahan apa pun terkait dengan slip gaji.

Kekurangan Easycash

Selain kelebihan yang ditawarkannya, aplikasi ini juga memiliki kekurangan yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum melakukan pengajuan pinjaman, diantaranya:

1. Utang Konsumtif Berisiko Tinggi

Pinjaman online, seperti yang diberikan oleh pinjaman P2P, mungkin sangat berguna secara terburu-buru, tetapi itu adalah utang yang berisiko tinggi, terutama jika digunakan untuk pinjaman konsumtif, karena bunga pinjaman dihitung setiap hari dengan denda yang signifikan.

2. Plafon dan Tenor Rendah

Limit Easycash tidak terlalu tinggi, yaitu hanya Rp 5 juta saja. Sedangkan tenornya maksimal hanya enam bulan. Pinjaman ini tidak cocok untuk institusi besar dengan batasan batas kredit yang tinggi.

3. Bunga Pinjaman dan Denda Cukup Besar

Bunga pinjaman di Easycash adalah 0,4%, yang merupakan tertinggi yang disahkan oleh OJK dan Asosiasi Fintech. Ini juga telah berkurang dari 0,8% sebelumnya.

Selanjutnya, jika kamu membayar terlambat, Easycash mengenakan denda keterlambatan pembayaran yang signifikan. Untuk keterlambatan hari pertama dan kedua, denda sebesar Rp 40.000 + 2% dari pokok pinjaman. Denda sebesar 2% dari pokok pinjaman setelah hari ketiga.

FAQ Seputar Review Easycash

FAQ

Berikut pertanyaan seputar review Easycash.

Apakah Meminjam di Easy Cash Aman?

Bisa dipastikan bahwa penyedia pinjaman online yang terdaftar dan diawasi OJK bernama Easycash ini, tentunya aman dan tepercaya karena sudah melalui proses seleksi dari beberapa tahap tertentu.

Apakah Easy Cash Resmi?

EasyCash sudah berizin, terdaftar, dan diawasi oleh OJK. Lisensi ini menunjukkan bahwa perusahaan pinjaman ini sah dan asli. Penyelenggara Fintech Lending yang telah terdaftar atau berlisensi oleh OJK wajib mengikuti seluruh ketentuan, termasuk POJK dan peraturan perundang-undangan terkait.

EasyCash Bekerja Sama dengan Bank Apa?

EasyCash mempunyai kemitraan paling banyak dengan BCA di Akun Escrow.

Baca Juga:

20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK
Review Aplikasi Indodana, Pinjaman Online Tanpa Jaminan
Review Kredit Pintar Pinjol Bunga Rendah Legal OJK

Kenapa EasyCash Ditolak?

EasyCash memiliki daftar hitam pelanggan. Daftar hitam dibuat menggunakan berbagai karakteristik dan sumber data. Jika seseorang sebelumnya telah meminta pinjaman di EasyCash dan mendapat tanggapan negatif, mereka akan ditolak karena masuk daftar hitam (blacklist).

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar review Easycash sebagai aplikasi atau platform pinjaman dana tunai online yang cepat cair dan mudah persyaratannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat khususnya bagi kamu yang sedang mempertimbangkan untuk meminjam dana di Easycash.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button