Apakah AdaKami Legal Terdaftar di OJK? Simak Reviewnya

Teknatekno.com – Aplikasi AdaKami adalah aplikasi pinjam uang secara online yang tengah populer dikalangan masyarakat. Lantas, apakah aplikasi AdaKami ini termasuk aplikasi yang legal dan terdaftar di OJK? Berikut review lengkap seputar aplikasi AdaKami.

Apa itu AdaKami?

AdaKami adalah platform P2P (peer-to-peer) Lending di bawah naungan PT Financing Digital Indonesia. AdaKami menyediakan kredit online tanpa jaminan dan pembayaran cicilan dengan harga bersaing atau transparan.

Kemudahan dalam peminjaman uang merupakan salah satu keuntungan dari pengurusan pinjaman online menggunakan program AdaKami.

Kamu bisa memperoleh uang tunai hingga Rp 10.000.000 untuk jangka waktu hingga 180 hari hanya dengan memasukkan KTP dan data pinjaman. Suku bunga pinjaman AdaKami juga sama murahnya, hanya 19% per tahun.

Platform AdaKami merupakan salah satu platform pinjaman online yang pasti mencairkan pembayaran dengan cepat. Sistem Pemrosesan Analisis Kredit aplikasi yang kuat bisa memeriksa data yang telah kamu rekam atau kamu kirimkan, sehingga kamu tidak perlu menunggu lama untuk sistem menerima pengajuan pinjaman kamu.

Apa itu AdaKami

Apakah Aplikasi AdaKami Legal Digunakan?

Aplikasi AdaKami juga memastikan keamanan transaksi karena disetujui dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sesuai dengan surat Nomor KEP-128/D.05/2019.

Selain itu, AdaKami setuju untuk tidak memperoleh atau mengakses kontak atau data pribadi pelanggan yang disimpan di smartphone pelanggan. Alhasil, kamu bisa menggunakan program AdaKami dengan aman dan tanpa khawatir.

Manfaat lain dari AdaKami adalah dukungan pelanggan 24 jamnya, yang siap membantu kamu dengan masalah pinjaman uang kamu setiap saat. Kamu bisa menghubungi pusat dukungan aplikasi atau mengirim pesan langsung di Instagram atau Facebook.

Limit Pinjaman AdaKami

AdaKami menyediakan dua pilihan atau alternatif pinjaman, yaitu pinjaman harian dan pinjaman cicilan. Yang mana keduanya memiliki jangka waktu atau tenor pinjaman yang berbeda-beda.

Pinjaman harian memberikan jangka waktu pembayaran 14, 21, dan 28 hari dengan jumlah pinjaman maksimum Rp 3.000.000. Pengguna awal hanya bisa menggunakan bentuk pinjaman ini sebelum limit dinaikkan.

Sedangkan nominal pinjaman cicilan lebih besar, dengan tenor 2, 3, 6, dan 12 bulan bisa mencapai Rp 10.000.000. Bentuk pinjaman ini hanya tersedia bila limit telah ditingkatkan. Ketika riwayat kredit kamu bagus, AdaKami akan menaikkan limit kamu. Selanjutnya, limit akan dinaikkan secara bertahap dan tidak tiba-tiba.

Meski limit pinjaman AdaKami tinggi, kamu tetap bisa mengajukan pinjaman minimal Rp 400.000. Jadi, jika kamu hanya membutuhkan sedikit uang, kamu tidak perlu meminjam lebih dari yang kamu butuhkan.

Bunga Pinjaman AdaKami

Faktor utama yang perlu diperhatikan saat mengajukan pinjaman adalah bunga pinjaman. Tingkat bunga tahunan maksimum untuk pinjaman AdaKami adalah 36 persen. Jadi sekitar 3 persen setiap bulannya.

Jika dibandingkan dengan pinjaman yang sebanding, tingkat bunga pinjaman ini masih cukup murah. Jika kamu mendapatkan bentuk pinjaman ini, kamu tidak perlu khawatir untuk membayarnya kembali.

Biaya Layanan AdaKami

Selain membebankan bunga kepada nasabahnya, AdaKami juga mengenakan biaya layanan per bulannya. Biaya layanan pinjaman AdaKami yaitu sebesar 1,42 persen dari total pokok pinjaman.

Dalam situasi tertentu, biaya layanan AdaKami mungkin mencapai 50 peresen dari seluruh jumlah pinjaman. Mayoritas konsumen merasa tidak puas dan terbebani karena harus membayar biaya layanan dalam hal ini.

