Aplikasi Android Ringan untuk Hemat Memori dan Kuota

Teknatekno.com – Seiring waktu, jumlah fitur aplikasi yang tersedia semakin bertambah. Namun tidak semua fitur dibutuhkan. Untungnya, aplikasi Android ringan alias Lite tersedia di Play Store.

Aplikasi android ringan ini umumnya membuang banyak fitur tambahan. Dengan demikian, kamu bisa menghemat memori dan kuota internet. Selain itu, aplikasi Lite biasanya juga tetap bertahan walau koneksi internet jelek.

Aplikasi seperti ini tentunya sangat berguna bagi kamu yang menggunakan ponsel dengan kemampuan terbatas. Entah RAM atau penyimpanan kecil, atau yang memiliki kuota internet mepet. Tapi walau kamu punya ponsel canggih, kalau mau berhemat juga bukan masalah.

10 Aplikasi Android Ringan atau Lite

Lantas, apa saja aplikasi ringan pilihan untuk Android?

1. YouTube Go

Aplikasi ringan untuk YouTube ini dikembangkan khusus untuk negara dengan koneksi internet terbatas. Dengan aplikasi YouTube Go, kamu bisa memilih kualitas video YouTube yang ingin kamu tonton atau download ke SD card. Bahkan besar aplikasi ini hanya 9 MB.

2. Files by Google

Aplikasi Files by Google adalah sebuah aplikasi file manager. Jadi, aplikasi ini akan memeriksa ruang penyimpanan ponsel dan akan memperingatkan kamu jika ada file besar atau file yang tidak diperlukan lagi.

Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki ruang penyimpanan yang lega. Ukuran aplikasi ini pun tidak terlalu besar yaitu sekitar 9 MB.

3. Gallery Go

Aplikasi Gallery Go adalah aplikasi galeri foto dan video dari Google. Aplikasi ini hanya berukuran 10MB. Tidak seperti Google Foto, yang bergantung pada penyimpanan online, Gallery Go lebih berfokus pada penggunaan offline. Selain sebagai galeri, aplikasi ini juga punya fungsi edit foto ringan.

4. Maps Go

Bisa ditebak, aplikasi Maps Go adalah versi mini dari Google Maps. Bepergian menjadi lebih mudah dengan aplikasi ini yang lebih fokus pada fungsi peta dan petunjuk. Dengan fitur yang lebih ringan, aplikasi ini bisa digunakan bahkan pada smartphone dengan RAM 512MB.

5. Datally

Aplikasi Datally adalah aplikasi untuk memonitor penggunaan internet. Kamu bisa melihat jumlah konsumsi internet, menonaktifkan aplikasi yang memakan kuota, mengalihkan penggunaan ke Wi-Fi, dll. Jika kamu ingin menggunakan kuota internet secara lebih hemat, silakan coba aplikasi ini.

6. Facebook Lite

Aplikasi Facebook Lite berukuran kecil dan bisa digunakan bahkan dengan koneksi 2G. Jangan kuatir, beberapa fitur klasik Facebook tetap ada di sini. Jadi kamu tetap bisa membuat status, upload foto, mencari teman, edit profil dan grup, dll.

7. Instagram Lite

Aplikasi Instagram Lite membawa berbagai fitur unggulan media sosial tersebut dalam bentuk yang lebih ringan di Android. Misalnya membuat posting foto/video, membuat Story, dll.

Tentunya ada sedikit keterbatasan dibanding aplikasi utama. Namun dengan ukuran aplikasi yang relatif kecil (berbeda untuk tiap perangkat), aplikasi ini jadi alternatif tepat untuk tetap eksis di Instagram.

8. Messenger Lite

Aplikasi Messenger juga menjadi lebih besar karena lebih banyak fitur yang diperkenalkan. Untungnya ada aplikasi Messenger Lite. Aplikasi ini juga berukuran kecil (tidak sampai 10 MB). Messenger Lite hanya mengutamakan fungsi chatting. Walau begitu kamu tetap bisa mengirim foto dan stiker atau emoji.

9. LINE Lite

Sama seperti Messenger, LINE juga penuh sesak dengan berbagai fitur. Sementara itu, LINE Lite hanya memiliki besar tidak sampai 1 MB. Sama seperti Messenger Lite, kamu tetap bisa mengirim foto, mencari teman, dan menggunakan stiker.

10. Spotify Lite

Aplikasi Spotify Lite merupakan alternatif dari aplikasi utama. Ukuran aplikasi ini di bawah 10MB. Cukup jauh dibanding aplikasi utama yang punya ukuran sampai 100MB.

Di samping itu, Spotify Lite memiliki optimalisasi untuk kondisi koneksi yang lambat. Bahkan, aplikasi ini juga memiliki fitur pembatasan data seluler (dengan notifikasi peringatan).

Kesimpulan

Itulah 10 aplikasi android ringan atau lite yang bisa Teknozen gunakan untuk menghemat kuota data internet, penyimpanan internal, serta bisa menghemat baterai dan penggunaan RAM yang sedikit. Cocok diterapkan di handphone android dengan RAM 512MB atau 1GB saja.

Pencarian Populer

Tiktok Lite Apk Versi Terbaru - Emulator Android Ringan Untuk Pc - Emulator Android Ringan- Emulator Android Paling Ringan Dan Cepat - Cara Mengunci Aplikasi Facebook Lite - Cara Menggunakan Tiktok Lite Pengguna Baru - Cara Mendaftarkan Tiktok Lite - Cara Membuat Avatar Di Fb Lite - Aplikasi Instagram Lite - Apk Tiktok Lite Terbaru -

Related Articles

Back to top button