10 Kelebihan Tokopedia yang Bikin Belanja Online Jadi Lebih Mudah dan Hemat

Teknatekno.com – Kelebihan Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia telah menjadikan belanja online menjadi lebih mudah dan hemat bagi jutaan pengguna. Namun, seperti halnya platform lainnya, aplikasi Tokopedia juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja.

Dalam artikel ini, Teknatekno akan membahas secara lengkap tentang kekurangan dan kelebihan Tokopedia yang bisa jadi bahan pertimbangan Teknozen dalam memanfaatkan layanan belanja online ini dan bisa membuat keputusan berbelanja yang lebih cerdas serta sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sekilas Tentang Tokopedia

Tokopedia adalah salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai macam produk dan layanan secara online. Didirikan pada tahun 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, Tokopedia telah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkemuka di Indonesia.

Sejarah Tokopedia dimulai ketika William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison, yang pada saat itu masih menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia, memiliki visi untuk memberdayakan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan potensi e-commerce.

Pada tahun 2009, mereka meluncurkan aplikasi Tokopedia sebagai platform marketplace online yang memungkinkan individu dan bisnis kecil untuk menjual produk mereka secara online.

Sekilas Tentang Tokopedia

Tokopedia tumbuh dengan pesat dan berhasil mendapatkan pendanaan dari investor-investor terkemuka, termasuk Sequoia Capital, SoftBank, dan Alibaba Group. Dukungan ini membantu Tokopedia untuk mengembangkan bisnisnya dan menawarkan berbagai fitur dan layanan yang mempermudah transaksi online.

Pada tahun 2018, Tokopedia meluncurkan Tokopedia Care, sebuah program layanan pelanggan yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan memberikan solusi atas masalah-masalah yang mereka hadapi.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Tokopedia Gold, yang memberikan jaminan uang kembali jika pelanggan mengalami kegagalan pengiriman atau produk yang tidak sesuai.

Tokopedia terus mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak didirikan. Perusahaan ini berkomitmen untuk memberdayakan sektor UMKM di Indonesia dengan menyediakan platform yang memungkinkan mereka untuk memasarkan produk mereka secara luas dan mencapai pangsa pasar yang lebih besar.

Pada tahun 2020, Tokopedia mengumumkan merger dengan Gojek, perusahaan layanan on-demand terkemuka di Indonesia, untuk membentuk GoTo Group.

Melalui merger ini, Tokopedia dan Gojek bergabung untuk menciptakan ekosistem teknologi yang komprehensif di Indonesia, yang mencakup berbagai layanan seperti e-commerce, pengiriman makanan, ride-hailing, dan layanan keuangan.

Tokopedia juga aktif dalam berbagai program sosial dan kegiatan filantropi. Perusahaan ini memiliki program Tokopedia Mitra UMKM, yang memberikan pelatihan dan dukungan kepada pelaku UMKM di Indonesia.

Selain itu, Tokopedia juga mendirikan Yayasan Anak Bangsa Bisa (ABDI), yang berfokus pada pemberdayaan anak muda Indonesia melalui pendidikan dan akses ke teknologi.

Aplikasi Tokopedia telah menjadi salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan pelaku bisnis di era digital.

Download Aplikasi Tokopedia for Android dan iOS

Nama AplikasiTokopedia
PengembangTokopedia
Download100.000.000+ download
Rating kontenRating 3+
VersiAndroid 3.220
iOS 2.227.0
KompatibilitasAndroid 5.0 and up
iOS 13.0 or later
Link DownloadPlay Store

App Store

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Kelebihan Tokopedia

Tokopedia tidak hanya menyediakan beragam produk, tetapi juga menawarkan sejumlah kelebihan yang membuat belanja online menjadi lebih mudah dan hemat. Berikut ini adalah beberapa kelebihan Tokopedia:

Download Aplikasi Tokopedia for Android dan iOS

1. Pilihan Produk yang Luas dan Beragam

Hanya dengan mengakses aplikasi Tokopedia, pengguna dapat menjumpai ribuan kategori produk yang beragam. Mulai dari fashion, elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga produk-produk kecantikan.

Tokopedia juga menawarkan berbagai pilihan penjual terpercaya dan produk dari merek-merek terkenal, sehingga pengguna dapat memilih produk sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

2. Harga yang Kompetitif

Salah satu daya tarik utama Tokopedia adalah harga yang kompetitif. Platform ini sering menawarkan diskon dan promo menarik, sehingga pembeli dapat mendapatkan produk dengan harga lebih murah dibandingkan dengan harga ritel.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan fitur perbandingan harga, yang memungkinkan pengguna untuk membandingkan harga dari berbagai penjual sehingga mereka dapat memilih penawaran terbaik.