Download Aplikasi AdaKami

Bagi kamu yang ingin mengajukan pinjaman di aplikasi AdaKami, kamu bisa mendownload di Play Store bagi pengguna Android atau App Store bagi pengguna iOS.

Syarat Mengajukan Pinjaman di AdaKami

Bagi kamu yang tertarik untuk mengajukan pinjaman online di AdaKami, berikut ini adalah beberapa ketentuan dan persyaratan yang harus kamu penuhi:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI
  2. Bertempat tinggal di Indonesia dan berada dalam area layanan AdaKami
  3. Mempunyai kartu identitas seperti KTP
  4. Berusia 20 tahun sampai dengan 50 tahun
  5. Mempunyai rekening bank yang aktif di Indonesia

Cara Mengajukan Pinjaman AdaKami

Cara Mengajukan Pinjaman AdaKami

Cara meminjam uang di AdaKami cukup sederhana. Jika syarat diatas sudah bisa kamu penuhi, maka kamu sudah bisa melakukan pengajuan pinjaman di AdaKami dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, download aplikasi AdaKami terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Jika sudah, buat akun AdaKami.
  3. Masukkan informasi pribadi kamu secara lengkap sesuai dengan pertanyaan yang diajukan dalam aplikasi tersebut.
  4. Setelah itu, klik pada bagian Pinjaman.
  5. Pilih nominal dan tnor pinjaman yang kamu inginkan.
  6. Selanjutnya, tunggu sampai sistem meninjau permintaan pinjaman uang yang kamu ajukan.
  7. Tunggu beberapa saat sampai dana pinjaman cair dan langsung masuk ke rekening kamu.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Informasi Plafon dan Tenor

Setelah membuat akun dan mengautentikasinya, aplikasi AdaKami akan menampilkan plafon dan tenor yang bisa kamu ambil. Namun, kamu tidak bisa memilih plafon atau tenor ditahap ini.

Karena prosedur AdaKami mengharuskan pemohon untuk memberikan data yang komprehensif atau lengkap, kemudian sistem peringkat kredit Artificial Intelligence (AI) akan menganalisis informasi dan memutuskan seberapa tinggi plafon dan berapa lama tenornya.

Mengisi Data Pribadi

Informasi pertama yang harus dimasukkan adalah informasi tentang peminjam, seperti nama, alamat, nomor telepon, status perkawinan, nomor WA, tujuan peminjaman, status tempat tinggal, dan alamat rumah.

Semua bidang yang diperlukan harus diisi. Prosedur pengajuan tidak bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya jika informasi belum lengkap.

Melengkapi Data Pekerjaan

Langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi pekerjaan dan penghasilan bulanan. Ini adalah elemen yang paling penting karena memutuskan apakah peminjam memiliki kemampuan finansial untuk membayar kembali pinjamannya atau tidak.

Adapun data atau informasi yang wajib diisi adalah:

  • Total penghasilan bulanan
  • Lama masa kerja
  • Nama Perusahaaan
  • Kota Perusahaan
  • Tanggal penerimaan gaji
  • Nomor telepon perusahaan

Mengisi Informasi Kontak Darurat

Langkah selanjutnya adalah memasukkan informasi kontak darurat. Kamu harus menyertakan dua nomor kontak darurat. Di masing-masing kontak, isikan nomor telepon serta hubungannya dengan kamu. Kontak yang diperbolehkan seperti orang tua, teman, saudara kandung, dan lainnya.

Foto Selfie Memegang KTP

Langkah selanjutnya adalah mengambil selfie menggunakan aplikasi AdaKami di kamera ponsel. Foto selfi ini harus diambil menggunakan kamera ponsel dan tidak bisa diunggah dari tempat lain. Kacamata dan topi tidak diperbolehkan selama pemotretan. Foto itu diambil dalam garis lurus dan dalam cahaya yang terang.

AdaKami akan meminta kamu untuk melakukan berbagai gerakan saat memotret gambar, seperti membuka bibir, mengedipkan mata, menggelengkan kepala, dan sebagainya. Mesin AI AdaKami menggunakan gerakan ini untuk mendeteksi dan merekam calon peminjam secara online tanpa perlu pertemuan tatap muka.

Setelah mengambil foto selfi, langkah selanjutnya adalah memotret kartu identitas kamu, yaitu foto KTP. Hal ini juga diwajibkan menggunakan kamera pada ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman.

Nama dan NIK akan langsung muncul di aplikasi sebagai hasil dari pembacaan KTP. Jika penulisannya salah, kami bisa memperbaikinya. Setelah semuanya beres, peminjam cukup mengklik “Ajukan Pinjaman” untuk diproses lebih lanjut.

