Aplikasi Instagram Lite: Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Teknatekno.com – Saat ini, aplikasi Instagram Lite telah diluncurkan di PlayStore Indonesia. Para pengguna smartphone atau ponsel Android mungkin sudah mendapatkannya.

Seperti namanya, “lite” atau “ringan”, Instagram Lite adalah versi yang lebih ringan dari aplikasi Instagram biasa. Ringan di sini maksudnya adalah ukuran file aplikasinya yang lebih kecil dan memuat data lebih sedikit, sehingga aplikasi ini sangat cocok dipasang di ponsel entry-level yang memiliki keterbatasan RAM, memori internal, dan chipset.

Tampilan aplikasi Instagram Lite berbeda dengan aplikasi Instagram versi standar. Ikon notifikasi, misalnya, terletak di bagian bawah beranda, persis seperti di aplikasi Instagram biasa sebelumnya. Selain itu, di menu explore Instagram Lite, tak ada tab kategori seperti di aplikasi regulernya.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Instagram Lite

Bagi Teknozen yang tertarik untuk mulai menggunakan aplikasi versi lite, berikut ini adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan aplikasi Instagram versi Lite, dihimpun dari berbagai sumber:

Kelebihan Aplikasi Instagram Lite

Berikut kelebihan dari Instagram Lite:

Ukuran lebih kecil

Ukuran unduhan  Instagram versi Lite lebih kecil dari Instagram reguler, yaitu 2 MB saja. Ketika dipasang di ponsel ukurannya bisa menjadi 4 MB (tidak termasuk app data dan cache). Sementara itu, aplikasi Instagram reguler bisa berukuran 82 MB saat pertama kali dipasang.

Konsumsi Data yang Lebih Efisien

Penggunaan data di Instagram Lite mungkin mirip atau bahkan lebih hemat dari mode penghemat data di aplikasi Instagram versi reguler.

Namun, di versi terbaru Instagram Lite ini ada fitur putar otomatis media. Jadi, postingan video akan terputar secara otomatis tanpa perlu menekan play. Alhasil, penggunaan datanya bisa jadi boros jika pengguna terus-terusan menonton video.

Instagram Stories

Di aplikasi Instagram versi Lite ini, pengguna masih bisa melihat dan mengunggah Stories. Ada beberapa fitur Stories yang dipertahankan, ada juga yang absen.

Fitur-fitur yang ada saat mengunggah Stories di Instagram Lite di antaranya adalah filter, tag lokasi, mention, hingga stiker. Sementara itu, fitur-fitur yang absen di antaranya adalah kuis, reaksi, polling, hitung mundur, GIF, dan fitur lainnya.

Direct Messaging

Pengguna bisa mengirimkan Direct Message atau DM di Instagram Lite. Untuk masuk ke menu DM, tinggal menekan ikon “pesawat kertas” di pojok kanan atas. Selain mengirimkan pesan, pengguna bisa mengirimkan gambar, GIF, stiker, dan video baik di chat personal maupun chat grup.

Posting gambar dan video

Sama seperti di aplikasi Instagram reguler, pengguna di Instagram Lite juga masih bisa posting foto dan video. Caranya adalah dengan menekan ikon “+” di layout bawah.

Bisa Lihat IGTV dan Reels

Di Aplikasi Instagram versi Lite ini, pengguna masih bisa menonton video IGTV dan Reels (video pendek mirip TikTok) yang dibuat pengguna atau content creator lainnya. Namun, ketika menonton Reels, pengguna tak akan bisa melanjutkan untuk menonton video Reels lainnya atau tidak bisa scroll untuk melihat video lain.

Belum Ada Iklan

Untuk sementara ini, di Instagram Lite belum ada iklan yang tampil. Ini tak seperti di Instagram reguler, di mana iklan akan tampil setelah pengguna melihat 3-4 konten di beranda.

Namun, bukan tidak mungkin ke depannya iklan juga akan muncul di Instagram Lite. Karena, aplikasi versi ringan ini bisa diunduh dan digunakan secara gratis.

Kekurangan dari Instagram Lite

Selain memiliki kelebihan, Instagram Lite juga memiliki kekurangan, antara lain:

Tidak Ada Mode Gelap

Instagram Lite belum memiliki tampilan dark mode secara khusus di dalam aplikasinya. Pengguna memang bisa memaksa tampilan Instagram Lite jadi gelap sebagai konsekuensi dari pengaturan mode gelap di ponselnya yang aktif.

Namun, tampilan Instagram Lite justru malah berubah jadi tak terlihat, terutama font dan ikonnya yang ikut-ikutan berubah jadi gelap.

Tidak Bisa Posting IGTV dan Reels

Meski bisa menonton konten video IGTV dan Reels pengguna lain, di Instagram Lite pengguna masih belum bisa mengunggah video IGTV dan Reels sendiri. Tab khusus untuk IGTV dan Shopping pun absen di aplikasi versi ini.

Tidak Bisa Posting Banyak Foto dan Video

Satu fitur yang menarik di Instagram versi reguler adalah bisa mengunggah banyak foto dan video dalam satu kali posting. Nah, sayangnya fitur itu tak tersedia di Instagram Lite.

Meski di Instagram Lite pengguna bisa mengunggah foto dan video, ternyata foto dan video yang diunggah tidak bisa banyak sekaligus.

Tidak Bisa Live

Satu kekurangan lagi dari Instagram Lite adalah pengguna tidak bisa live atau melakukan siaran langsung. Jadi, aplikasi ini kurang cocok bagi content creator atau akun publik yang sering live di akun Instagram-nya.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan Instagram Lite. Sebagai catatan, beberapa fitur yang absen di aplikasi ini ke depannya sangat mungkin untuk ditambahkan oleh pihak Facebook dalam update atau pembaruan berikutnya.

Related Articles

Back to top button