3. Kemudahan Berbelanja Melalui Aplikasi Mobile

Dengan adanya aplikasi Tokopedia yang mudah diunduh dan diakses melalui perangkat mobile, pengguna dapat dengan cepat mencari dan membeli produk di mana saja dan kapan saja.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap, seperti notifikasi penawaran terbaru, sehingga pengguna tidak akan melewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk dengan harga terbaik.

4. Kemudahan Pembayaran

Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran yang praktis dan aman. Pengguna dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi mereka, mulai dari transfer bank, pembayaran melalui e-wallet, hingga kartu kredit.

Selain itu, Tokopedia juga menjamin keamanan transaksi dengan menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi dan proteksi bagi pembeli maupun penjual. Tidak hanya itu, Tokopedia juga sering menawarkan program cicilan dan cashback untuk memberikan keuntungan lebih kepada pengguna.

5. Sistem Pengiriman yang Efisien

Tokopedia memiliki jaringan logistik yang luas, yang memungkinkan pengiriman produk dilakukan dengan efisien. Pengguna dapat memilih opsi pengiriman cepat, tergantung pada lokasi pengiriman dan ketersediaan layanan kurir.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan sistem pelacakan pengiriman, sehingga pengguna dapat memantau status pengiriman produk yang mereka beli.

6. Layanan Pelanggan yang Responsif

Tokopedia menjaga kepuasan pelanggan dengan menyediakan layanan pelanggan yang responsif. Pengguna dapat menghubungi tim dukungan pelanggan Tokopedia melalui berbagai saluran komunikasi, termasuk chat langsung dengan penjual.

Dengan adanya dukungan pelanggan 24/7, pengguna dapat mengajukan pertanyaan atau mengatasi masalah yang mereka hadapi dengan cepat dan efektif. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan proses pengembalian yang mudah jika terjadi masalah dengan pesanan.

7. Program Keanggotaan Tokopedia

Tokopedia menawarkan program keanggotaan yang memberikan sejumlah keuntungan kepada pengguna. Salah satunya adalah fitur Tokopedia Gold, yang memberikan akses ke promo dan penawaran eksklusif bagi anggota. Dengan menjadi anggota Tokopedia Gold, pengguna dapat mendapatkan penawaran spesial, diskon tambahan, dan pengiriman gratis.

8. Keamanan Transaksi Online

Tokopedia mengutamakan keamanan transaksi online bagi penggunanya. Platform ini menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi, sehingga data pribadi pengguna tetap terlindungi.

Selain itu, Tokopedia juga menyediakan perlindungan bagi pembeli dan penjual dalam melakukan transaksi. Hal ini memberikan kepercayaan ekstra bagi pengguna dalam berbelanja secara online.

9. Fitur Ulasan dan Rating

Tokopedia menyediakan fitur ulasan dan rating untuk membantu pengguna dalam pengambilan keputusan berbelanja. Pengguna dapat melihat informasi dan ulasan produk dari pengguna lain yang telah membeli produk tersebut.

Selain itu, pengguna juga dapat memberikan penilaian dan rating setelah melakukan pembelian. Fitur ini sangat membantu dalam memilih produk yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan pengguna.

10. Kolaborasi dengan Pelaku Usaha Lokal

Tokopedia aktif dalam mendukung pelaku usaha lokal di Indonesia. Platform ini memberikan ruang bagi pelaku usaha lokal untuk memasarkan dan menjual produk mereka.

Dengan membeli produk dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, pengguna juga turut mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Selain itu, Tokopedia juga menawarkan produk-produk khas Indonesia yang sulit ditemukan di tempat lain.

Kelebihan Aplikasi Tokopedia

Kekurangan Tokopedia

Seperti halnya platform lainnya, selain memiliki banyak kelebihan Tokopedia juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Ketidaktersediaan Beberapa Produk Lokal

Salah satu kekurangan Tokopedia adalah terbatasnya produk-produk lokal yang tersedia di platform tersebut. Meskipun Tokopedia mendukung pelaku usaha lokal, namun masih terdapat keterbatasan dalam hal ketersediaan produk lokal. Hal ini dapat menjadi kendala bagi mereka yang ingin mendukung produk lokal Indonesia.

2. Ketidakteraturan Penjual dalam Mengelola Stok

Beberapa penjual di Tokopedia sering mengalami kendala dalam mengelola stok produk mereka secara teratur. Terkadang, stok produk yang ditampilkan di platform tidak terupdate secara real-time, sehingga ada kemungkinan pembeli membeli produk yang sebenarnya telah habis.

Selain itu, ada juga kemungkinan adanya penjual yang tidak dapat dipercaya, yang mungkin tidak memberikan pelayanan yang baik atau mengirimkan produk yang tidak sesuai dengan deskripsi.

3. Keterbatasan dalam Membandingkan Harga

Meskipun Tokopedia menyediakan fitur perbandingan harga, namun fitur tersebut masih belum optimal. Terkadang, informasi mengenai harga dari penjual yang berbeda belum tersedia dengan lengkap. Hal ini membuat pembeli sulit untuk membandingkan harga secara akurat dan memilih penawaran terbaik.