Informasi Rekening Bank

Untuk proses pencairan dana, rekening bank harus diisi dengan nama yang sama dengan nama pengajuan. Tujuannya adalah untuk menghilangkan risiko penipuan atau penyelewengan.

Tunggu Hasil dan Rekomendasi Plafon dan Tenor

Setelah semua data dimasukkan, algoritma skor kredit AdaKami akan menganalisisnya dan menghasilkan rekomendasi untuk batas dan persyaratan pinjaman.

Penilaian skor kredit bersifat final, apakah itu disetujui atau ditolak. Jika disetujui, maka credit scorer akan memberikan saran, antara lain limit maksimal Rp 1,6 juta dan tenor 14, 21, dan 28 hari.

Plafon yang disarankan untuk aplikasi kamu mungkin akan lebih rendah dari plafon pertama yang ditampilkan saat aplikasi dibuka. Mungkin karena ini adalah pertama kalinya kamu meminjam.

Karena, setelah melunasi pinjaman awal, kamu akan langsung menerima kenaikan limit pinjaman. Kenaikan ini memungkinkan kamu untuk memilih jumlah pinjaman yang lebih besar di masa mendatang.

Bagi peminjam yang telah ditolak pengajuannya bisa mengajukan permohonan kembali. Yang mana aplikasi akan menyebutkan kapan pengajuan ulang bisa dilakukan.

Masukkan Tanda Tangan Elektronik

Jika kamu setuju untuk menerima pinjaman dengan plafon yang diusulkan setelah menerima izin, silakan klik “Pinjam Segera”. Penandatanganan secara elektronik dari Lending and Loan Agreement adalah langkah selanjutnya.

Tanda tangan elektronik ini merupakan teknik yang disertifikasi oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK yang memungkinkan peminjam dan pemberi pinjaman untuk menyetejui perjanjian secara elektronik tanpa persyaratan tanda tangan basah.

Adapun prosedur tanda tangan elektronik adalah sebagai berikut:

  1. Isi alamat email tempat penyedia tanda tangan elektronik akan mengirimkan dokumen pinjaman untuk ditandatangani.
  2. Aktivasi Akun Digital Signature melalui email, dilanjutkan dengan konfirmasi OTP di HP.
  3. AdaKami memberikan perjanjian pinjaman setelah Akun Digital Signature diaktifkan.
  4. Baca perjanjian pinjaman dan tandatangani secara elektronik.

Pencairan Dana Pinjaman

AdaKami akan melaporkan bahwa prosedur telah selesai dan pencairannya akan dilakukan dalam waktu 24 jam setelah menyelesaikan langkah tanda tangan elektronik dalam aplikasi.

Pencairan diproses menggunakan rekening bank yang terdaftar. Harus dipastikan bahwa rekening bank dan aplikasi keduanya atas nama yang sama.

FAQ Seputar Apakah AdaKami Legal

Denda Keterlambatan AdaKami

AdaKami menerapkan denda keterlambatan pembayaran cukup tinggi. Ini dikenakan jika pengembalian dana pinjaman tidak dilakukan. Sesuai dengan informasi di Perjanjian Pinjaman, denda keterlambatan adalah:

  • Untuk hari pertama telat yaitu Rp 50 ribu.
  • Untuk hari kedua dan seterusnya adalah 0,25% per hari dari pokok pinjaman.

Denda dan bunga maksimum tidak boleh melebihi 100% dari pokok pinjaman, menurut Asosiasi Fintech AFPI dan otoritas jasa keuangan OJK.

Review Kelebihan dan Kekurangan AdaKami

Setiap aplikasi pinjaman online pasti memiliki kekurangan maupun kelebihan yang ditawarkannya. Berikut ini review AdaKami dari segi kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan AdaKami

AdaKami memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan sebagai berikut:

Persyaratan Mudah dan Sederhana

Prosedur pengajuannya sangat sederhana. Cukup unduh aplikasinya, ambil foto selfie, dan melengkapi formulirnya. AdaKami tidak memiliki batasan pada pemohon di sana.

Setiap warga negara Indonesia berusia antara 21 tahun sampai dengan 55 tahun dengan riwayat pinjaman yang baik bisa mengajukan pinjaman melalui AdaKami.

Tidak Diminta Slip Gaji

AdaKami tidak memerlukan slip gaji selama prosedur pengajuan pinjaman. Hal ini berbeda dengan kebanyakan pinjaman fintech lainnya, terutama yang ditawarkan oleh bank, yang mengharuskan pelanggan untuk memberikan slip gaji.

