Aplikasi Antivirus Android Terbaik Bisa Untuk PC

Teknatekno.com – Google selaku pengembang sistem operasi android mengklaim bahwa tidak ada gunanya memasang aplikasi antivirus di perangkat android. Hal itu disampaikan karena android sendiri memiliki sistem keamanan yang sangat tinggi dan selalu ditingkatkan pada setiap versi terbarunya.

Namun baru-baru ini Google menyampaikan bahwa dukungan keamanan saat ini hanya tersedia pada versi Android Kitkat ke atas saja.

Jadi, untuk Android versi JellyBean ke bawah sudah tidak mendapatkan dukungan keamanan lagi dari Google. Ini artinya, smartphone android versi JellyBean ke bawah akan rentan terserang virus atau malware berbahaya.

Akan tetapi kamu jangan bersedih dulu jika hp android mu masih menjalankan OS Android JellyBean ke bawah, bukan berarti ponsel kamu sudah tidak aman lagi karena kita masih bisa mencegah serangan virus menggunakan aplikasi antivirus android terbaik dan ringan berikut ini.

Aplikasi Antivirus Terbaik Android

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menambah lapisan keamanan android walaupun kamu menggunakan OS Android versi terbaru. Apa saja aplikasinya? Berikut sudah Teknatekno rangkum pada ulasan di bawah ini.

AVG AntiVirus and Security

AVG AntiVirus and Security

Sebagai pemain lama yang sudah berkecimpung di dunia per-antivirus-an, ketangguhan AVG dalam membasmi berbagai jenis virus sudah tidak diragukan lagi.

AVG memberikan dua opsi unduhan, yakni versi gratis dan versi Pro. Untuk versi Pro kamu cukup membayar perbulan atau pertahun dan tentunya dilengkapi dengan fitur tambahan yang lebih lengkap. Namun kamu tidak perlu khawatir karena versi gratisnya sudah dilengkapi dengan pengamanan dasar.

Dengan menggunakan AVG, smartphone android kamu akan terlindungi dari serangan malware, spyware dan berbagai jenis virus berbahaya lainnya.

Download

360 Security

360 Security

Aplikasi antivirus terbaik android adalah 360 Security besutan developer Qihoo 360 Software. Aplikasi ini juga terbilang ampuh untuk melindungi perangkat android dari serangan virus, membersihkan junk, serta adanya fitur Privacy Advisor dan System Optimizer.

Apliaksi ini juga sangat ampuh untuk membersihkan file-file sampah sisa aplikasi yang sudah di-uninstall sebelumnya. Kerennya lagi, aplikasi 360 Security ini bisa kamu download secara gratis di Google Play Store.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa semua software besutan Cheetah Mobile memiliki keunggulan dan fitur yang sangat lengkap. Salah satu software terbaik yang dibuat oleh Cheetah Mobile adalah CM Security Master Antivirus yang memberikan jaminan keamanan bagi para penggunanya.

Download

Avira

Aplikasi Antivirus Avira

Antivirus yang memiliki logo payung ini sudah sangat terkenal di perangkat komputer desktop. Kabar baiknya, kini Avira juga hadir untuk perangkat android. Avira memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari perlindungan terhadap virus, malware, spyware, trojan yang selalu up-to-date.

Avira juga menyediakan dua opsi unduhan, yakni versi gratis dan versi Pro. Untuk versi gratisnya kamu akan mendapat bonus trial selama 30 hari untuk menikmati semua fitur yang ada pada versi Pro. Namun untuk perlindungan dasar, admin rasa menggunakan versi gratisnya saja sudah cukup.

Download

Bitdefender Antivirus

Bitdefender Antivirus

Aplikasi antivirus terbaik di android berikutnya adalah Bitdefender Antivirus. Aplikasi ini sangat cocok buat kamu yang gak mau ribet. Karena cara kerja aplikasi ini sangatlah simple, kamu cukup menginstall, melakukan scanning, dan biarkan aplikasi ini melindungi smartphone kamu secara realtime.

Selain versi gratisnya, Bitdevender Antivirus juga tersedia dalam versi berbayar dan tentunya dengan fitur tambahan yang lebih lengkap. Kamu cukup membayar $15 saja untuk penggunaan selama satu tahun.

