Apa itu Chief Marketing Officer? Pengertian, Tugas dan Wewenang

Teknatekno.com – Di dalam perusahaan, terdapat berbagai unsur pimpinan. Selain CEO, yang juga menjadi unsur pimpinan dalam perusahaan adalah (Chief Marketing Officer) atau CMO, apa itu Chief Marketing Officer? Berbagai tanggung jawab perusahaan yang tersebar dalam berbagai divisi, tentu memerlukan pemimpinnya masing-masing.

CEO, sebagai pemimpin puncak perusahaan, dibantu oleh elemen kepemimpinan lain di sektornya. Seperti diketahui, seorang COO (Chief Operating Officer) bertanggung jawab atas banyak kegiatan sehari-hari dan operasi perusahaan.

Tidak hanya itu, urusan keuangan perusahaan juga diawasi oleh seorang CFO (Chief Financial Officer). Peran penting lainnya dalam perusahaan adalah CMO, yang bertanggung jawab atas pemasaran atau pemasaran. Nah, untuk lebih jelasnya kamu bisa simak artikel dibawah ini.

Apa Itu Chief Marketing Officer

Apa Itu Chief Marketing Officer?

Pengertian CMO merupakan sebuah singkatan Chief Marketing Officer yang berposisi sebagai pimpinan eksekutif. Tugas dan kewajiban terkait pemasaran bersifat spesifik. Perannya dapat dibandingkan dengan seorang CEO.

Sosok Chief Marketing Officer penting dalam mengatur semua tanggung jawab yang dilakukannya. Hal ini berusaha untuk memastikan bahwa visi dan tujuan perusahaan dilaksanakan sesuai dengan rencana dan tujuan. Selain itu, menyelaraskan semua pemimpin yang ada.

Beberapa orang membandingkan Chief Executive Officer dengan direktur pemasaran. Namun, jika dibandingkan dengan tanggung jawabnya, CMO memiliki kewajiban yang lebih luas. Akibatnya, masih sulit untuk mengisi posisi Chief Marketing Officer.

Apa Saja Tugas dan Wewenang Chief Marketing Officer?

Sebagai pimpinan di bidang pemasaran, seorang CMO memiliki tugas dan wewenang yang sangat luas. Mengacu dari Talentlyft, terdapat beberapa tugas dan wewenang dari seorang CMO.

1. Menentukan Tujuan dan Pencapaian Pemasaran

Seorang CMO bertanggung jawab untuk menentukan tujuan dan keberhasilan pemasaran sebagai eksekutif perusahaan. Kemudian, dalam bentuk rencana pemasaran, beberapa target dengan setiap keberhasilan dijalankan.

Seorang CMO juga bertugas menentukan strategi seperti apa yang dijalankan dan tepat untuk perusahaan. Akibatnya, seorang CMO harus mampu menyampaikan banyak pilihan kepada eksekutif dan pekerja perusahaan lain untuk mencapai tujuan pemasaran.

2. Menyesuaikan Strategi dengan Budget

Setelah penentuan tujuan dan keberhasilan pemasaran perusahaan, peran lain yang dilakukan oleh CMO adalah memantau pelaksanaannya.

Taktik yang berbeda yang diterapkan, tentu saja, menghabiskan banyak uang. Akibatnya, CMO harus mengawasi pelaksanaan untuk memastikan bahwa itu sesuai dengan anggaran.

Kesesuaian anggaran dan jumlah hasil yang diperoleh dapat digunakan untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran. Akibatnya, jika masalah muncul selama proses berlangsung, CMO juga harus membuat penilaian tentang eksekusi strategi pemasaran.

3. Menganalisis Strategi Perusahaan

Ketika strategi telah berhasil dijalankan, CMO perlu mengetahui apa yang terjadi pada prosesnya. Ini untuk menentukan strategi ke depan, selain memastikan bahwa strategi mengikuti rencana dan anggaran.

Seorang CMO dapat memeriksa kebenaran rencana yang dijalankan dan meningkatkan strategi di masa depan dengan mengetahui sepenuhnya keadaan pasar dan bisnis.

4. Memahami Praktik Marketing Terbaru

Dunia pemasaran atau marketing adalah dunia yang dinamis. Perubahan terjadi secara serampangan. Adalah tanggung jawab kamu sebagai CMO untuk memahami perkembangan ini. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa strategi yang diterapkan tidak tertinggal dari organisasi lain.

Akibatnya, seperti dikatakan sebelumnya, ide sering muncul dari seorang CMO. Ini karena pemahamannya tentang dinamika pemasaran dan kemampuannya untuk merespons dengan cepat.

5. Berkontribusi pada Pertumbuhan Perusahaan

Dengan berbagai strategi yang diterapkan, secara tidak langsung seorang CMO juga berkontribusi untuk pertumbuhan perusahaan. CMO sebenarnya dapat beroperasi sebagai penghubung antara perusahaan dan perusahaan lain. Ketika seorang CMO mengunjungi konvensi pemasaran, hal ini sering dilakukan.