Proses Persetujuan Cepat

Prosedur persetujuannya cepat bahkan instant. AdaKami akan menyetujui pengajuan hanya dalam 3 menit. Dalam waktu kurang dari 24 jam, peminjam bisa mengetahui apakah pengajuan tersebut disetujui atau tidak.

Prosedur ini jelas sangat berbeda dengan proses di bank atau perusahaan leasing. Yang mana pengajuan kredit di bank paling cepat akan diterima dalam satu minggu.

Berizin, Terdaftar Legal dan Diawasi OJK

AdaKami adalah pinjaman terpercaya yang telah terdaftar, diatur dan diawasi oleh OJK. Keberadaannya legal dan resmi. Selain itu, AdaKami mempunyai alamat kantor yang jelas sehingga kamu bisa dihubungi jika terjadi kesalahan.

Kelemahan AdaKami

Selain beberapa kelebihan yang dimilkinya, ada juga beberapa kekurangan AdaKami yang mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan untuk meminjam di AdaKami. Kekurangan tersebut diantaranya:

Suku Bunga Tinggi

Suku bunga yang besar atau tinggi ini bisa dihitung dengan menggunakan bunga 0,4% setiap hari dan bunga 12% per bulan. Sehingga, tingkat bunga tahunannya adalah 144%.

Sebagai perbandingan, suku bunga KTA di bank bervariasi dari 20% hingga 30% setiap tahun. Jauh lebih rendah dari bunga yang diberikan oelh fintech AdaKami. Akibatnya, jika kamu terlambat membayar, maka kamu akan didenda hingga 0,8% setiap hari selama masa keterlambatan.

Plafon Pinjaman Kecil

Dibandingkan dengan KTA atau kartu kredit, limit pinjaman AdaKami sangat minim. Yang mana, limit atau batas untuk multiguna hanya sebesar Rp 2 juta dan untuk produktif hanya Rp 5 juta.

Bahkan untuk pinjaman awal, AdaKami menawarkan limit yang lebih kecil. Limit baru bisa ditingkatkan pada pinjaman berikutnya selama riwayat pembayaran sangat baik. AdaKami sangat tidak cocok untuk individu yang menginginkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Lebih baik mengajukan ke KTA bank.

Tenor Pendek

Jangka waktu atau tenor kredit AdaKami relatif singkat, maksimal 21 hari untuk tunai atau kredit multiguna. Mungkin ini terkait dengan batas pinjaman rendah dan manajemen risiko. Berbeda dengan KTA, yang bisa memberikan jangka waktu pinjaman hingga 60 bulan. Tenor yang lebih panjang mengurangi jumlah pembayaran.

Akses Data Pribadi

Selalu ada kemungkinan bahwa data pribadi di telepon atau ponsel kita akan bisa diakses ketika kita mengajukan pinjaman secara online melalui aplikasi. Dalam kebanyakan kasus, pihak pinjol akan mencari akses ke data pribadi.

FAQ Seputar Apakah AdaKami Legal

FAQ

Berikut pertanyaan seputar apakah AdaKami legal.

Berapa Limit Pertama AdaKami?

Pinjaman pertama AdaKami yaitu dengan jumlah limit pertama sebesar Rp 1.400.000 dan tenor pelunasan dalam 14 hari. Limit saldo dinaikkan menjadi Rp 1.600.000 pada pinjaman kedua untuk jangka waktu 28 hari.

Berapa Denda AdaKami Perhari?

Service charge atau bunga pinjaman AdaKami ditetapkan oleh OJK dan AFPI dan tidak melebihi 0,4 persen setiap hari. Maksimal bunga keterlambatan harian dibatasi 1,2 persen per hari dan tidak lebih dari 100 persen dari pokok pinjaman.

Baca Juga:

Review Kredit Pintar Pinjol Bunga Rendah Legal OJK
Review JULO Pinjaman Online Bunga Rendah Legal OJK
20 Rekomendasi Aplikasi Pinjaman Online Resmi OJK

Kesimpulan

Demikianlah informasi dari Teknatekno seputar aplikasi pinjaman online AdaKami. Semoga penjelasan diatas bisa menghilangkan rasa penasaran dan kekhawatiran kamu apakah AdaKami legal dan sudah terdaftar OJK apa tidak. Jangan lupa bayar tagihan pinjaman AdaKami sesuai dengan tenor pinjaman yang sudah kamu tentukan agar tidak mendapatkan denda keterlambatan.

Related Articles

Back to top button