Download

Avast! Mobile Security

Avast! Mobile Security

Avast! Mobile Security merupakan salah satu pilihan terbaik jika kamu menginginkan aplikasi antivirus berbayar. Sebagai brand yang cukup terkenal dan sudah lama berkecimpung di dunia per-antivirus-an pada perangkat komputer desktop, ketangguhan aplikasi ini sudah tidak diragukan lagi.

Avast! Mobile Security menawarkan fitur yang sangat berlimpah seperti Virus Scanner, Privacy Advisor, SMS and Call Filter, Firewall, dan masih banyak lagi fitur canggihnya yang tidak kamu temui di aplikasi antivirus lainnya.

Bahkan Avast! Juga menyediakan fitur GPS Tracking, Remote Lock dan Sirene untuk kasus pencurian yang menimpa smartphone kamu.

Download

Kaspersky Antivirus and Security

Kaspersky Antivirus and Security

Aplikasi antivirus terbaik android berikutnya adalah Kaspersky Antivirus & Security besutan Kaspersky Lab asal rusia yang merupakan perusahaan Cyber Security terkemuka di dunia. Aplikasi ini menawarkan fitur yang sangat berlimpah dan juga Ramah RAM dan hemat baterai, sehingga lebih ringan.

Kaspersky juga menyediakan versi gratis dan versi Pro, kamu cukup membayar sekitar 50 ribuan saja pertahun yang tentunya dilengkapi dengan fitur yang lebih komplit. Namun dengan versi gratis saja sudah cukup untuk perlindungan dasar, dan kamu juga akan mendapatkan free trial semua fitur Pro selama 30 hari.

Download

FAQ

Berikut ini pertanyaan seputar aplikasi antivirus.

Apakah Antivirus Itu Penting?

Selain memberikan keamanan, perangkat lunak antivirus juga melakukan operasi rumit seperti mencari, mengidentifikasi, dan menghilangkan virus dan perangkat lunak berbahaya. Perangkat lunak ini dibuat khusus untuk pencegahan keamanan siber, mencegah ancaman masuk ke komputer dan menyebabkan masalah.

Bagaimana Cara Kerja Antivirus Secara Umum?

Perangkat lunak antivirus bekerja dengan memindai file atau kode login saat melintasi jaringan kamu. Pembuat software ini mengumpulkan database besar virus dan malware yang dikenal dan mengajarkan perangkat lunak cara mengidentifikasi, menandai, dan menghapusnya.

Apa Fungsi Utama Anti Virus yang Terpasang di Komputer?

Aplikasi anti-virus akan memberi kamu keamanan luar biasa terhadap apa pun yang dapat mengambil alih sistem komputer kamu secara negatif, mungkin menimbulkan ancaman. Tanpa keamanan ini, maka sistem komputer kamu akan mengalami berantakan.

Apakah Antivirus Menjamin Komputer Aman dari Virus?

Aplikasi antivirus membantu mencegah malware terinstal di komputer kamu dan juga dapat menghapus malware dari komputer kamu.

Apa yang Terjadi Jika Laptop Tidak Ada Anti Virusnya?

Performa laptop akan mengalami penurunan karena tidak menggunakan perangkat lunak antivirus. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa virus yang belum ditemukan dapat mereproduksi dirinya sendiri bahkan menggandakan file yang bisa memenuhi direktori.

BACA JUGA:

Daftar Aplikasi Antivirus Palsu yang Berbahaya
Apa itu Antivirus? Definisi, Fungsi, Jenis dan Contohnya
Rekomendasi Antivirus Terbaik untuk PC dan Laptop

Kesimpulan

Google mengatakan bahwa dukungan keamanan saat ini hanya tersedia pada versi Android Kitkat ke atas. Artinya smartphone Android dengan versi JellyBean ke bawah akan rentan terhadap virus atau malware berbahaya.

Dengan menggunakan AVG, smartphone android kamu akan terlindungi dari serangan malware, spyware dan jenis virus berbahaya lainnya. Antivirus yang memiliki logo payung ini memang sudah sangat terkenal di perangkat komputer desktop.

Avira memiliki fitur yang sangat lengkap mulai dari perlindungan terhadap virus, malware, spyware, trojan yang selalu up-to-date. Bit Devender Antivirus juga tersedia dalam versi berbayar dan tentunya dengan fitur tambahan yang lebih lengkap.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button