4. Keterbatasan dalam Opsi Pengiriman

Tokopedia memiliki beberapa keterbatasan dalam hal opsi pengiriman. Terutama untuk daerah terpencil, terkadang terdapat keterbatasan dalam opsi pengiriman yang tersedia. Selain itu, waktu pengiriman yang mungkin lebih lama juga dapat menjadi kekurangan bagi pembeli yang menginginkan produk dengan cepat.

5. Masalah Teknis dan Dukungan Pelanggan yang Lambat

Seperti platform lainnya, Tokopedia juga tidak luput dari kemungkinan adanya masalah teknis pada platformnya. Gangguan teknis seperti kesalahan sistem atau masalah lainnya bisa terjadi. Selain itu, ada juga laporan tentang lambatnya tanggapan dari layanan pelanggan Tokopedia dalam menangani masalah dan pertanyaan pengguna.

Kekurangan Aplikasi Tokopedia

FAQ

Berikut ini adalah tanya jawab seputar aplikasi belanja online Tokopedia, yakni:

1. Bagusan Shopee Apa Tokopedia?

Aplikasi Tokopedia mengalahkan Shopee dalam hal pengunjung secara keseluruhan. “Pada Agustus 2021, Takopedia menerima lebih banyak pengunjung secara keseluruhan daripada Shopee.co.id. Kata situs web tersebut. Tokopedia memiliki 162,0 juta pengunjung bulan lalu. Shopee memiliki 134,6 juta kunjungan.

2. Apakah Bisa COD di Tokopedia?

Tokopedia baru saja menerapkan mekanisme pembayaran baru bagi pengguna aplikasi Mitra Tokopedia, yaitu COD (Cash On Delivery) atau PayPal (Bayar Tunai di Tempat). Mitra dapat melakukan pembayaran tunai saat produk diantar menggunakan opsi pembayaran COD (Cash on Delivery).

3. Bagaimana Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Tokopedia?

Untuk dapat memenuhi syarat untuk Fitur Bebas Ongkir, Merchant harus memiliki nomor telepon aktif yang terdaftar di Aplikasi. Dan menjamin bahwa alamat toko Merchant sesuai dengan lokasi toko yang sebenarnya. Fungsi Bebas Ongkir tidak berlaku jika Merchant mengganti kurir setelah menerima pesanan.

4. Bagaimana Jika Barang COD Tidak Diambil?

Jika pembeli menolak barang COD karena tidak merasa orderan, maka kurir akan memberitahukan kepada penjual melalui aplikasi kurir yang sesuai, dan barang akan dikembalikan ke gudang untuk kemudian dikembalikan kepada penjual.

5. Kenapa Harus Belanja di Aplikasi Tokopedia?

Menurut responden, Tokopedia adalah pilihan yang lebih disukai karena menawarkan kategori tertentu dari peritel UMKM pilihan di e-commerce dan mendukung barang-barang lokal melalui program promosinya yang berbeda.

6. Gratis Ongkir Tokopedia Menggunakan Kurir Apa?

Ada lebih banyak kurir yang menyediakan layanan Same Day, seperti Gosend, Grab Express, dan AnterAja. Untuk pengiriman gratis yang lebih cepat. Kami terus menggunakan kurir yang sama untuk Bebas Ongkir lainnya, dengan pesanan dikirim oleh kurir SiCepat dan AnterAja, tetapi dengan layanan Reguler atau Ekonomi.

7. Berapa Biaya Jualan di Tokopedia?

Biaya admin penjual Tokopedia untuk status pedagang daya adalah 1,25 persen dari harga barang yang dijual, menurut situs resmi Tokopedia. Biaya admin penjual Tokopedia dengan status pro power merchant ditetapkan sebesar 1,5 persen dari harga jual barang.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan dari Teknatekno seputar kelebihan dan kekurangan yang dimiliki aplikasi Tokopedia. Dengan memahami kelebihan dan kekurangan tersebut, Teknozen bisa mengoptimalkan pengalaman belanja online kamu di aplikasi Tokopedia dan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu.

Hai Saya schoirunn aktif menulis dan berkontribusi dalam berbagai media massa, seperti surat kabar sekolah, website, dan media sosial. Saya juga pernah mengikuti pelatihan jurnalistik dan magang di salah satu media nasional, yang membuat saya semakin memahami bagaimana dunia jurnalistik bekerja.Selain menulis, saya juga senang memotret dan merekam video. Saya percaya bahwa gambar dan video dapat memberikan dampak yang kuat dalam menyampaikan sebuah cerita.Sebagai seorang jurnalis muda, saya berkomitmen untuk selalu memperbaiki keterampilan saya dalam menulis, mencari sumber, dan melakukan wawancara yang berkualitas.

You might also like