Peran CMO pada saat itu adalah untuk dapat menjalin hubungan dengan pihak lain dalam rangka mengembangkan dan memperluas perusahaan.

Apa Peran Chief Marketing Officer

Apa Peran Chief Marketing Officer?

Peran Chief Marketing Officer di setiap perusahaan berbeda-beda berdasarkan industri, ukuran, dan struktur organisasi. Namun, tugas CMO di sebuah perusahaan sering kali.

Menginformasikan kepada CEO dan anggota tim eksekutif lainnya tentang cara terbaik untuk meningkatkan kesadaran merek, perluasan pasar, prospek kualitas ke tim penjualan, keterlibatan di titik kontak pemasaran utama, dan akhirnya pertumbuhan pendapatan.

CMO mengarahkan sayap pemasaran perusahaan dan bertanggung jawab atas semua elemen dan proyek. Konten, media sosial, materi branding, desain situs web, optimisasi mesin pencari (SEO), jenis media online lainnya, dan media offline semuanya dapat disertakan.

Berapa Gaji Seorang CMO?

CMO adalah pekerjaan dengan peringkat tertinggi di sektor pemasaran, dan seiring dengan pertumbuhan perusahaan digital, peran ini menjadi semakin penting. Bahkan seorang CMO berpotensi diangkat menjadi CEO.

Gaji CMO adalah yang tertinggi di bidang pemasaran, namun bervariasi berdasarkan perusahaan dan tugas yang harus diemban. Gaji CMO bisa berkisar dari Rp 1,5 miliar hingga Rp 3 miliar dalam setahun, dengan pendapatan bulanan Rp 125 juta hingga Rp 250 juta.

Apa Tips menjadi CMO

Apa Tips Menjadi CMO?

Pada sebuah perusahaan, CMO bagian penting dari sebuah perusahaan karena tanpa kamu, produk atau merek perusahaan tidak akan dapat berkembang dengan cepat.

Kinerja kamu akan memiliki dampak yang signifikan terhadap profitabilitas perusahaan. Tidak peduli seberapa bagus suatu produk, itu tidak akan berhasil jika tidak didukung oleh strategi distribusi yang efektif.

CMO harus memiliki setidaknya 10 tahun pengalaman dalam pemasaran dan pengembangan bisnis atau telah menyelesaikan gelar master dalam bisnis dengan spesialisasi dalam pemasaran.

Ditambah lagi, tugas-tugas yang dibebankan pada posisi ini cukup banyak sehingga ada beberapa kemampuan yang harus kamu miliki untuk menduduki posisi ini antara lain:

1. Kemampuan Memimpin

Karena seorang CMO akan berkoordinasi dengan departemen yang berbeda, ia harus mampu memimpin dan memotivasi tim.

2. Kemampuan Analisis

Kemampuan analisis yang hebat dalam menilai posisi pasar, branding, dan mengelola keuangan perusahaan diperlukan untuk membuat rencana yang dapat diterima dan sesuai dengan tujuan perusahaan sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan besar dengan biaya yang efektif.

3. Kemampuan Komunikasi

Komunikasi akan selalu menjadi bagian penting tidak hanya CEO dan CMO yang harus bisa berkomunikasi, tapi CFO juga harus bisa mencari informasi, mengembangkan hubungan yang baik dengan konsumen, dan mempengaruhi orang lain.

4. Pemahaman Hukum

CMO harus memahami betul aturan dan risiko yang berlaku dalam proses pembuatan iklan sehingga tidak harus berurusan dengan hukum. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko yang tidak menguntungkan yang mungkin timbul dari konten iklan.

5. Pengetahuan Tentang Pemasaran

CMO harus memiliki keahlian pemasaran yang luas, khususnya di bidang layanan pelanggan dan barang, serta manajemen merek.

6. Kreatif

CMO membutuhkan kapasitas ini untuk menciptakan merek dari produk baru yang belum ada agar dapat diapresiasi secara positif oleh pelanggan.

7. Kemampuan Teknis

Kompetensi teknis yang dimaksud meliputi CRM, SEM, SEO, alat analisis, dan keahlian media sosial yang akan membantu dalam proses pemasaran.

Tanya Jawab CMO

Berikut ini adalah tanya jawab seputar CMO, yaitu:

1. CMO Apakah Sama Dengan Sales?

CMO adalah campuran dari surveyor dan sales officer (SO), dan sebagian besar perusahaan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno mengenai apa itu Chief Marketing Officer hingga tips menjadi Chief Marketing Officer. Dari penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa.

Pengertian CMOadalah merupakan sebuah singkatan Chief Marketing Officer yang berposisi sebagai pimpinan eksekutif. Tugas dan kewajiban terkait pemasaran bersifat spesifik. Perannya dapat dibandingkan dengan seorang CEO.

Cek Berita dan Artikel Teknatekno.com Lainnya di Google News

Back to top button